Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Dampak Covid-19, Pembiayaan Otomotif Adira Finance Alami Penurunan

Honda berkontribusi terbesar dengan komposisi 64% dari total pembiayaan sepeda motor, sementara Yamaha berkontribusi kedua terbesar dengan komposisi 29%.

Jakarta, Autos.id  –  Wabah Corona atau yang lebih dikenal dengan nama Covid-19 yang menyerang tanah air sangat terasa dampaknya oleh semua pihak baik industry maupun transaksi pembiayaan. Hal ini yang juga dialami oleh Adira Finance yang terimbas juga peda pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami penurunan.

Hal ini tercermin dari kinerja segmen penjualan sepeda motor baru wholesales domestik yang mengalami penurunan sekitar 7% y/y menjadi 1,6 juta unit pada kuarta; I 2020. Selain itu, penjualan domestik mobil baru wholesales tercatat juga turun sebesar 7% y/y menjadi 237 ribu unit di kuartal I-2020.

Penurunan ini disebabkan karena berkurangnya aktivitas ekonomi domestik selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta adanya tekanan global akibat pandemic Covid-19.

Hafid Hadeli, Presiden Direktur Adira Finance dalam keterangan persnya di Jakarta mengungkapkan, pada kuartal I-2020, Adira Finance mencatatkan pembiayaan baru sebesar Rp 8,4 trilliun, turun 11% y/y dibandingkan tahun sebelumnya. “Secara keseluruhan penjualan segmen sepeda motor dan mobil mengalami penurunan, relative sejalan dengan penurunan industri di sepanjang kuartal I-2020,” jelasnya.

Hafid Hadeli (Kiri) dan I Dewa Made Susila Direktur Keuangan Adira Finance. (Kanan)

Piutang yang dikelola Adira, lanjut Hafid, berhasil tumbuh sebesar 4% y/y menjadi Rp 54,7 triliun ditengah lesunya industry otomotif. Piutang sepeda motor tumbuh 7% menjadi Rp 26,2 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sedangkan piutang mobil meningkat tipis sebesar 2% menjadi Rp 28,1 triliun.

“Saat ini, Adira Finance tetap melakukan penyaluran pembiayaan baru walaupun disesuaikan dengan kriteria dan kondisi saat ini. Kami telah mengambil langkah inisiatif untuk memastikan keselamatan karyawan serta kami juga tetap melanjutkan operasi bisnis”, imbuhnya.

Pembiayaan sepeda motor Adira Finance pada kuartal I- 2020 mengalami penurunan sebesar 13% menjadi Rp 4,1 triliun dimana segmen motor baru hanya mengalami sedikit penurunan sebesar 2% menjadi Rp 3,4 triliun.

Honda berkontribusi terbesar dengan komposisi 64% dari total pembiayaan sepeda motor, sementara Yamaha berkontribusi kedua terbesar dengan komposisi 29% dari total pembiayaan.

Secara keseluruhan pembiayaan mobil baru turun sebesar 27% y/y menjadi Rp 1,7 triliun, akibat dampak dari melemahnya penjualan industri mobil disertai dengan penurunan permintaan dari segmen komoditas. Total pembiayaan komersial turun 36,3% menjadi Rp 1,0 triliun dan segmen penumpang turun 30,3% menjadi Rp 1,8 triliun. Komposisi masing-masing segmen komersial dan segmen penumpang kami adalah 37% dan 63% di kuartal I-2020.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 18 Juli, 2022 Sebanyak 82 pelanggan yang mendapatkan pelunasan cicilan Jakarta, Autos.id  – Adira Finance kembali menggelar program undian berhadiah Harinya...

Aksesoris

Last updated on 4 Juli, 2022 Adira Finance berkomitmen untuk terus menghadirkan kemudahan dalam mendapatkan solusi keuangan sesuai kebutuhan dalam mewujudkan impian. Jakarta, Autos.id...

Berita Otomotif

Adira Finance hadirkan program tukar tambah jendaraan dan pinjaman dana dengan mudah dan cepat Jakarta, Autos.id  –  Dalam keikusertaannya di ajang Jakarta Fair 2022,...

Berita Otomotif

Pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2022 akan disuguhkan beragam promo menarik Jakarta, Autos.id  –  Adira Finance turut berpartisipasi dalam perhelatan Jakarta Fair (JF) 2022 yang...