Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Seri MotoGP 2022 Mugello, Persaingan Panas Pembalap Papan Atas

Seri MotoGP Mugello Akhir Pekan Ini: Persaingan Panas Di Papan Atas

Balapan MotoGP italia akhir pekan ini akan berlangsung di Sirkuit Mugello yang terkenal merupakan salah satu balapan kandang dari legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Autos.id  –  MotoGP musim 2022 akan menggelar seri kedepalan-nya musim ini dalam gelaran GP Italia. Pada balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Mugello akhir pekan ini, persaingan di papan atas klasmen semakin sengit mulai menunjukan hawa panas persaingan khususnya di deratan papan atas.

Hingga berakhirnya GP Prancis, juara dunia musim lalu, Fabio Quartararo masih memimpin klasmen sementara tetapi hanya unggul 4 poin atas Aleix Espargaro.

Seri MotoGP Mugello Akhir Pekan Ini: Persaingan Panas Di Papan Atas

Masih Sengit Di Papan Atas

Hingga seri ketujuh di GP Prancis kemarin, hanya ada 1 pembalap, Enea Bastianini yang memupunyai jumlah kemenangan lebih dari 1 yaitu dengan 3 kemenangan. Berkat kemenangan di GP Pracis tersebut membuat pembalap tim Gresini yang sempat mengalami penurunan performa kini mulai naik kembali ke posisi 3 klasmen sementara.

Penampilan konsisten juga terus ditunjukan tim Aprilia dengan pembalap-nya, Aleix Espargaro yang konsistem meraih podium serta menjadi salah satu kandidat kuat juara dunia musim ini. Performa motor Aprilia RS-GP yang semakin menunjukan arah positif sehingga motor ini bisa menjadi penggangu bagi beberapa pabrikan lainnya

Meskipun timnya akan mengundurkan diri pada akhir musim ini, Suzuki juga tentu ingin memberikan penampilan terbaik mereka. Baik Alex Rins dan Joan Mir juga akan sekuat tenaga membantu tim asal Jepang ini meraih hasil terbaiknya sebelum akan meninggalkan ajang balap ini untuk kedua kalinya diakhir tahun ini.

Yang perlu juga diamati adalah kebangkitan tim Ducati. Setelah melalui serangkaian hasil buruk di awal musim, nampaknya motor GP22 yang dikendarai oleh Francesco Bagnaia dan Jack Miller ini mulai menunjukan arah yang positif. Dengan kemenangan yang diraih Bagnaia di GP Spanyol serta finish kedua yang diraih Jack Miller di GP Prancis membuat tim yang berbasis di Bologna ini optimis menatap balapan akhir pekan ini.

Seri MotoGP Mugello Akhir Pekan Ini: Persaingan Panas Di Papan Atas

Tidak ketinggalan juara dunia 6 kali kelas premier, Marq Maruqez yang masih belum menemukan performa terbaiknya. Saat ini pembalap asal Spanyol ini masih tertahan di posisi 10 klasmen dan belum sekalipun meraih podium di musim ini. Begitu juga rekan setimnya di Repsol Honda, Pol Espargaro yang juga belum menemukan peerforma terbaiknya dan masih tertahan di posisi 12 klasmen.

Nomor 46 Akan Dipensiunkan Di GP Italia

Gelaran GP Italia tahun ini juga akan menandakan pensiunnya nomor 46 dari nomor yang boleh dipakai oleh pembalap yang berlaga di ajang MotoGP. Nomor 46 ini sangatlah indentik dengan sosok sang legenda, Valentino Rossi. Mantan juara dunia 7 kali kelas premier ini juga merupakan salah satu raja Sirkuit Mugello dengan raihan 9 kemenangan di 3 kelas berbeda.

Dengan di pensiunkannya nomor 46, maka tidak ada pembalap yang boleh menggunakan nomor tersebut diajang MotoGP. Sebelum nomor 46, ada beberapa nomor yang dipensiunkan dan tidak bisa digunakan kembali oleh pembalap lainnya yang akan masuk ke kelas MotoGP sebagai tanda penghormatan bagi pembalap yang pernah mengunakan nomor tersebut selama karirnya.

Nomor tersebut diantaranya adalah nomor 34 milih legenda balap motor asal Amerika Serikat, Kevin Schawantz. Nomor berikutnya yang juga dipensiunkan adalah nomor 74 untuk menghormati pembalap Jepang, Daijiro Kato yang meninggal dalam insiden pada balapan GP Jepang tahun 2003 silam.

Nomor berikutnya yang juga dipensiunkan adalah nomor 58 milik Marco Simoncelli. Dipensiunkannya nomor 58 sebagai tanda penghormatan bagi juara dunia kelas 250 cc tahun 2009 tersebut yang meninggal setelah terlibat kecelakaam pada balapan MotoGP Malaysia tahun 2011 silam. Serta nomor 69 milik juara dunia MotoGP tahun 2006, Nicky Hayden yang juga dipensiunkan sebagai penghormatan atas meninggalnya pembalap asal Kentucky, AS tersebut saat bersepeda tahun 2017 silam.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Tim Aprilia Racing kembali memimpin dalam Klasemen Kejuaraan Tim MotoGP Belanda, Autos.id  –  Hari yang cerah bagi Aprilia Racing di Assen selama putaran kesebelas...

Balap

Dengan raihan podium keempat secara berturut-turut, memperkuat posisi Aleix Espargaro dari Tim Aprilia di posisi kedua urutan kejuaraan Autos.id – Hari ujian di Sirkuit...

Balap

Ini merupakan kemenangan kedua Francesco Bagnaia di musim balap MotoGP tahun ini setelah sebelumnya ia memenangkan GP Spanyol, awal Mei yang lalu. Autos.id – ...

Balap

Last updated on 17 Mei, 2022 Federal Oil memberikan pujian kepada Enea Bastianini yang meraih Podium 1 di GP Prancis Jakarta, Autos.id  –  Pembalap...