Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Nissan Z 2023 Dilengkapi Knalpot Gahar untuk Transmisi Otomatis

Nissan Z 2023 adalah salah satu kendaraan paling menarik untuk debut tahun ini.

Autos.id  –  Mobil ini dipersenjatai dengan V6 twin-turbo 400-tenaga kuda dan transmisi manual enam kecepatan yang menjadikannya pesaing utama untuk Toyota Supra, yang baru saja mendapatkan transmisi manualnya sendiri. Namun, jika Anda memilih versi manual dari Nizzan Z, Anda akan melepaskan kesempatan untuk mencoba sistem knalpot yang lebih gahar dengan transmisi otomatis 9 Kecepatan. Kegaharan knalpot ini sudah teruji pada uji kebisingan dari mobil Nissan Z ini.

Peluncuran media untuk kedua versi mobil ini diadakan minggu lalu di Las Vegas. Dalam acara tersebut, kita dapat mengetahui secara garis besar apa perubahan besar di kedua versi mobil tersebut.

Yang paling mencolok di antara versi manual 6 kecepatan dan versi otomatis 9 kecepatan, adalah perbedaan suara knalpot di mana versi otomatis punya suara yang lebih keras. Sementara, spesifikasi mesin dan kecepatan maksimal baru dapat diketahui pada 16 Mei mendatang.

Latar Belakang Suara Knalpot Nissan Z yang Keras

Perbedaan ini ternyata dilatarbelakangi oleh tes uji drive-by yang dijalani oleh kedua mobil ini. Dalam sebuah uji kendara yang digunakan di California, terdapat tes uji yang bernama “Pengukuran Kebisingan yang Dipancarkan oleh Kendaraan Jalan Raya saat Berakselerasi”. Tes ini pada dasarnya bertujuan untuk mengukur tingkat tekanan suara dalam desibel dengan mikrofon, ketika kendaraan berakselerasi. Untuk mensimulasikan hal ini, pengujian menuntut akselerasi full-throttle pada mobil dari 50 km/jam (31 mph) hingga mesin mencapai rpm daya puncaknya.

Namun, metode untuk menguji transmisi manual dan otomatis berbeda. Dalam mobil manual, pengujian harus dilakukan di gigi 2 atau 3. Sementara, untuk otomatis, throttle harus, secepat mungkin, dibuka sepenuhnya untuk memastikan akselerasi maksimum tanpa mengalami kickdown. Sekedar informasi “kickdown” merupakan istilah untuk “penurunan gigi paksa ke gigi serendah mungkin.”

Singkatnya, Nissan Z manual harus melakukan kecepatan penuh dari 31 mph hingga mencapai RPM daya puncaknya, baik di gigi 2 atau 3. Tenaga puncak datang pada 6.400 RPM dan pada saat itu suara knalpot akan menjadi keras. Sementara, Nizzan Z dengan transmisi otomatis hanya perlu memasukkan gigi apa pun yang diprogram untuk digunakan pada 31 mph lalu menggunakan throttle ringan agar tidak memicu downshift. Dan karena para insinyur dari Nissan Z mengetahui hal ini, mereka memprogram otomatis untuk memilih gigi yang sangat tinggi saat melaju dengan kecepatan 31 mph.

Oleh karena itu, transmisi manual mendapatkan knalpot yang lebih tenang untuk lulus tes, sedangkan otomatis lolos dengan pengaturan suara knalpot yang lebih keras.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Nissan

Nissan menghadirkan Serena e-Power di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan spesifikasi dan harga yang menggoda. Autos.id – Nissan Serena e-Power akhirnya...

Nissan

Last updated on 21 Agustus, 2023 Dengan kapasitas mesin yang besar dan tampilan gagah, ternyata ada penyakit Nissan Terrano yang perlu diketahui. Autos.id –...

Mobil

Nissan adalah salah satu produsen mobil yang dikenal dengan performa tingginya. Autos.id – Sejarah Nissan GT-R dimulai dari model Skyline dan terus berlanjut hingga...

Mobil

Last updated on 27 April, 2023 Harga Nissan Grand Livina Bekas sendiri begitu menggoda sekali Autos.id – Harga Nissan Grand Livina sendiri begitu menggoda....