Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Nissan Z GT4 Update Model Tahun 2023, Siap Digunakan Untuk Balap

Inilah Nissan Z GT4 Update Model Tahun 2023, Siap Digunakan Untuk Balap

Selain dijual untuk masyarakat umum, Nissan Z GT4 ini juga akan dijadikan smobil balap di dua ajang balap yang akan berlangsung di Jepang dan Amerika Serikat.

Autos.id – Pada event SEMA atau Speciality Equipment Market Association Show 2022 pada awal bulan November ini, Nissan secara resmi memperkenalkan update model terbaru pada salah satu mobil sport mereka yaitu Z GT4. Mobil sport yang memang didesain dan diciptakan untuk kebutuhan balap ini hadir dengan beberapa ubahan yang meliputi berbagai aspek.

Update ini mulai dari ubahan desain, aerodinamika, hingga performa, membuat mobil ini siap berlaga di ajang balap.

Inilah Nissan Z GT4 Update Model Tahun 2023, Siap Digunakan Untuk Balap

Versi Lebih Kencang Dari Nissan Z Standard

Secara tampilan, bisa dibilang versi Nissan Z GT4 ini masih mengusung garis desain yang mirip dengan Nissan Z 2023. Namun untuk membuatnya lebih garang dan sporty, Nissan memberikan beberapa aksesoris seperti aero kit, front canards, front splitter, rear spoiler berukurang besar, serta penggunaan hood, bumper depan dan belakang, serta diffuser yang dibuat lebih aerodinamis untuk kebutuhan balap.

Ubahan lainnya yang diberikan oleh Nissan adalah penggunaan livery. Ada dua pilihan livery yang dihadirkan oleh Nissan, yang pertama livery berwarna putih dengan stiker chequered flag dan ditambahkan logo Nismo dan GT4 d beberapa panel body. Sedangkan yang kedua adalah livery dengan grafis kombinasi warna hitam dan merah yang memadukan desain retro modern dan stiker merah retro dan nomor balap khas Nissan yaitu 23.

Pada bagian kaki-kaki, Nissan membekali Z GT4 ini dengan kaliper rem dari Brembo yang menemani ban dan velg berukuran 18 inch dengan spesifikasi race compound. Tidak lupa, Nissan juga memberikan pengaturan ulang pada sektor kaki-kaki dan sasis mobil yang dibuat lebih rigid sehingga siap digunakan untuk balap.

Inilah Nissan Z GT4 Update Model Tahun 2023, Siap Digunakan Untuk Balap

Masuk kebagian interor, untuk membuat mobil ini siap digunakan balap, ada beberapa komponen yang dikurangi pada mobil ini. Misalnya seperti karpet dan Head Unit yang dihilangkan serta menyisakan speedometer digital yang memuat informasi penting yang digunakan untuk kebutuhan balap. Serta tidak ketinggalan adanya roll cage dan kursi balap dari Recaro dan setir dari bahan micro suede yang memang disiapkan untuk kebutuhan balap.

Urusan mesin, pada dasarnya mesin yang digunakan masih sama dengan kapasitas 3.000 cc, V6, dengan Twin Turbo dengan kode VR30DDTT. Namun, ada ubahan pada settingan output membuat mobil ini kini bisa menghasilkan tenaga hingga 450 Hp dan torsi 600 Nm yang artinya bertambah 50 Hp dan 125 Nm.

Nissan Z GT4 ini juga lebih ringan 224 kg dibandingkan Nissan Z Standard. Rencananya, selain diproduksi untuk umum, mobil ini juga digunakan ajang balap SRO Pirelli GT4 di Amerika Serikat dan Super Taikyu di Jepang. Untuk harga yang dipatok sendiri, mobil yang dikirimkan ke konsumen pada pertengahan 2023 ini dijual dengan harga 230 ribu Dolar Amerika atau setara Rp 3,6 Miliyar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Hadirnya Nissan Z ini sebagai Safety Car untuk ajang balap Super GT ini menegaskan komitmen Nissan dalam dunia olahraga balap atau motorsport khususnya di...

Balap

Bila sebelumnya tim Nissan Nismo menggunakan Nissan GT-R untuk ajang balap Super GT500, mulai tahun 2022, Nissan akan menggunakan Nissan Z sebagai mobil terbaru...