Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

As Roda Mobil Patah? Ini Penyebab dan Biaya Perbaikannya

Bentuk as roda mobil.
Bentuk as roda mobil. (Sumber: Lifepal)

Apakah as roda mobil Anda pernah patah? Bingung dengan penyebab dan biaya perbaikannya atau penggantiannya? Simak artikel ini sampai selesai.

Autos.id – Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang diandalkan sekarang ini. Namun, terkadang masalah tak terduga seperti patahnya as roda mobil dapat mengganggu kelancaran perjalanan.

As roda yang patah bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga menghasilkan risiko keselamatan yang serius. Oleh karena itu, memahami penyebab di balik patahnya as roda mobil dan biaya perbaikannya menjadi esensial bagi para pemilik kendaraan.

 

Penyebab As Roda Mobil Patah

Ilustrasi as roda mobil patah.

Ilustrasi as roda mobil patah. (Sumber: GridOto)

Patahnya as roda mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang kompleks. Diantaranya adalah:

1. Kualitas Bahan Roda

Salah satu penyebab umum roda mobil patah adalah kualitas bahan roda yang buruk. Jika roda terbuat dari bahan yang kurang kuat atau tidak tahan terhadap tekanan dan beban, maka kemungkinan patah lebih tinggi.

2. Beban Berlebih

Meletakkan beban berlebih di atas mobil melebihi batas yang ditetapkan oleh pabrikan dapat menyebabkan roda patah. Ini dapat terjadi saat kendaraan digunakan untuk mengangkut barang yang melebihi kapasitas maksimum atau jika sering kali melebihi batas beban yang dianjurkan.

3. Tekanan Angin yang Salah

Tekanan angin ban yang tidak tepat dalam roda dapat menyebabkan stres yang tidak merata pada bagian-bagian tertentu dari roda. Ini bisa mengakibatkan kelemahan dan akhirnya patah pada roda saat berada di jalan.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO, Pilih Mana?

4. Guncangan dan Goresan Berat

Guncangan yang keras dan goresan berat pada permukaan jalan atau medan yang tidak rata dapat mengakibatkan stres berlebih pada roda. Jika kendaraan melalui guncangan yang kuat secara terus-menerus, roda bisa mengalami keretakan dan akhirnya patah.

5. Kondisi Jalan yang Buruk

Jalan yang rusak, berlubang, atau tidak rata dapat menjadi faktor penyebab patahnya roda mobil. Saat melintasi jalan dalam kondisi buruk, beban yang tiba-tiba terjadi pada roda bisa merusak struktur internalnya.

6. Kecelakaan atau Benturan Kuat

Tabrakan atau benturan kuat pada bagian roda, terutama pada bagian samping, bisa menyebabkan keretakan atau patahnya roda. Ini dapat terjadi dalam kecelakaan lalu lintas atau jika kendaraan menabrak benda keras secara tiba-tiba.

7. Keausan dan Umur Pemakaian

Lama penggunaan roda yang berlebihan dapat menyebabkan keausan dan penurunan kekuatan material. Roda yang sudah tua dan lemah lebih rentan patah ketika dikenakan tekanan atau stres.

8. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan terhadap roda, seperti tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi atau rotasi roda secara teratur, bisa membuat masalah pada struktur roda tidak terdeteksi dengan cepat. Akibatnya, potensi patah meningkat.

9. Kualitas Produksi yang Buruk

Dalam beberapa kasus, roda yang diproduksi dengan kualitas yang rendah atau proses produksi yang tidak tepat dapat memiliki cacat struktural yang membuatnya lebih mudah patah.

10. Suhu Ekstrem

Paparan suhu ekstrem, seperti suhu sangat rendah atau tinggi, dapat memengaruhi kekuatan material roda. Suhu yang ekstrem dapat membuat roda lebih rapuh dan rentan terhadap patah.

Baca juga: Penyebab Kaca Mobil Berdecit dan Cara Mengatasinya

Berapa Biaya Perbaikannya?

Ilustrasi memperbaiki as roda mobil yang rusak.

Ilustrasi memperbaiki as roda mobil yang rusak. (Sumber: YouTube Mekanik Mesin)

Diambil dari berbagai sumber, jika poros pada as roda tidak patah atau bengkok, maka as roda mobil masih dapat diperbaiki. Misalnya saja dengan mengganti CV-Joint yang aus dan juga boot as roda yang sobek dengan biaya sekitar Rp300.000-Rp500.000.

Sedangkan untuk mengganti secara total jika as roda patah, biayanya mencapai Rp3.500.000 hingga Rp6.000.000 tergantung jenis atau tipe mobil.

Baca juga: Cairan Power Steering Bisa Bocor? Inilah Dampak dan Penyebabnya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!