Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kia Sportage Raih Rating Safety Terbaik IIHS Top Safety Pick Awards

Kia Sportage Mendapat Rating Safety Terbaik Dari IIHS Top Safety Pick Awards

Kia Sportage generasi terbaru ini mendapat penilaian yang memuaskan dari IIHS Top Safety Pick Awards yang membuatnya menjadi salah satu mobil SUV dengan rating safety terbaik dikelasnya.

Autos.id – Pada event GIIAS 2022 kemarin, Kia Indonesia melalui PT Kreta Indo Artha akhirnya meluncurkan secara resmi generasi terbaru dari Kia Sportage. Mobil yang sudah masuk generasi kelima sejatinya sudah hadir di pasar global sejak tahun 2021 dan di tahun 2022 akhirnya masuk ke pasar Indonesia. Dan salah satu lompatan terbesar dari Kia Sportage generasi terbaru ini adalah fitur safety yang melonjak drastis dibandingkan generasi sebelumnya.

Dan bahkan generasi terbaru Kia Sportage ini baru saja meraih predikat rating safety terbaik dari IIHS Top Safety Pick Awards 2022.

Kia Sportage Mendapat Rating Safety Terbaik Dari IIHS Top Safety Pick Awards

Detail Crash Test Kia Sportage

Seperti yang dilansir oleh Autoblog, IIHS menilai beberapa parameter safety dari mobil medium SUV andalan Kia ini. Mulai dari fitur radar ADAS, rem otomatis, impact dari kecelakaan dan keselamatan bagi seluruh penumpang didalam mobil. Hasilnya, Kia Sportage mendapat rating tertinggi dari beberapa aspek penilaian yang dinilai oleh IIHS.

Mulai dari pengetesan rem otomatis yang mendapat nilai sempurna karena mobil berhasil berhenti dengan sempurna ketika ada suatu objek didepan mobil. Penilaian berikutnya adalah Child Seat atau kursi bayi yang benar-benar melindungi penumpang balita saat terjadi kecelakaan dengan rating yang sangat memuaskan.

Selain itu tabrakan dari depan dan samping dari mobil ini juga terbilang cukup baik. Menurut IIHS, ketika terjadi tabrakan dari depan dan samping, semua airbag pada mobil ini benar-benar menyelamatkan penumpang dari resiko cedera yang parah. Serta tidak ketinggalan perlindungan terhadap pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan juga mendapat rating yang cukup baik.

Meskipun secara keseluruhan mendapat penilaian yang memuaskan, ada beberapa catatan dari IIHS yang membuat Kia Sportage generasi terbaru ini belum 100% sempurna. Mulai dari penggunaan lampu depan untuk varian rendah yang mendapat rating buruk mengingat masih menggunakan lampu reflektor yang dianggap kurang terang terutama dikondisi gelap.

Tetapi untuk varian-varian atas yang sudah menggunakan lampu projector LED dengan desain uniknya, rating yang diberikan tergolong memuaskan. Terlebih di varian atas Kia Sportage juga sudah dilengkapi dengan fitur Auto High Beam yang akan meredep sendiri ketika pengemudi menyalakan lampu High Beam yang membuat pengemudi dari lawan arah akan kesilauan.

Kia Sportage Mendapat Rating Safety Terbaik Dari IIHS Top Safety Pick Awards

Sekilas Mengenai Kia Sportage Spek Indonesia

Di Indonesia sendiri, Kia Sportage yang dimasukan ke pasar Indonesia hanya tersedia dalam 1 varian yang disebut-sebut sebagai varian tertinggi untuk pasar global. Mobil yang masih diimpor secara utuh dari Korea Selatan ini mengandalkan mesin 1.600 cc, 4 silinder Turbo dengan teknologi Smartstream. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 180 Ps dan torsi 265 Nm yang menyalurkan tenaganya ke roda depan melalui transmisi Dual Clutch 7 speed.

Untuk pasar Indonesia, Kia Sportage hadir dengan fitur yang tergolong sangat komplit. Mulai dari penggunaan transmisi model putar, Head Unit layar lebar yang support konektivitas smartphone, Panoramic Sunroof, Sound System Premium dari Bose, Jok pendingin dan pemanas dibagian depan, serta yang paling krusial, fitur radar ADAS yang tergolong sangat komplit.

Kia Indonesia melalui PT Kreta Indo Artha sendiri menjual Kia Sportage terbaru ini diharga Rp 735 juta. Memang harga yang tergolong mahal, tetapi dengan lonjakan fitur dan safety bertambah signifikan serta desain yang tergolong unik dan modern, membuat harga yang anda bayarkan terasa worth it dengan segala kelengkapan yang ada.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Kia Sportage yang sudah memasuki generasi kelima ini akan segera hadir dipasar Amerika Serikat. Rencananya Kia Sportage terbaru ini akan hadir dalam 2 pilihan...

Berita Otomotif

Memasuki usia yang ke-25, Kia Sportage mencapai penjualan 5 juta unit, dan ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Kia secara global. Seoul, Autos.id –...

KIA

KIA Sportage menawarkan dua model yakni yang mesin diesel 1.7-liter CRDi, 1.6-liter T-GD, dan 2.0-liter CRDi yang menggunakan transmisi 7-speed dual clutch. London, Autos.id...

KIA

Kia Siloam Motor sebagai main dealer Kia di daerah Jawa Barat meluncurkan Kia All New Sportage generasi keempat serta Kia Grand Sedona. Bandung, Autos.id...