Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Generasi Terbaru Nissan GT-R R36 Akan Segera Meluncur

Generasi Terbaru Nissan GT-R R36 Akan Segera Meluncur

Last updated on 30 Januari, 2022

Rencananya akan muncul Nissan GT-R generasi terbaru dengan kode bodi R36 yang akan muncul tahun depan dan akan menggantikan generasi GT-R R35 yang sudah berada dipasaran sejak Desember 2007

Autos.id  –  Nissan GT-R dengan kode bodi R35 saat ini sudah dijual sejak Desember 2007. Itu artinya sudah kurang lebih 14 tahun sejak debut pertama mobil legendaris tersebut secara worldwide. Sejauh ini, Nissan GT-R sudah beberapa kali melakukan penyegaraan berupa facelift atau improvement agar bisa tetap up to date. Meskipun Nissan GT-R merupakan salah satu mobil sport yang mumpuni, tak bisa dipungkiri bahwa model kode bodi R35 ini sudah terlihat menua dan sudah waktunya untuk melakukan perubahan menyeluruh atau All New.

Sesuatu yang juga ditunggu oleh para Petrol Head yang sudah menantikan kapan Nissan GT-R generasai terbaru akan hadir.

Ada banyak isu seputar Nissan GT-R generasi terbaru yang rencananya menggunakan kode bodi R36 ini dalam beberapa tahun lalu terakhir. Bahkan Nissan sempat menghadirkan mobil konsep dengan tajuk ‘Concept 2020 Vision Gran Turismo” pada tahun 2014. Konsep tersebut akan menjadi penerus Nissan GT-R R35. Seperti yang diungkap oleh Alfonso Albaisa selaku bos dari Nissan Design mengatakan “Kami akan melakukan pekerjaan kami ketika saatnya tiba (ketika mengembangkan GT-R baru) untuk membuat mobil tersebut menjadi sesuatu yang sangat istimewah meskipun belum dalam waktu dekat ini”.

Baca juga: Nissan GT-R T-Spec 2022 Hadirkan Dua Varian Eksklusif Di Jepang

Generasi Terbaru Nissan GT-R R36 Akan Segera Meluncur

Terlepas dari hal tersebut, belum pernah ada lagi siaran pers resmi yang secara gamblang mengatakan bahwa akan ada penerus dari Nissan GT-R R35 tersebut. Seperti pernyataan yang dirilis oleh Nissan Australia yang secara tidak langsung mengkonfirmasu bahwa generasi baru GT-R R36 tersebut akan hadir. Seperti yang dikutip dari Drive Australia, pernyataan yang dimaksud adalah line GT-R 2022 untuk pasar Australia sebelum R35 akan dihentikan mulai November 2021 karena ketidaksesuaian dengan peraturan  keselamatan baru seputar side-impact yang berlaku di negara Kangguru tersebut.

“GT-R sudah mendapat temoatnya dipuncak kinerja diseluruh dunia, sebagai salah satu mobil ikon otomotif dunia selama lebih dari 50 tahun. Ini bukanlah akhir dari cerita GT-R di Australia, tetapu ini akan menjadi penanda penutupan bab generasi GT-R ini. Dan tentu saja tidak aka nada yang lebih pas untuk mobil ini selain dengan penawaran jangkauan yang diperluas yang mencakup tidak hanya 1 tapi 2 edisi khusus yang mendebarkan lainnya”, ujar Adam Paterson, Managing Director Nissan Australia.

Baca juga: Nissan Z Gantikan Nissan GT-R Untuk Ajang Balap Super GT

Generasi Terbaru Nissan GT-R R36 Akan Segera Meluncur

Muncul Beberapa Keraguan

Berdasarkan rumor, disinyalir bahwa generasi Nissan GT-R terbaru akan segara datang ke Australia, meski belum dikonfirmasi secara pasti. Dan yang paling penting bahwa Nissan GT-R akan stop produksi secara global juga sudah dibantah. Meskipun Nissan saat ini sedang mengalami krisis keuangan belakangan ini. Masuk akal kalau Nissan berencana memutuskan tidak melanjutkan generasi terbaru Nissan GT-R tersebut.

Tetapi yang perlu dicermati meskipun Nissan sedang dalam masa-masa yang kurang bagus belakangan ini, mereka masih bisa untuk meluncurkan salah satu mobil ikonik mereka, yaitu Nissan Fairlady Z yang sekarang memasuki generasi ketujuh. Meski terlihat banyak perubahan di Fairlady Z tersebut, mobil ini masih menggunakan platform Nissan FM (Front Midship) yang merupakan versi revisi dari pendahulunya yaitu 370Z.

Baca juga: Nissan Hadirkan Mobil Listrik Dengan Teknologi E-Power

Generasi Terbaru Nissan GT-R R36 Akan Segera Meluncur

Nah, Startegi inilah yang akan kembali dicoba Nissan pada GT-R terbaru nanti. Dimana evolusi arsitektur PM (Premium Midship) dari Nissan GT-R generasi sebelumnya akan dipadukan pada bodi serta interior yang sepenuhnya baru. Dan ngomong-ngomong soal mesin, romor bahwa akan menggunakan mesin V6 Twin-turbo 3.800 cc mungkin saja akan digunakan. Terlebih dengan rumor penggunaan mesin hybrid atau menjadi full electric juga santer terdengar.

Patut kita tunggu bagaimana wujud asli dari Nissan GT-R terbaru dengan kode bodi R36 saat diperkenalkan. Dan apakah tetap menjaga legacy mereka sebagai salah satu mobil sport ikonik yang disegani didunia, kita tunggu saja nanti!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Tidak dijualnya lagi Nissan GT-R di benua Eropa mengakhiri kehadiran mobil sport ini di benua Eropa selama 13 tahun. Autos.id – Baru-baru ini salah...

Balap

Bila sebelumnya tim Nissan Nismo menggunakan Nissan GT-R untuk ajang balap Super GT500, mulai tahun 2022, Nissan akan menggunakan Nissan Z sebagai mobil terbaru...

Berita Otomotif

Last updated on 1 November, 2021 Mobil terbaru Nissan GT-R T-Spec ini dijual khusus pasar Jepang dengan berbagai peningkatan performa dan tampilan yang menggoda...

Mobil

Nissan paham betul kalau GT-R memiliki peminat yang sangat banyak. Sebagai bentuk apresiasi Nissan terhadap para penyuka GT-R, mereka pun menghadirkan edisi spesial dari...