Connect with us

Hi, what are you looking for?

Bugatti

Bugatti Chiron Pur Sport, Mobil Sport Mewah Harga Selangit!

Bugatti Chiron Pur Sport
Bugatti Chiron Pur Sport

Bugatti Chiron Pur Sport kini menjadi mobil sport yang lebih liar dengan bobot lebih ringan, cengkeraman lebih besar, dan persneling lebih pendek.

Autos.id  –  Bugatti Chiron Pur Sport adalah mobil hypersports terdepan untuk menaklukan  tikungan paling menantang sekalipun. Bugatti Chiron Pur Sport bukan hanya sekedar varian Chiron biasa, tetapi adalah sebuah ‘rudal’ yang mampu bertenaga hingga 1.500 hp. Bahkan mobil sport ini lebih menarik daripada varian Chiron dan Chiron Sport.

Walaupun ia juga lebih lambat, tapi mungkin lebih cepat dari pendahulunya.

Desain Mobil Bikin Siap Tampil Gaya

Ada beberapa penyesuaian yang terlihat jelas pada varian Bugatti Chiron senilai Rp 51 miliar ini yang memisahkannya dari Chiron varian lebih rendah. Mobil ini memiliki intake udara lebih besar dan bentuk hidung berbeda di atas splitter depan yang diperluas. Grille berbentuk tapal kuda juga sedikit lebih lebar dan ada ekstraktor udara baru yang dipasang di bagian atas spakbor depan. Di bagian belakang mobil, terdapat diffuser besar untuk mengintimidasi kendaraan apa pun yang baru saja dilewati Bugatti Chiron Pur Sport. Selain itu juga ada outlet knalpot titanium yang benar-benar spektakuler dan sayap belakang di atas ekor mobil.

Tampilan eksterior mobil eksklusif

Tampilan eksterior mobil eksklusif

Fender depan yang dibentuk ulang dengan ventilasi udara terintegrasi meningkatkan downforce dan kinerja aerodinamis. Ujung depan mobil yang datar dengan desain dinamis menggarisbawahi karakter khas dan mencolok Pur Sport. Diffuser besar yang mengesankan dan spoiler belakang tetap sepanjang 1,90 meter menghasilkan downforce dan meningkatkan kelincahan. Pada saat yang sama, penghapusan komponen hidrolik sayap aktif mengurangi berat 10 kg. Dudukan sayap belakang dan diffuser bumper membentuk desain berbentuk X yang agresif dan sporty. Bagian belakang Pur Sport yang kuat dibulatkan oleh knalpot yang sangat ringan dan sangat tahan suhu yang terbuat dari titanium cetak 3D.

Seluruh sepertiga bagian bawah kendaraan menampilkan serat karbon yang terbuka untuk membuat seluruh mesin terlihat lebih rendah. Opsi untuk menonjolkan sirip tengah dalam warna kedua ini memberikan tampilan agresif pada Pur Sport. Interior Pur Sport minimalis dan canggih. Lengkap dengan permukaan dilapisi Alcantara dua warna baru dengan pola laser yang dikembangkan khusus untuk Bugatti Chiron Pur Sport. Semua trim dan kontrol dibuat dalam warna hitam, aluminium anodized atau titanium. Jahitan silang yang kontras pada jari-jari roda kemudi berwarna biru menciptakan suasana minimal dan mewah.

Interior Modern Masa Depan

Interior Modern Masa Depan

Performa Mesin Yang Tak Diragukan Lagi

Sementara tampilan luar mobil bagian depan Bugatti Chiron Pur Sport masih baik-baik saja meskipun sayap belakang hampir menutupi pandangan pengemudi ke belakang. Sekilas varian ini terlihat sangat mirip dengan Chiron biasa, dengan lengkungan lebar yang membentang dari atap ke kusen kaki. Kemudian mesin W-16 8L quad-turbocharged dapat menyala dengan suara geraman knalpot yang lebih dalam dari sebelumnya. Mesin itu menghasilkan tenaga hingga 1.500 hp dan torsi 1.600 Nm, wow! Sehingga salah satu mobil Bugatti termahal ini lebih menarik dan jauh lebih mekanis. 

Performa mesin W-16 8L quad-turbocharged

Performa mesin W-16 8L quad-turbocharged

Dengan rentang putaran yang meningkat dari 6.700 menjadi 6.900 rpm, mesin Bugatti W16 yang ikonik kini memberikan performa yang lebih kuat di semua kecepatan. 80% dari komponen gearbox telah dimodifikasi untuk pengaturan baru yang lebih meningkatkan akselerasi dan elastisitas. Chiron Pur Sport berakselerasi di gigi 6 dari 60-120 km/jam dalam 4,4 detik, 41% lebih cepat dari Chiron yang sudah secepat kilat. Pur Sport melepaskan kekuatan penuhnya pada kecepatan 350 km/jam.

