Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Kenapa Harga Mobil Listrik Dari Tiongkok Bisa Terjangkau? Ini Faktanya!

Kenapa Mobil Listrik Dari Brand Tiongkok Bisa Begitu Terjangkau, Ini Faktanya
Wuling Air EV

Ada beberapa faktor dan hal-hal menarik yang membuat mobil listrik buatan brand Tiongkok bisa dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Autos.id – Bila berbicara mengenai mobil listrik, salah satu negara yang paling getol dengan mobil berteknologi ramah lingkungan ini adalah Tiongkok. Bahkan mobil listrik buatan dari brand Tiongkok ini bisa dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya mengapa pabrikan asal Tiongkok bisa berani menghadirkan mobil listrik dengan harga sangat terjangkau ini.

Ternyata ada beberapa fakta yang mengungkap mengapa mobil listrik dari Tiongkok bisa dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Kenapa Mobil Listrik Dari Brand Tiongkok Bisa Begitu Terjangkau, Ini Faktanya

Chery EQ1

Seperti Ini Faktanya

Seperti yang dilansir oleh Nikkei Asia, salah satu professor dari Jepang, Masayoshi Yamamato menyebut ada beberapa hal yang membuat mobil listrik dari brand Tiongkok ini bisa dijual dengan harga terjangkau. Ia menyebut bahwa salah satu faktornya adalah penggunaan komponen yang sebenarnya bukan khusus untuk pembuatan mobil listrik.

Yamamoto juga menghitung harga tiap komponen untuk pembuatan mobil listrik dari Tiongkok. Ia menyebut bahwa pada dasarnya biaya pembuatan mobil listrik dari brand Tiongkok hanya menghabiskan sekitar 480 ribu Yen atau setara Rp 50 jutaan. Ia menyebut beberapa komponen untuk pembuatan mobil listrik ini bisa ditemukan di tokok-toko otomotif yang memang dijual dengan harga terjangkau.

Ia mencontohkan salah satunya pada Wuling Mini EV. Ia menyebut bahwa beberapa komponen pembuatan mobil ini bisa ditemukan di beberapa toko komponen elektronik. Selain itu penggunaan pengereman regeneratif yang sedikit berbeda dan lebih sederhana membuat mobil listrik Tiongjok seperti Wuling Mini EV bisa dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Kenapa Mobil Listrik Dari Brand Tiongkok Bisa Begitu Terjangkau, Ini Faktanya

DFSK Mini EV

Ia menyebut dengan harga yang terjangkau ada konsekuensi yang akan didapatkan. Salah satunya adalah tentang durabilitasnya yang mungkin belum teruji. Namin menurut Yamamoto, menyebut sebagian besar konsumen mobil listrik sudah paham akan konsekuensinya. Terlebih memang mobil listrik yang dijual di Tiongkok ini memang diperuntukan untuk penggunaan di dalam kota yang mengedepankan kepraktisan.

Di Indonesia sendiri, Wuling menjadi brand pertama yang membuka segmen mobil listrik dengan harga yang tergolong sangat terjangkau. Melalui mobil listrik berukuran kecilnya yaitu Air EV, Wuling seperti membuka jalan percepatan trend elektrifikasi ke segmen entry level dengan harga diantara 200 hingga 300 jutaan Rupiah.

Bahkan brand-brand Tiongkok lainnya seperti DFSK, hingga Chery juga sedang mempersiapkan sebuah mobil listrik berukuran mini yang akan menantang Wuling Air EV di Indonesia. Sangat menarik untuk dilihat bagaimana pasar mobil listrik kedepannya khususnya di segmen entry level yang memang akan dijual dengan harga terjangkau ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan bangga meluncurkan mobil listriknya. Autos.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi meluncurkan mobil listrik berpenampilan gagah...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai mobil listrik tidak boros saat digunakan Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi...

Berita Otomotif

Genesis secara resmi memamerkan mobil listrik terbaru dengan nama X Convertible Concept. Autos.id – Pabrikan mobil mewah asal Korea Selatan, Genesis, secara resmi memamerkan...