Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mobil di AS akan Wajib Gunakan Pendeteksi Alkohol

Pengemudi Mabuk

Demi menekan kecelakaan yang disebabkan pengemudi mabuk karena pengaruh alkohol, NHTSA dan pemerintah AS akan menerapkan teknologi DADSS.

Virginia, Autos.id – National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menggandeng badan federal dan negara bagian Virginia untuk menanam teknologi khusus secara konvensional pada semua mobil agar mampu mendeteksi pengendara yang mabuk.

Teknologi ini disebut Driver Alcohol Detection System for Safety (DADSS) yang dapat mengontrol para pengendara mabuk dibawah pengaruh alkohol. Untuk pengaplikasian DADSS pemerintah Virgina berkomitmen mengalokasikan dana USD 5,1 juta untuk semua mobil.

“Banyaknya kecelakaan yang melibatkan pengemudi mabuk membuat pemerintah dan otoritas keselamatan berkendara di AS perlu melakukan hal ini”

Mark Rosekind, Administrator NHTSA, dalam laporan Leftlane, Kamis (28/12/2016) mengungkapkan, banyaknya kecelakaan yang melibatkan pengemudi mabuk membuat pemerintah dan otoritas keselamatan berkendara di AS perlu melakukan hal ini. Dengan teknologi DADSS, paling tidak menjadi alat penegak hukum bagi mereka.

Pengemudi Mabuk

Banyak Kecelakaan karena Pengemudi Mabuk

Teknologi DADSS jelasnya secara diam-diam mampu mengukur tingkat konsumsi alkohol pengemudi, melalui udara dalam kabin yang dihembuskan. Teknologi ini bahkan mampu mengisolasi pengukuran pengemudi dari penumpang yang mabuk sehingga saat pemeriksaan pengemudi langsung mendapat sanksi.

Pemerintah di AS termasuk negara bagiannya, sangat fokus pada masalah pengemudi mabuk karena sebagian besar kecelakaan yang terjadi di negeri Paman Sam ini berawal dari tindakan agresif pengemudi yang mabuk saat menggunakan mobil.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tesla

Masalah sistem autopilot yang bermasalah ini sedang diselidiki apakah murni kesalahan pengemudi atau kesalahan dari sistem autopilot itu sendiri. Autos.id – Sebuah kabar kurang...

Berita Otomotif

Sebelum meraih hasil bintang 5 dalam crash test NHTSA Amerika Serikat, Mazda MX-30 juga meraih rating bintang 5 dalam crash test Euro NCAP. Autos.id...

Berita Otomotif

Fitur Full Self-Driving Beta atau fitur menyetir sendiri dibeberapa model Tesla justru menimbulkan resiko kecelakaan yang lebih tinggi. Sehingga membuat Tesla melakukan recall untuk...

Mobil

Sekitar 400 ribuan unit Kia di Amerika Serikat terkena recall, dikarenakan masalah sistem airbag yang berpotensi membahayakan keselamatan di jalan raya. Autos.id – Baru-baru...