Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Porsche Macan EV Harus Ditunda Peluncurannya Hingga 2024, Ini Penyebabnya!

Porsche Macan EV Harus Ditunda Peluncurannya Hingga 2024, Ini Penyebabnya!

Rencana peluncuran Porsche Macan EV yang seharusnya di tahun 2023 terpaksa harus mundur setidaknya hingga tahun 2024.

Autos.id – Meskipun belum diluncurkan, Porsche Macan EV beberapa waktu lalu tertangkap kamera sedang uji jalan di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Mobil SUV berteknologi listrik ini sebeleumnya dikabarkan akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa Porsche terpaksa harus menunda peluncuran mobil ini setidaknya selama 1 tahun.

Masalah pada perangkat lunak terbaru yang memang disiapkan untuk Macan EV membuat mobil listrik ini harus ditunda peluncurannya hingga 1 tahun.

Porsche Macan EV Harus Ditunda Peluncurannya Hingga 2024, Ini Penyebabnya!

Masalah Pada Platform Perangkat Lunak

Dikutip dari Autocar, produksi perangkat khusus untuk mobil listrik yang diberi nama E3 1.2 buatan Cariad ini mengalami masalah pada sistem produksinya. Cariad sendiri merupakan divisi khusus yang dibuat oleh Volkswagen Group, dimana Porsche menjadi salah satu brand yang ada dibawah naungannya dan membuat softwarer khusus untuk mobil-mobil listrik.

Diduga, masalah ini menjadi penyebab keterlambatan produksi perangkat lunak yang berujung pada penundaan peluncuran Porsche Macan EV. Selain itu, beberapa model-model lainnya di Volkswagen Group yang memanfaatkan teknologi software E3 1.2 dari Cariad ini juga terancam ditunda peluncurannya.

Porsche sendiri menyebut bahwa perangkat lunak ini dihadirkan sebagai bagian dari keseriusan mereka untuk segmen mobil listrik. Perangkat lunak ini dihadirkan untuk mengakomodir berbagai kebutuhan mobil yang semakin tinggi terutama dari sisi pemanfaatan teknologi yang dibuat berbeda dengan platform perangkat lunak lainnya dari Volkswagen Group.

Porsche Macan EV Harus Ditunda Peluncurannya Hingga 2024, Ini Penyebabnya!

Sebenarnya Volkswagen Group punya platform perangkat lunak sendiri untuk mobil listrik yang disebut sebagai Scalable Systems Platform atau SSP. Platform ini berbeda dengan Premium Platform Electric yang digunakan oleh Porsche dan Audi. Bahkan, Porsche Macan EV menjadi produk pertama yang memanfaatkan platform ini dengan pemanfaatan perangkat lunak dari Cariad tersebut.

Menurut kepala produksi Porsche,  Albrecht Reimond, Porsche sudah mempersiapkan 80.000 unit mobil sebagai bahan percontohan. “Sebenarnya kami sudah mempersiapkan bahkan hingga 80.000 unit untuk kebutuhan jangka panjang. Salah satuya Macan EV yang memang diproyeksikan sebagai salah satu produk unggulan dari platform ini”, ujar Reimond.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Kabarnya Porsche Macan EV akan segera di produksi dan diluncurkan ke publik setidaknya pada awal tahun 2023 mendatang. Autos.id – Porsche dalam beberapa waktu...

Mobil

Rencananya Porsche Macan EV akan dirakit di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman yang juga memproduksi mobil listrik Porsche lainnya yaitu Taycan. Autos.id – Sebuah...

Mobil

Dalam pencatatan rekor mengunjungi 14 negara dalam 1 hari ini, Porsche Taycan yang digunakan merupakan varian Performance Battery Plus. Autos.id – Baru-baru ini sebuah...

Mobil

Sebelumnya Posrche dengan Taycan Turbo pernah mencatatkan rekor lap waktu tercepat di Nurburgring pada tahun 2019 silam dengan layout track yang sedikit berbeda. Autos.id...