Connect with us

Hi, what are you looking for?

MV Agusta

New MV Agusta F3 RR 2022 Dapat Peningkatan Aero Fairing

MV Agusta F3 RR 2022
MV Agusta F3 RR 2022

Semua motor akan aero fairing pada waktunya! MV Agusta F3 RR 2022 punya fitur aero-fairing, roda yang lebih ringan, dan performa mesin yang diperbarui.

Autos.id  –  Produsen roda dua Italia, MV Agusta, resmi meluncurkan MV Agusta F3 RR 2022 untuk pasar internasional. F3 RR selalu menjadi motor sport yang eksentrik. Tidak diragukan lagi bahwa varian F3 keluaran MV Agusta adalah salah satu motor sport paling ikonik di era modern. Tak sedikit pula yang menganggap motor ini layak menjadi pilihan motor tunggangan terbaik. Pada seri terbarunya, MV Agusta telah memberikan mesin 3-cylinder 800. Selain itu, seri F3 terbaru lengkap dengan peningkatan mesin, aero dan frame mods baru, serta platform elektronik baru.

MV menyebut F3 RR 2022 menampilkan teknologi dan kinerja yang belum pernah terlihat dalam keluarga F3 3-silinder inline.

Performa Aerodinamis MV Agusta F3 RR 2022

Paket fitur aerodinamis F3 RR terbaru

Paket fitur aerodinamis F3 RR terbaru

Di bagian luar, MV Agusta memberikan sentuhan terbaik yang bisa dilakukan dengan paket aerodinamis. Dimulai dengan perubahan yang paling jelas untuk model 2022 adalah fairing, dengan sayap bagian dalam yang khas namun sangat familiar. Paket aerodinamis juga mempengaruhi rem samping, kaca depan, dan spakbor depan yang membantu motor mengarahkan lebih banyak udara ke radiator.

Perubahan F3 terlihat sangat mirip dengan Honda Fireblade terbaru yang memiliki desain winglet elegan dari pabrik Varese. Sistem ducted aero diklaim memberikan F3 RR 2022 memiliki downforce tambahan 8kg pada 150 mph. Meskipun bukan hanya fairing yang bekerja di sini. 

Mesin powerful MV Agusta F3 RR 2022

Mesin powerful MV Agusta F3 RR 2022

MV Agusta telah mengubah layar F3 RR 2022 dengan lebih tinggi dan memberi pelindung lumpur depan bergaya MotoGP. Perubahan itu dilakukan untuk mencoba dan memperlancar aliran udara di sekitar pengendara. MV mengklaim bahwa perubahan pada ujung depan motor tidak mempengaruhi performa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai F3 RR.

Mesin Yang Diberikan Semakin Powerful 

Setelah diperbarui secara ekstensif untuk edisi 2021, mesin MV Agusta F3 RR 2022 sudah cukup powerful untuk diandalkan. Mesin F3 RR menggunakan tipe 3-cylinder, 4-stroke, 12-valve DOHC dengan liquid cooling system terstandar Euro 5. Motor ini dapat menghasilkan tenaga tetap pada 147 hp pada 13.000 rpm dan torsi pada 88 Nm pada 10.100 rpm. MV Agusta F3 RR 2022 memiliki konsumsi bahan bakar 6,1L per jarak 100 km dengan top speed 240 km/jam.

Teknologi TFT 5,5 inci F3 RR terbaru

Teknologi TFT 5,5 inci F3 RR terbaru

Bagi mereka yang menginginkan lebih banyak performa motor sport, MV Agusta memberikan opsi untuk menambahkan paket kit balap. Pilihan Racing Kit membuat performa mesin meningkat menjadi 153 hp berkat sistem exhaust muffler Akrapovic dan upgrade ECU. Racing kit juga termasuk penutup kursi tunggal, tuas rem dan kopling mesin CNC, serta tutup bahan bakar.

Selain itu, sasis motor mendapat pelat bingkai baru untuk meningkatkan kekakuan torsi dan lateral. Alhasil, roda motor 7% lebih ringan dari sebelumnya yang memberikan penurunan 10% momen inersia mereka untuk putaran yang lebih ringan. Dengan begitu, MV Agusta F3 RR 2021 memiliki jarak pengereman yang lebih pendek dan dapat berakselerasi dengan lebih cepat.

Paket Racing Kit F3 RR 2022

Paket Racing Kit F3 RR 2022

Agar performa track-focused varian RR terbaru sedikit lebih jauh, para insinyur MV terinspirasi penggunaan mesin motor untuk Kejuaraan Dunia Moto2. Saat itu, motor partisipan Moto2 menggunakan unit mesin Triumph 3-silinder inline untuk memperluas tenaga dan torsi di seluruh rentang mesin. Untuk meredam panas yang dihasilkan oleh performa tambahan, MV telah menggunakan radiator dua arah baru yang terletak di belakang aero fairing baru.

Tampilan dan Teknologi Terbaru MV Agusta F3 RR 2022

Fitur elektronik varian terbaru F3 RR juga diperbarui. MV bekerja sama dengan e-Novia untuk menciptakan 6-axis IMU eksklusif yang mengurangi traksi dan kontrol wheelie. Selain itu, fitur Continental juga dilengkapi untuk mendukung fungsi menikung dengan ABS MK100. 

Platform inersia IMU 6-axis

Platform inersia IMU 6-axis

Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke fitur terbaru dasbor TFT 5,5-inci melalui Aplikasi MV Ride untuk navigasi. F3 RR 2022 semakin aman dikendarai dengan adanya cruise control dan handlebar control berupa tombol yang dipasang di stang kanan. Motor ini tersedia dalam dua warna dual-tone yaitu Surreal White Gloss/Mamba Red Gloss dan Fire Red Matte/Metallic Dark Grey Matte. Varian F3 terbaru ini tersedia untuk pasar Eropa dengan harga mulai dari £21.900 atau sekitar Rp 365 juta.

Kesimpulannya, MV Agusta F3 RR 2022 menerima berbagai macam bentuk upgrade, mulai dari:

  • Performa khusus aerodinamics
  • Mesin yang sesuai dengan Euro 5 menghasilkan gesekan rendah
  • Injektor bertekanan tinggi
  • Radiator dua arah
  • Sistem pembuangan yang baru dirancang dengan pilihan Akrapovic 
  • Platform inersia IMU 6-axis baru
  • ABS kontinental dengan cornering function
  • Pengaturan suspensi baru
  • Velg belakang baru yang 7% lebih ringan sehingga alami penurunan 10% momen inersia 
  • Layar TFT 5,5 inci

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

MV Agusta

Mercedes-AMG akhirnya memutuskan jalinan kerjasama dengan MV Agusta yang terjadi sejak 2014. Alasannya produsen motor Italia itu tak menunjukkan performa positif. Italia, Autos.id –...

MV Agusta

MV Agusta Brutale 800 America hanya akan diproduksi 50 unit dan setiap unit akan mewakili satu negara dari 50 negara bagian di Amerika. Amerika...

MV Agusta

New MV Agusta Brutale 800 hadir dengan tiga warna ice pearl white, red dan black matte metallic. Motor ini dibanderol dengan harga Rp 530...

MV Agusta

MV Agusta Blackout merupakan motor berbasis MV Agusta Dragster yang berkolaborasi dengan dua butik premium di Italia,Balistrik Trident dan Dragster Blackout. Milan, Autos.id –...