Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Juara MotoGP Austria

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Seri MotoGP Austria

Ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun bagi Francesco Bagnaia dalam 3 balapan terakhir dan menjadi pembalap ketiga Ducati yang bisa meraih 3 kemenangan beruntun.

Autos.id – Pembalap tim Ducati Lenovo, Franceso Bagnaia kembali menunjukan penampilan luar biasanya di seri ke 13 MotoGP di GP Austria. Pada balapan yang berlangsung Minggu (21/8/2022) siang waktu setempat di Sirkuit Red Bull Ring tersebut, pembalap asal Italia meraih 3 kemenangan beruntun dalam 3 balapan terakhir yang dijalaninya.

Melengkapi barisan podium ada pemimpin klasmen sementara, pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang mencuri podium kedua dari rekan setim Bagnaia, Jack Miller yang harus puas finish di posisi ketiga.

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Seri MotoGP Austria

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Austria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring berlangsung selama 28 lap dalam kondisi cuaca berawan yang cendrung mendung. Pembalap tim Gresini, Enea Bastianini yang start dari pole position, gagal mempertahankan posisi terdepan dan disalip oleh 2 pembalap tim Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia dan Jack Miller.

Masih di lap pertama, pembalap tim Suzuki Ecstrar, Joan Mir menjadi pembalap pertama yang harus keluar dari balapan. Juara dunia musim 2020 ini terjatuh ditikungan 4 dan gagal melanjutkan balapan. Dibarisan depan, Bagnaia masih memimpin balapan disusul Miller dan Bastianini yang menempel ketat Runner Up musim lalu tersebut.

Memasuki lap keenam, nasib buruk menghampiri Bastianini. Tiba-tiba motor yang ia kendarai melambat diduga akibat masalah pengereman. Meskipun sempat mencoba melanjutkan balapan, namun pada akhirnya Bastianini menjadi pembalap kedua yang gagal finish pada balapan kali ini. Dibarisan tengah, Fabio Quartararo berusaha merangsek keposisi depan dan mengincar posisi pembalap tim Pramac, Jorge Martin di posisi keempat.

Secara perlahan, Quartararo yang saat ini masih memimpin klasmen pembalap saat ini mulai mendekat ke Martin. Hingga pada akhirnya Martin melakukan kesalah di chicane terbaru Sirkuit Red Bull Ring dan menyalipnya di 1 tikungan setelahnya di lap ke 12. Saat ini Quartararo mulai mengejar 2 pembalap Ducati yaitu Bagnaia dan Miller yang masih menjadi 2 pembalap terdepan.

Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Seri MotoGP Austria

Bagnaia sendiri perlahan mulai meninggalkan Miller yang kini diintai oleh Quartararo dan Martin. Memasuki 5 lap terakhir, sebuah aksi berani dilakukan oleh Quartararo yang menyalip Miller di chicane tikunga kedua 2. Miller sendiri setelahnya harus melalui duel ketat dengan Jorge Martin untuk merebut 1 podium tersisa.

Memasuki lap terakhir, berusaha menyalip Jack Miller, Jorge Martin justru terjatuh ditikungan pertama dan memupuskan harapannya untuk naik podium. Meskipun masih sanggup melanjutkan balapan, namun Martin harus puas finish di posisi 10. Hingga akhir balapan, Bagnaia keluar sebagai pemenang MotoGP Austria sekaligus meraih kemenangan ketiga secara beruntun di 3 balapan terakhir.

Fabio Quartararo sendiri meski finish diposisi kedua masih mempertahankan posisi puncak klasmennya. Jack Miller sendiri berhasil mengunci posisi podium ketiga. Melengkapi posisi 10 besar secara berurutan ada Luca Marini (VR46 Racing Team), Johann Zarco (Pramac Ducati), Aleix Espargaro (Aprilia), Brad Binder (Red Bull KTM), Alex Rins (Suzuki Exstar), Marco Bezzecchi (VR46 Racing Team), dan Jorge Martin (Pramac Ducati).

Fabio Quartararo sendiri masih mempertahankan posisi puncak klasmen dengan 200 poin. Ia unggul 52 poin atas Aleix Espargaro dengan 158 dan Francesco Bagnaia yang sudah mengumpulkan 131 poin. Seri MotoGP berikutnya akan berlangsung di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada gelaran GP San Marino pada 2 hingga 4 September mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Dengan hasil balapan MotoGP Thailand 2022 ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2022 ini kembali menjadi lebih seru dan ketat. Autos.id –...

Balap

Gagal finishnya Francesco Bagnaia serta kemenangan perdanan Jack Miller dimusim ini menjadi warna pada gelaran MotoGP Jepang 2022 kali ini. Autos.id – MotoGP musim...

Balap

Hasil balapan GP Aragon ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP musim 2022 ini kembali menarik dan seru untuk disimak. Autos.id – MotoGP...

Balap

Ini merupakan kemenangan keempat beruntun dari Francesco Bagnaia dan semakin mendekatkan dirinya dengan Fabio Quartararo yang masih memimpin klasmen. Autos.id – Pembalap tim Ducati...