Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Honda CB : Si Tua Yang Tetap Menjadi Primadona

“Makin tua, makin menjadi” mungkin itu peribahasa yang pas untuk menggambarkan Honda CB ini. Walaupun tergolong motor tua tapi banyak penikmat motor yang mengincar Honda CB.

Jakarta, Autos.id – Ada banyak jenis motor klasik yang diproduksi oleh pabrikan sepeda motor ternama. Dan salah satunya adalah motor klasik pabrikan dari Honda, yaitu Honda CB. Motor yang menjadi legenda di Indonesia, walaupun tergolong motor tua, kira-kira CB series sudah berumur 40 tahun dari awal produksi CB pertama, tetapi banyak penikmat motor yang mengincar Honda CB tersebut.

Ada banyak sekali tipe Honda CB yang diproduksi dan dipasarkan yang menyebar di seluruh dunia. CB series ini cukup banyak diproduksi dari skala cakupan maupaun kuantitasnya. Beberapa tipe CB dijual untuk produksi massal, dan beberapa untuk kebutuhan balap.

Tidak semua tipe CB masuk ke semua negara, masing-masing negara memiliki “cabang perusahaan” yang menentukan tipe yang mana yang layak masuk ke negaranya. Misal, negara Amerika tipe CB 750 laris manis dipasaran, sedangkan di Indonesia CB 100 yang menjadi primadona.

***

Honda CB pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia mulai tahun 1970-an dengan kode CB 100 K1. Pada saat itu PT. Federal Motor yang ditunjuk untuk merakitnya, karena semua komponen motor diimport langsung dari Jepang dalam bentuk Completeley Knock Down.

Hingga pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam hal lokalisasi komponen, mendorong PT. Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor dalam negeri melalui beberapa anak perusahaannya, diantaranya;

  1. Honda Federal (1974) memproduksi komponen dasar seperti roda, rangka, knalpot, dsb.
  2. Showa Manufacturing (1979) khusus memproduksi karet kejut.
  3. Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin sepeda motor.
  4. Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston.

Pada tahun 2000 PT Federal Motor dengan anak-anak perusahaannya dilebur menjadi satu dengan nama PT. Astra Honda Motor.

Motor CB di Indonesia diperkenalkan kepada konsumen dalam 4 varian tipe mesin, yaitu 100cc, 125cc, 175cc, 200cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena perawatannya mudah dan fleksibel untuk dimodifikasi. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971 – 1981) total penjualan Honda CB di Indonesia menyentuh angka 600 ribu unit. Jika CB 100 K1 diperkenalkan di Indonesia tahun 1971, maka seri-seri selanjutnya seperti CB 100 K2 masuk ke Indonesia di tahun berikutnya.

Walaupun saat ini banyak sekali motor baru yang di produksi dengan menawarkan berjuta kemampuan dan teknologi terbaru, namun sosok Honda CB tetap menjadi primadona banyak kalangan pecinta motor di Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Last updated on 14 November, 2022 Wahana Honda memberikan penawaran terbaik di penghujung tahun 2022 Jakarta, Autos.id  –  Selaku Main Dealer untuk sepeda motor...

Daftar Harga Motor

Last updated on 16 Maret, 2022 Bulan Maret 2022 harga Motor Honda hampir semua mereknya tidak ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Jakarta, Autos.id ...

Daftar Harga Motor

Last updated on 21 Februari, 2022 Honda pada bulan November hingga Desember 2021 sempat menghadirkan diskon pada sebagai variannya, tetapi pada Februari ini promo...

Motor

All-New Honda ADV350, scooter matik petualangan baru dari Honda tahun lalu, akan memasuki pasar Asia lewat Thailand mulai dari tahun ini. Autos.id – Honda...