Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Setelah Seri RR, MV Agusta Rilis Brutale 1000 RS 2022

MV Agusta Brutale 1000 RS
MV Agusta Brutale 1000 RS

MV Agusta Brutale 1000 RS hadir dengan desain tangguh dan liar sehingga sedikit lebih mudah dan akomodatif untuk berkendara jarak jauh yang nyaman.

Autos.id  –  Pada EICMA Show 2021 yang lalu, MV Agusta, perusahaan otomotif terdepan merilis beberapa model, salah satunya Brutale 1000 RS 2022. Motor baru ini merupakan versi ‘kembaran’ dari Brutale 1000 RR 2021 yang diuji Cycle World pada Oktober 2020. Brutale 1000 RS menjalankan suspender tradisional untuk opsi yang lebih mudah diakses. Selain skema warna dan grafis, perubahan visual terbesar varian RS adalah konfigurasi jok dan stang,  velg  5-spokecast-aluminium menggantikan velg tempa 9-spoke dan adanya pilihan suspensi depan dan belakang.

Brutale 1000 RS dipisahkan sejak awal dari 1000 RR sehingga MV menawarkan varian yang lebih mudah diakses dan berorientasi touring. Dari segi mesin, 1000 RS didasarkan pada kebanggan MV Agusta saat ini, yaitu evolusi powerplant. MV mengklaim mesin ini jauh lebih baik dari F4 750 yang kurang andal dan sisa superbike MV yang tampak glamor.

Jantung Pacu Powerful

Chief Project Engineer Brian Gillen berkesempatan untuk memperbaiki masalah kronis mesin saat memperbarui Agusta 1000 keempat ke standar Euro 5. Mesin yang digunakan adalah mesin 998 cc 16-valve, 4-Inline DOHC. Hasilnya, mesin itu memenuhi standar emisi yang bertenaga 208 hp pada 13.000 rpm dan torsi 116,6 Nm pada 11.000 rpm. Transmisi 1000 RS juga andal dan tahan karena dikombinasikan dengan sistem Launch Control yang memungkinkan motor untuk start yang ekstrem. Sementara sistem Electronic Assisted Shift 3.0 dipasang dengan menjalankan sensor tambahan yang dijanjikan MV. Sebelumnya MV mengklaim bahwa ia akan memastikan perpindahan gigi yang lebih presisi dan halus melalui MV Agusta Brutale  1000 RS.

Mesin Powerful 998 cc 1000 RS

Mesin Powerful 998 cc 1000 RS

Upgrade Suku Cadang Terbaik

Sistem pendinginan dan pelumasan adalah masalah utama yang dihadapi MV dan meningkatkan keduanya benar-benar mendasar. Namun, upaya tersebut tercapai dengan tim Gillen bekerja pada untuk menghilangkan gesekan, meningkatkan pembakaran, dan mengintegrasikan sistem manajemen elektronik.

MV mempertahankan distribusi katup radial Brutale asli dan ruang pembakaran semi-hemi. Meskipun ruang pembakaran telah ditingkatkan dengan merevisi bagian atas piston di mesin yang sangat oversquare (bore 79mm, stroke 50,9mm). Sekarang semua katup dan batang penghubung terbuat dari titanium, baik saluran masuk dan buang.

Detail Mesin Brutale 1000 RS

Detail Mesin Brutale 1000 RS

Paket upgrade Euro 5 juga mencakup injektor baru bertekanan tinggi dan profil cam yang disempurnakan. Waktu camshaft juga telah dioptimalkan, dengan fokus yang lebih besar pada torsi kisaran rendah hingga menengah. Melihat grafik dyno yang disediakan, torsi meningkat antara 4000 dan 6500 rpm, sebelum beberapa penurunan mid-range pada 7000 dan 9000 rpm. Puncaknya adalah pada 11.000 rpm sebelum turun kembali ke garis merah 14.000 rpm. 

Dilengkapi Fitur Pendukung Motor Touring

Fitur eye catching yang pasti akan menarik penggemar adalah penggunaan sistem pembuangan 4-outlet yang terletak di bawah ekor. Dilengkapi dengan dua muffler stainless steel di kedua sisi sepeda, seperti yang terlihat pada RR. Selain itu, sistem pembuangan baru itu menggabungkan catalytic converter sehingga lebih efektif. 

Tampilan Rangka Motor Performa Touring

Tampilan Rangka Motor Performa Touring

Brutale 1000 RS berbagi platform dan sebagian besar fitur yang sama dengan RR, yaitu rangka trellis, swingarm, dan mesin empat-garis. Kedua sasis berbeda dalam hal komponen dan pengaturan suspensi. Peredam kemudi Ohlins 1000 RR yang dikontrol secara elektronik digantikan oleh garpu depan male-slider Marzocchi 50mm dan monoshock Sachs RS. Kedua unit suspensi memiliki fitur penyesuaian mekanis penuh. Sistem pengereman roda depan menggunakan rotor kembar Brembo 320mm dan kaliper empat piston radial-mount Stylema. Sedangkan pengereman roda depan menggunakan rotor Brembo 220mm dan kaliper dua piston.

Brutale 1000 RS Didukung Fitur Keselamatan Mumpuni

Fitur elektroniknya lengkap, berdasarkan platform inersia 6-sumbu IMU baru yang mengontrol semua sistem dinamis dan keselamatan. Mulai dari modul Continental MK 100, rem ABS, Front Lift Control, cruise control, dan cornering traction control. Perangkat pengapian injeksi MVICS 2.1 dikelola oleh ECU Eldor Nemo 2.1 yang baru dan jauh lebih bertenaga. Layar TFT 5,5-inci mencakup semua instrumentasi dan memungkinkan input melalui smartphone pribadi pengendara. 

Layar TFT 5,5-inci Fitur Keselamatan Brutale RS

Layar TFT 5,5-inci Fitur Keselamatan Brutale RS

Jok Motor Nyaman dan Besar

Jok Motor Nyaman dan Besar

Brutale 1000 RS tersedia dalam warna maskulin, yaitu Ago Red dan Magnum Silver Matt Metallic Dark Grey. Fitur unik untuk RS meliputi kursi baru dengan bantalan lebih nyaman dan besar. Sementara clip-on dan footpeg diganti dan 1000 RS akan menawarkan posisi tempat duduk yang unik, lebih cocok untuk berkendara jarak jauh. Menurut website resmi MV Agusta, Brutale 1000 RS dijual mulai dengan harga euro25.500 atau sekitar Rp 426,5 juta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

MV Agusta

MV Agusta Brutale 800 America hanya akan diproduksi 50 unit dan setiap unit akan mewakili satu negara dari 50 negara bagian di Amerika. Amerika...

MV Agusta

New MV Agusta Brutale 800 hadir dengan tiga warna ice pearl white, red dan black matte metallic. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 530...