Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Nissan Z Gantikan Nissan GT-R Untuk Ajang Balap Super GT

Nissan Z Akan Menggantikan Nissan GT-R Untuk Ajang Balap Super GT

Bila sebelumnya tim Nissan Nismo menggunakan Nissan GT-R untuk ajang balap Super GT500, mulai tahun 2022, Nissan akan menggunakan Nissan Z sebagai mobil terbaru untuk balap Super GT.

Autos.id – Selama bertahun-tahun, Nissan GT-R dengan kode bodi R35 digunakan untuk ajang balap super GT di Jepang. Mobil tersebut digunakan untuk balapan kelas GT500 yang merupakan kelas tertinggi untuk ajang balap supercar di Jepang tersebut. Kini peran Nissan GT-R ini akan digantikan oleh Nissan Z. Nama resmi yang akan digunakan adalah Nissan Z GT500

Mobil ini akan berbasis dari Nissan Z yang pondasinya memang benar-benar ditujukan untuk balapan Super GT500 di Jepang.

Nama Nissan Z sendiri bukanlah nama asing yang digunakan untuk ajang balapan. Karena dimasa lalu ada Nissan Fairlady Z dengan penggunaan livery Xanavi yang banyak dikenal oleh pecinta balap. Nissan Z GT500 tersebut akan diluncurkan di Sirkuit Fuji Speedway dimana mobil ini akan mencoba untuk bisa meneruskan kesuksesan pendahulunya yaitu Nissan GT-R GT500 yang sudah meraih gelar Super GT sebanyak 5 kali.

Nissan Z Akan Menggantikan Nissan GT-R Untuk Ajang Balap Super GT

Tampilan Lebih Gahar Dan Agresif

Bila dibandingkan Nissan Z yang standar, bisa dibilang untuk versi balapan Super GT500 ini masih gampang untuk dikenali. Terutama dibagian lampu depan dan belakang serta desain kaca jendela yang sama dibandingkan versi standarnya. Tetapi selain itu, ubahan yang dilakukan juga tergolong sangat masif, terlebih dengan adanya aksen-aksen karbon fiber, spakbor yang lebih lebar, ban dengan ukuran lebih besar, serta sirip-sirip udara untuk mendukung aerodinamika yang baik.

 

Lalu penggunaan velg baru dengan sistem centerlock yang bisa dibongkar pasang secara cepat juga menjadi pembeda utama yang cukup signifikan. Lalu juga penggunaan sayap belakang mobil ini yang menggunakan model swap neck dimana tiang penyangganya menempel dibagian atas sayap untuk memberikan fungsi aerodinamika.

Penggunaan sayap berjenis swap neck ini mulai marak digunakan oleh beberapa mobil sports atau bahkan supercars. Mulai dari Mclaren Senna atau mungkin Porsche 911 GT3 ini juga mengadopsi sayap dengan konfigurasi serupa. Sayap mobil ini nantinya akan bekerja sama dengan bagian diffuser yang adai dibawahnya dan memberikan desain yang lebih aerodinamis.

Nissan Z Akan Menggantikan Nissan GT-R Untuk Ajang Balap Super GT

 

Mesin Belum Diumumkan

Tetapi Nissan sendiri belum mengumumkann spesifikasi resmi dari mesin yang akan digunakan untuk balap Super GT500 tersebut. Tetapi dari mobil-mobil lain yang ikut berlaga dikelas ini, mesin yang digunakan adalah 2.000 cc, 4 silinder dengan turbo. Rata-rata juga mobil yang ikut kelas ini memiliki spesifikasi tenaga hingga 650 Hp yang pastinya benar-benar bertenaga untuk ukuran mesin sekecil itu.

Nissan Z versi standar sendiri menggunakan mesin 3.000 cc, V6 dengan turbo ganda yang bisa menghasilkan tenaga lebih dari 400 Hp. Menurut presiden dan kepala eksekutif Nismo, Takao Katagiri menyebutkan bahwa mereka akan measuki Seri GT500 musim 2022 dengan sebuah harapan dan hasrat yang baru serta berharap para penggemar bisa terus mendukung tim Nissan dan Nismo dengan semangat yang tinggi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Selain dijual untuk masyarakat umum, Nissan Z GT4 ini juga akan dijadikan smobil balap di dua ajang balap yang akan berlangsung di Jepang dan...

Balap

Hadirnya Nissan Z ini sebagai Safety Car untuk ajang balap Super GT ini menegaskan komitmen Nissan dalam dunia olahraga balap atau motorsport khususnya di...

Berita Otomotif

Tidak dijualnya lagi Nissan GT-R di benua Eropa mengakhiri kehadiran mobil sport ini di benua Eropa selama 13 tahun. Autos.id – Baru-baru ini salah...

Berita Otomotif

Last updated on 30 Januari, 2022 Rencananya akan muncul Nissan GT-R generasi terbaru dengan kode bodi R36 yang akan muncul tahun depan dan akan...