Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Hyundai Suntik Mati Sonata

Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Hyundai Sonata Akan Berhenti Diproduksi

Kabarnya Hyundai akan menghadirkan Ioniq 6 yang akan menggantikan peran Hyundai Sonata dan menggunakan segmen yang kurang lebih sama tetapi dengan teknologi mesin listrik.

Autos.id –  Masa depan industri otomotif dunia akan berada ditangan kendaraan listrik seperti mobil listrik. Salah satu pabrikan otomotif yang semakin serius dalam pengembangan mobil listrik adalah Hyundai. Bahkan pabrikan asal Korea Selatan akan menghentikan produksi salah satu sedan andalannya yaitu Sonata dalam waktu dekat.

Selain karena ingin berfokus dengan produksi mobil listrik, alasan Hyundai akan segera menghentikan produksi Sonata karena penjualan yang terus menurun.

Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Hyundai Sonata Akan Berhenti Diproduksi

Ingin Lebih Berfokus Dengan Pengembangan Mobil Listrik

Seperti yang dilaporkan Carscoops pada Senin (23/5/2022), Hyundai menyebut bahwa alasan akan menghentikan produksi Sonata karena Hyundai yang ingin berfokus pada pengembangan mobil listrik. Meskipun begitu, pihak Hyundai tidak akan langsung menghentikan produksi Sonata karena pada 2023 mendatang mobil ini akan di berikan facelift sebelum akhirnya beberapa tahun kemudian benar-benar discontinue.

Selain itu, salah satu orang internal Hyundai menyebut alasan akan diberhentikan produksinya Sonata karena jalur perakitannya akan diubah untuk jalur produksi mobil listrik. Salah satu mobil listrik yang akan menggantikan posisi Sonata adalah Ioniq 6 yang akan bermain di segmen mobil sedan dengan teknologi listrik.

Dalam bebebrapa tahun terakhir, penjualan Hyundai Sonata khususnya di Korea Selatan memang mengalami tren penurunan penjualan yang yang sangat signifikan. Begitu juga di pasar Amerika Serikat yang menjadi negara kedua penjualan terbesar mobil ini juga mengalami trend penurunan yang sama dengan apa yang terjadi di Korsel.

Fokus Kembangkan Mobil Listrik, Hyundai Sonata Akan Berhenti Diproduksi

Bahkan diawal tahun 2022 ini, Hyundai Sonata yang terjual di Amerika Serikat hanya berhasil terjual sebanyak 9.806 selama 4 bulan pertama tahun ini. Padahal pada tahun 2016 silam, Hyundai Sonata sempat mencatatkan angka penjualan yang tinggi hingga 200 ribuan di negeri Paman Sam tersebut tetapi terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Selain itu menurut lampran Carscoops juga menyebutkan bahwa Hyundai sendiri tidak memberi opsi kehadiran Sonata generasi terbaru sekalipun menggunakan mesin listrik. Mereka justru akan memprioritaskan pengembangan mobil listrik berukuran compact dibandingkan mobil midsize yang kurang memberi keuntungan pada perusahaan. Sehingga kemunculan Ioniq 6 untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Sonata akan menjadi kenyataan dalam beberapa waktu kedepan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Dengan hadirnya beberapa teknologi terbaru yang bahkan belum ada di Ioniq 5, membuat Hyundai Ioniq 6 memiliki ciri khas tersendiri yang membuat mobil listrik...

Berita Otomotif

Nantinya Hyundai Ioniq 7 juga akan menggunakan platform yang sama seperti Ioniq 5 dan Ioniq 6 serta akan diplot sebagai mobil listrik berukuran terbesar...

Berita Otomotif

Hyundai dan Kia masih menjadi penyumbang penjualan mobil ramah lingkungan tertinggi untuk pasar domestik di Korea Selatan. Autos.id – Trend kendaraan elektrifikasi saat ini...

Reviews

Saat ini, Hyundai Ioniq 6 debut dengan status teaser product sebelum nantinya akan diluncurkan secara resmi pada tanggal 14 Juli mendatang. Autos.id – Yang...