Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Edoardo Mortara Keluar Sebagai Juara Formula E Seri Marrakesh ePrix

Edoardo Mortara Keluar Sebagai Pemenang Formula E Seri Marrakesh ePrix

Kemenangan di Marrakesh ePrix ini merupakan kemenangan ketiga yang didapat oleh Edorado Mortara serta menjadikannya pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di musim ini.

Autos.id –  Pembalap tim Venturi, Edoardo Mortara keluar sebagai pemenang seri ke 10 Formula E Musim 2021-22 Di seri Marrakesh ePrix. Pembalap asal Swiss tersebut berhasil mengungguli pembalap tim Techeetah, Antonio Felix Da Costa, dan pemenang seri Jakarta ePrix, Mitch Evans yang masih-masih menempati podium kedua dan ketiga.

Dengan kemenangan ketiganya musim ini membuat Mortarao merebut posisi puncak klasmen yang sebelumnya ditempati oleh pembalap tim Mercedes-EQ, