Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Mugello Italia

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Mugello Italia
Pemenang MotoGP Italia, Francesco Bagnaia

Ini merupakan kemenangan kedua Francesco Bagnaia di musim balap MotoGP tahun ini setelah sebelumnya ia memenangkan GP Spanyol, awal Mei yang lalu.

Autos.id –  Pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang MotoGP Italia. Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Mugello pada hari Minggu (29/5/2022) tersebut, jagoan tuan rumah tersebut berhasil menahan gempuran pembalap Yamaha, Fabio Quartararo yang finish di posisi kedua. APembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro melengkapi posisi podium dengan finish diurutan ketiga.

Namun sayangnya, pemenang balapan sebelumnya, Enea Bastianini gagal menyelesaikan balapan setelah terjatuh di lap 13.

Jalannya Balapan

Saat balapan dimulai, pembalap tim Gresini, Fabio Di Giannantonio yang start dari pole position gagal mempertahankan posisinya selepas tikungan. Ia disalip oleh 2 pembalap tim VR46, Luca Marini dan Marco Bezzacchi. Memasuki lap kedua, Bezzachi berhasil menyalip Marini dan mengambil alih pimpinan balapan. Lalu di lap yang sama Di Giannantonio juga harus disalip Fabio Quartararo saat memperebutkan posisi ketiga.

Francesco Bagnaia yang start dari posisi kelima perlahan mulai menyodok kedepan. Puncaknya pada lap 8 ia berhasil memngambil alih pimpinan balapan setelah berhasil menyalip Bezzecchi. Nasib kurang beruntung dialami 2 pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins yang sama terjatuh di lap 7 dan gagal memberikan poin bagi tim asal Jepang tersebut. Sebelumnya, pembalap tim Repsol Honda, Pol Espargaro juga terjatuh saat balapan masih berjalan 4 lap.

Memasuki lap ke 10, Fabio Quartararo berhasil mengambil alih posisi kedua dari Marco Bezzecchi. Setelah itu, juara dunia MotoGP musim lalu tersebut mulai mengejar Bagnaia yang semakin nyaman diposisi terdepan. Memasuki lap 13, nasib sial dialami oleh Enea Bastianini. Pemenang balapan GP Prancis sebelumnya terjatuh di tikungan keempat.

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Mugello Italia

Peraih Podium MotoGP Italia 2022, Fabio Quartararo (Kiri), Francesco Bagnaia (Tengah), dan Aleix Espargaro (Kanan)

Pada sisa balapan, jarak antara Bagnaia dan Quartaro konstan berada dikisaran 1 detik. Meskipun berusaha untuk mengejar Bagnaia, namun usaha Quartararo untuk mengejar Bagnaia gagal terjadi. Hingga akhir balapan, Bagnaia keluar sebagai pemenang MotoGP Italia 2022. Quartarao finish di posisi kedua serta Aleix Espargaro berhasil naik podium ketiga setelah bersaing ketat dengan Bezzecchi.

Posisi keempat diraih oleh pembalap tim Pramac Racing, Johann Zarco, disusul Marco Bezzecchi yang mengunci posisi 5 besar. Melengkapi posisi 10 besar dari urutan 6 hingga 10 ada Luca Marini (VR46 Racing Team), Brad Binder (Red Bull KTM), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Miguel Oliveira (Red Bull KTM), dan Marc Marquez yang melengkapi posisi 10 besar, Fabio Di Giannantonio yang start dari pole position hanya finish di urutan 11.

Kemenangan Bagnaia di GP Italia 2022 ini adalah yang pertama ia raih di depan publik sendiri. Sedangkan untuk musim 2022 ini merupakan kemenangan kedua bagi Bagnaia. Di posisi klasmen, Fabio Quartararo masih memimpin puncak klasmen dengan 122 poin. Ia unggul 8 poin atas Aleix Espargaro dengan 114 poin. Enea Bastianini yang gagal finish dibalapan kali ini masih berada diposisi 3 dengan 94 poin. Ia hanya unggul 13 poin dengan Francesco Bagnaia dengan 81 poin.

Balapan MotoGP selanjutnya akan berlangsung pada 3 hingga 5 Juni 2022 dalam gelaran MotoGP Catalanya. Balapan MotoGP Catalunya sendiri akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol pada akhir pekan mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Kemenangan pada GP Inggris ini merupakan kemenangan keempat yang diraih oleh Francesco Bagnaia sepanjang MotoGP musim 2022 kali ini. Autos.id – Setelah libur paruh...

Balap

Balapan GP Belanda akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir pada paruh pertama musim ini sebelum nantinya akan ada summer break selama 1 bulan....

Balap

Dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring kali ini, Fabio Quartararo akhirnya menjadi raja baru di sirkuit tersebut karena Marq Marquez harus absen pada GP Jerman...

Balap

Balapan GP Jerman kali ini akan sangat berbeda mengingat raja GP Jerman, Marq Marquez masih harus absen karena masih dalam penyembuhan akibat operasi pada...