Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Mengenal Lebih Dekat Line Up Tim Dan Pembalap MotoGP 2022

Mengenal Lebih Dekat Line Up Tim Dan Pembalap MotoGP Beserta Tanggal Peluncuran Tim

Meskipun sudah tidak ada lagi Valentino Rossi dilintasan, bukan berarti MotoGP musim 2022 tidak menarik untuk disimak. Terlebih adanya beberapa wajah baru yang siap meramaikan kerasnya kelas para raja ini.

Autos.id – MotoGP akan segera memasuki musim yang baru ditahun 2022. Musim ini akan menjadi musim pertama di era MotoGP tanpa kehadiran sang legenda Valentino Rossi yang memutuskan pensiun diakhir tahun 2021 silam. Meskipun tanpa kehadiran “The Doctor” bukan berarti membuat persaingan MotoGP akan menjadi berkurang.

Selain beberapa nama-nama tenar yang sudah menghiasai kelas MotoGP. Ada beberapa nama-nama baru atau Rookie yang juga siap meramaikan persaingan di MotoGP musim 2022 ini.

Beberapa Perubahan Line Up Pembalap

Untuk MotoGP musim 2022 ini, setidaknya ada 5 pembalap Rookie yang akan memulai debut mereka diajang MotoGP. Salah satu Rookie yang akan memulai perjalanannya dipentas MotoGP ini adalah Remy Gardner yang merupakan juara dunia Moto2 musim 2021 lalu. Pembalap asal Australia tersebut akan membela tim Tech3 KTM dan berpasangan dengan sesama Rookie yang tidak lain Runner-Up Moto2 musim lalu.

Mengenal Lebih Dekat Line Up Tim Dan Pembalap MotoGP Beserta Tanggal Peluncuran Tim

Lalu nama rookie berikutnya yang juga akan bersiap memulai petualangannya di MotoGP adalah Fabio Di Giannantonio. Pembalap muda asal Italia akan membela tim Gresini Racing dimana ia akan berpartner dengan sesama pembalap Italia, Enea Bastianinini. Musim ini tim Gressini akan menggunakan motor Ducati Setelah pada beberapa tahun terakhir menggunakan motor Aprilia.

Pembalap debutan lainnya yang juga akan memulai debutnya di musim ini adalah Marco Bezzechi. Pembalap jebolan akademi Valentino Rossi yaitu VR46 Rider Accademy ini akan membela tim yang juga dimiliki Rossi yaitu VR46 Racing Team. Di tim tersebut ia akan berpartner dengan Luca Marini yang tidak lain adalah adik tiri dari Rossi.

Pembalap debutan terakhir yang akan mencoba kerasnya MotoGP adalah Darryn Binder. Darryn sendiri merupakan adik dari Brad Binder yang sudah berada di MotoGP sejak 2020 dengan raihan 2 kemenangan. Pembalap asal Afrika Selatan tersebut akan membela tim WithU RNF Yamaha yang tidak lain adalah rebranding dari Petronas Sepang Racing Team. Disana ia akan berpartner dengan pembalap senior Andrea Dovizioso.

Selain hadirnya beberapa nama-nama baru, beberapa perubahan line up juga terjadi diantara tim dan pembalap. Seperti hadirnya Aprilia yang akhirnya memiliki tim sendiri dan akan diperkuat Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Selebihnya tidak ada perubahan susunan pembalap yang terjadi diantara tim lainnya.

Mulai dari juara dunia musim lalu Fabio Quartararo yang masih membela tim Monster Energy Yamaha. Dimusim ini akan berpartner dengan Franco Morbidelli seperti yang terjadi pada paruh kedua musim 2021 lalu. Tim Repsol Honda akan mencoba bangkit setelah hasil kurang maksimal dan tetap akan diperkuat oleh Marc Marquez dan Pol Espargaro.

Lalu tim Suzuki Ecstar masih hadir dengan line up pembalap yang sama yaitu Alex Rins dan Joan Mir. Begitu pula Runner Up musim lalu Francesco Bagnaia yang masih membela Ducati dan masih akan berpartner dengan Jack Miller.

Mengenal Lebih Dekat Line Up Tim Dan Pembalap MotoGP Beserta Tanggal Peluncuran Tim

Jadwal Peluncuran Tim

Berbicara mengenai peluncuran tim, beberpa tim sudah mengumumkan tanggal resmi peluncuran tim untuk musim 2022. Mulai dari Repsol Honda yang akan meluncurkan tim mereka untuk musim ini pada hari ini atau 14 Januari. Meskipun begitu Marc Marquez tidak bisa hadir dalam launching tim karena masih dalam proses pemulihan cedera mata.

Keesokan harinya yaitu tanggal 15 Januari, tim Gresini Racing menjadi tim berikutnya yang akan meluncurkan tim mereka untuk musim 2022. Diikuti oleh tim WithU Yamaha RNF yang akan melaunching tim mereka pada 24 Januari mendatang. Disusul tim Pramac Ducati yang masih diperkuat Johann Zarco dan Jorge Martin akan meluncurkan tim musim 2022 mereka pada 2 Februari serta Suzuki dan Yamaha yang akan melaunching tim mereka pada 4 Februari.

Tes pramusim akan dimulai pada 5 hingga 6 Februari di Sirkuit Sepang, Malaysia. Lalu tes pramusim kedua akan dilanjutkan di Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat seminggu setelahnya. Seri pertama MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Losail Qatar pada 6 Maret. Lalu seri yang ditunggu-tunggu yaitu GP Indonesia di Sirkuit Mandalika akan dilangsungkan pada tanggal 20 Maret mendatang.

Line Up Tim dan Pembalap Untuk Musim 2022

Aprilia Racing

  • Maverick Vinales (Spanyol)
  • Aleix Espargaro (Spanyol)

Ducati Lenovo Team

  • Jack Miller (Australia)
  • Francesco Bagnaia (Italia)

Gresini Racing

  • Enea Bastianini (Italia)
  • Fabio Di Giannantonio (Italia)

Mooney VR46 Racing Team

  • Luca Marini (Italia)
  • Marco Bezzacchi (Italia)

Pramac Racing

  • Johann Zarco (Prancis)
  • Jorge Martin (Spanyol)

LCR Honda

  • Takaaki Nakagami (Jepang)
  • Alex Marquez (Spanyol)

Repsol Honda

  • Marc Marquez (Spanyol)
  • Pol Espragaro (Spanyol)

Red Bull KTM

  • Brad Binder (Afrika Selatan)
  • Miguel Oliveira (Portugal)

Tech3 KTM

  • Remy Gardner (Australia)
  • Raul Fernandez (Spanyol)

Suzuki Ecstar

  • Alex Rins (Spanyol)
  • Joan Mir (Spanyol)

Monster Energy Yamaha

  • Fabio Quartararo (Prancis)
  • Franco Morbidelli (Italia)

WithU Yamaha RNF

  • Andrea Dovizioso (Italia)
  • Darryn Binder (Afrika Selatan)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Aksesoris

Last updated on 18 Januari, 2022 Pada kelas MotoGP musim balap 2022 Gresini Racing MotoGP akan didukung oleh dua pembalap yang telah terbukti cemerlang...