Akselerasi berkekuatan maksimal

Akselerasi berkekuatan maksimal

Ketika transmisi otomatis kopling ganda 7-kecepatan diaktifkan, seluruh struktur mobil tampak gahar dan bersiap untuk menerkam.  Bugatti mengklaim aero tweak Pur Sport menambah downforce yang signifikan pada kecepatan mobil. Lalu varian chiron terbaru ini juga terdapat beberapa ubahan mekanis. Mulai dari adopsi ban Michelin Pilot Sport Cup 2R pada velg magnesium ‘carbon blade’. Velg itu membuat masing-masing berat total ban lebih ringan sekitar 9 kg dari velg aluminium yang diganti. Ditambah suspensi yang lebih kaku dengan tambahan camber roda depan. Suspensi 65% lebih kencang di depan dan 33% lebih kaku di belakang dibandingkan Chiron sebelumnya. 

Komponen Mobil Buat Akselerasi Mobil Makin Agresif

Kemudinya bahkan lebih presisi sehingga berkendara dengan mobil hypersport ini benar-benar mudah dikendalikan dan diprediksi. Membuat Anda mampu melawan batas fisika mengemudi lebih jauh. Tapi ban adalah bintang yang sebenarnya. Sebab, ban itu membuat Bugatti Chiron Pur Sport lebih agresif dan dengan kompon yang lebih lembut; ban Sport Cup 2R yang dipasang pada Chiron Sport. Power steering Pur Sport yang sedikit direvisi menghadirkan respons turn-in yang langsung. Mobil all-wheel-drive ini mungkin memiliki berat lebih dari dua ton, tetapi terasa sangat gesit.

Ban Sport Cup 2R Bugatti Chiron

Ban Sport Cup 2R Bugatti Chiron

Perubahan besar lainnya adalah revisi rasio gigi Pur Sport yang penyebaran keseluruhannya sebesar 15% lebih dekat daripada Chiron lainnya. Perubahan ini menjadi jelas saat berakselerasi karena perpindahan gigi sedikit lebih cepat dan putaran mesin hampir tidak turun di antara keduanya. Hal ini berpengaruh pada top speed Pur Sport 350 km/jam, lebih rendah dari model Sport yang diklaim 261 mph. Meskipun kecepatan terminal Pur Sport mungkin kurang dari kerabatnya yang lebih rendah, akselerasinya mungkin lebih cepat. Pengurangan bobot yang dikombinasikan dengan roda gigi baru mengurangi sepersepuluh detik atau lebih dari kecepatan 100 km/jam selama 2,4 detik.

Kecepatan Bugatti Chiron Pur Sport mengesankan; 100 km/jam dalam 2,4 detik dan top speed 350 km/jam

Kecepatan Bugatti Chiron Pur Sport mengesankan; 100 km/jam dalam 2,4 detik dan top speed 350 km/jam

Teknologi Pendukung Yang Memukau

Untuk membuat Anda merasakan gaya mengemudi pribadi yang lebih intens, driving assistance ESC juga dioptimalkan. Bugatti Chiron Pur Sport menampilkan mode ESC baru untuk membuat setiap momen berkendara lebih nyata secara emosional. Mode berkendara canggih ini ditujukan untuk para ahli menikung yang lebih terampil. Mode ESC Sport+ memungkinkan aksi pengereman dengan kontrol stabil, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan gaya mengemudi pribadi Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Bugatti tidak henti-hentinya memproduksi mobil dengan desain cantik. Kali ini, predikat “Cantik” tersebut didapatkan oleh mobil Bugatti Chiron L’Ébé. Autos.id  –  Mobil edisi khusus...

Bugatti

Selain mempengaruhi keselamatan di jalan, masalah sekrup yang bermasalah pada salah satu unit Bugatti Chiron ini juga berpengaruh terhadap torsi mobil. Autos.id – Kabar...

Berita Otomotif

Diantara harga mobil Bugatti yang mahal dan produksi yang sangat terbatas, kebanyakan dari kita tidak mungkin memiliki mobil yang dibuat di pabrik Molshiem yang...

Bugatti

Permasalahan ban retak yang terjadi di Bugatti Chiron ini umumnya disebabkan umur pemakaian serta jarak tempuh dari mobil yang sudah melebih batas kemampuan ban...