Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Nissan Z 2023 Dilengkapi Knalpot Gahar untuk Transmisi Otomatis

Nissan Z 2023 adalah salah satu kendaraan paling menarik untuk debut tahun ini.

Autos.id  –  Mobil ini dipersenjatai dengan V6 twin-turbo 400-tenaga kuda dan transmisi manual enam kecepatan yang menjadikannya pesaing utama untuk Toyota Supra, yang baru saja mendapatkan transmisi manualnya sendiri. Namun, jika Anda memilih versi manual dari Nizzan Z, Anda akan melepaskan kesempatan untuk mencoba sistem knalpot yang lebih gahar dengan transmisi otomatis 9 Kecepatan. Kegaharan knalpot ini sudah teruji pada uji kebisingan dari mobil Nissan Z ini.

Peluncuran media untuk kedua versi mobil ini diadakan minggu lalu di Las Vegas. Dalam acara tersebut, kita dapat mengetahui secara garis besar apa perubahan besar di kedua versi mobil tersebut.

Yang paling mencolok di antara versi manual 6 kecepatan dan versi otomatis 9 kecepatan, adalah perbedaan suara knalpot di mana versi otomatis punya suara yang lebih keras. Sementara, spesifikasi mesin dan kecepatan maksimal baru dapat diketahui pada 16 Mei mendatang.

Latar Belakang Suara Knalpot Nissan Z yang Keras

Perbedaan ini ternyata dilatarbelakangi oleh tes uji drive-by yang dijalani oleh kedua mobil ini. Dalam sebuah uji kendara yang digunakan di California, terdapat tes uji yang bernama “Pengukuran Kebisingan yang Dipancarkan oleh Kendaraan Jalan Raya saat Berakselerasi”. Tes ini pada dasarnya bertujuan untuk mengukur tingkat tekanan suara dalam desibel dengan mikrofon, ketika kendaraan berakselerasi. Untuk mensimulasikan hal ini, pengujian menuntut akselerasi full-throttle pada mobil dari 50 km/jam (31 mph) hingga mesin mencapai rpm daya puncaknya.

Namun, metode untuk menguji transmisi manual dan otomatis berbeda. Dalam mobil manual, pengujian harus dilakukan di gigi 2 atau 3. Sementara, untuk otomatis, throttle harus, secepat mungkin, dibuka sepenuhnya untuk memastikan akselerasi maksimum tanpa mengalami kickdown. Sekedar informasi “kickdown” merupakan istilah untuk “penurunan gigi paksa ke gigi serendah mungkin.”

Singkatnya, Nissan Z manual harus melakukan kecepatan penuh dari 31 mph hingga mencapai RPM daya puncaknya, baik di gigi 2 atau 3. Tenaga puncak datang pada 6.400 RPM dan pada saat itu suara knalpot akan menjadi keras. Sementara, Nizzan Z dengan transmisi otomatis hanya perlu memasukkan gigi apa pun yang diprogram untuk digunakan pada 31 mph lalu menggunakan throttle ringan agar tidak memicu downshift. Dan karena para insinyur dari Nissan Z mengetahui hal ini, mereka memprogram otomatis untuk memilih gigi yang sangat tinggi saat melaju dengan kecepatan 31 mph.

Oleh karena itu, transmisi manual mendapatkan knalpot yang lebih tenang untuk lulus tes, sedangkan otomatis lolos dengan pengaturan suara knalpot yang lebih keras.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Eksistensi mobil listrik berukuran mungil yang semakin digemari masyarakat, mendorong pabrikan otomotif untuk memproduksi mobil serupa. Kini, masyarakat memiliki lebih banyak referensi...

Berita Otomotif

Siap dipasarkan di Indonesia, spesifikasi Nissan Sakura EV sangat menarik dan jadi pesaing berat Wuling Air EV. Autos.id – Nissan Sakura telah resmi diluncurkan...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil listrik di Indonesia mampu menghadirkan tren yang cukup positif di pasarannya. Lewat adanya sisi...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!