Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Lexus Akan Menghadirkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual

Lexus Akan Menghadirkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual

Last updated on 12 Desember, 2022

Pengembangan transmisi manual pada mobil listrik yang akan dihadirkan oleh Lexus ini diharapkan bisa memberikan rasa berkendara yang lebih menggugah di sebuah mobil ramah lingkungan.

Autos.id – Berbicara mengenai transmisi manual, bisa dibilang keberadaanya semakin lama sudah semakin berkurang drastis. Terlebih di saat era otomotif mulai memasuki kendaraan elektrifikasi, kehadiran transmisi dengan tiga pedal ini semakin ditinggalkan lagi. Tapi ternyata pabrikan asal Jepang, Lexus, justru memiliki sebuah ide menarik untuk menggabungkan penggunaan transmisi manual di mobil listrik yang mereka produksi.

Penggunaan transmisi manual pada mobil listrik ini nantinya, Lexus akan bekerjasama dengan induk perusahaanya sendiri yaitu Toyota.

Lexus Akan Menghadirkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual

Penggunaan Transmisi Manual Di Mobil EV

Mengutip dari Autoblog, Lexus menyebut bahwa pada dasarnya transmisi manual di mobil listrik mereka nanti tetap memiliki pedal kopling atau tiga pedal. Meskipun begitu penggunaan pedal kopling ini nantinya bukan akan berfungsi seperti kopling pada umumnya, melainkan akan berfungsi sebagai sistem mekanikal yang tidak terhubung dengan perseneling.

Lexus menyebut pedal ketiga yang biasa digunakan sebagai pedal kopling ini akan lebih difungsikan sebagai perangkat rem tambahan yang digerakan dengan sebuah perangkat lunak. Chief Engineer Lexus Electrified, Takashi Watanabe menyebut bahwa penggunaan pedal kopling di mobil akan memberikan stimulasi perpindahan gigi yang lebih halus dibandingkan transmisi manual pada kebanyakan mobil.

Lexus Akan Menghadirkan Mobil Listrik Bertransmisi Manual

Dalam penggunaannya nanti,mereka akan mengaplikasikan mayoritas fungsi pada transmisi manual konvensional bisa dihadirkan di mobil listrik produksi mereka nantinya. Watanabe menyebut bahwa proyek ini akan dilakukan oleh beberapa insinyur  dalam mengombinasikan penggunaan transmisi manual agar bisa cocok digunakan di mobil dengan penggerak listrik nantinya.

Sebagai uji cobanya, Watanabe menyebut bahwa Lexus sudah menyiapkan UX300e sebagai mobil prototipe listrik bertransmisi manual tersebut. “Mobil prototipe UX300e ini akan menjadi ujian bagi kami untuk melihat seberapa ampuh penggunaan transmisi manual pada mobil listrik modern. Serta kami ingin memastikan bahwa mobil ini nantinya memberikan rasa berkendara yang tetap Fun To Drive meskipun disebuah mobil listrik”, ungkap Watanabe.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Nantinya generasi terbaru Lexus CT ini tidak hanya menghadirkan varian bermesin listrik saja, tetapi versi mesin konvensional dan Hybrid juga akan tetap dihadirkan. Autos.id...

Mobil

Honda tidak akan mengikuti Toyota yang menghadirkan transmisi manual pada mobil listrik yang sedang mereka kembangkan. Autos.id – Berbicara mengenai mobil listrik, satu hal...

Reviews

Lexus UX 300e versi penyegaran tahun 2023 ini hadir dengan beberapa ubahan signifikan seperti drivetrain dan baterai yang berubah secara signifikan. Autos.id – Lexus...

Berita Otomotif

Fitur semacam ini mungkin tidak perlu tetapi sangat menyenangkan jika digunakan. Autos.id – Penerus LFA terbaru akan disematkan mesin V8 twin-turbo, powertrain all-electric sesuai...