Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Honda Tidak Akan Menghadirkan Mobil Listrik Dengan Transmisi Manual

Honda Tidak Akan Menghadirkan Mobil Listrik Dengan Transmisi Manual

Honda tidak akan mengikuti Toyota yang menghadirkan transmisi manual pada mobil listrik yang sedang mereka kembangkan.

Autos.id – Berbicara mengenai mobil listrik, satu hal yang mungkin sulit ditemukan adalah penggunaan transmisi manual. Tetapi, Toyota diam-diam sedang mengembangkan sebuah mobil listrik yang bisa menggunakan transmisi manual. Ternyata langkah yang sedang dilakukan Toyota tidak akan diikuti oleh pesaing terkuat sesama brand Jepang, Honda.

Honda sendiri pada dasarnya akan memiliki formulasi tersendiri dalam pengembangan mobil listrik mereka di masa depan.

Honda Tidak Akan Menghadirkan Mobil Listrik Dengan Transmisi Manual

Tidak Ada Mobil Listrik Honda Dengan Transmisi Manual

Dikutip dari Car and Drive, CEO Honda, Toshihiro Mibe dan Kepala Pengembangan EV dari Honda, Shinji Aoyama menyebut bahwa mereka memiliki formulasi tersendiri untuk mobil listrik mereka termasuk berkaitan dengan transmisi. Nantinya transmisi yang akan digunakan Honda pada mobil listrik mereka akan bersifat artificial.

Menurut Aoyama, penggunaan transmisi mekanikal pada mobil listrik sangat mustahil untuk dikembangkan. Menurutnya, teknologi mobil listrik yang smooth, justru dibutuhkan transmisi yang smooth tanpa ada bantuan mekanikal yang seolah tidak sesuai dengan nafas kehalusan dan keheningan dari mobil listrik itu sendiri.

Dalam pengembangan mobil listrik ini, Honda juga memberikan formula lainnya agar membuatnya berbeda dengan brand lainnya. Salah satunya adalah penggunaan teknologi baterai, paket pengembangan, programming yang membuatnya berbeda. Toshihiro Mibe juga menyebut bahwa penggunaan transmisi 3 pedal pada mobil listrik ini sulit untuk diimplementasikan seperti apa yang dilakukan oleh Toyota.

Honda Tidak Akan Menghadirkan Mobil Listrik Dengan Transmisi Manual

Toyota sendiri justru sedang mengembangkan mobil listrik bertransmisi manual dengan konsep “Simulated Manual Transmision”. Pada dasarnya tetap mengandalkan 3 pedal dengan pedal kopling seperti mobil manual pada umumnya tetapi dengan perpindahan gigi yang dibuat sedikit lebih halus tanpa menghilangkan kehalusan berkendara khas mobil listrik.

Honda sendiri memang berniat akan menghentikan produksi mobil konvensional mereka pada tahun 2040 untuk mengejar netralitas karbon yang lebih baik. Saat ini Honda juga masih memiliki produk mobil dengan transmisi Manual seperti Honda Civic Si dan Civic Type R yang kabarnya di masa depan juga akan menghilangkan transmisi manual dan menggantinya dengan mesin full-electric.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Teknologi pengisian daya yang lebih stabil ini baru hadir di Eropa dengan kerjasama antara Honda Motor Europe dengan Kraftwerke GmbH. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Dengan begitu membuat Honda menganggap bahwa masa depan dunia otomotif akan sepenuhnya bergantung dengan mobil listrik yang ramah lingkungan. Autos.id – Dengan semakin masifnya...

Mobil

Honda e:N2 Concept ini merupakan salah satu rangkaian mobil listrik terbaru dari Honda yang akan dipasarkan untuk pasar Tiongkok. Autos.id – Pabrikan otomotif asal...

Mobil

Mobil listrik hasil kerjasama Honda dan Sony ini siap dipasarkan paling cepat di tahun 2026 mendatang. Autos.id – Di awal tahun ini, salah satu...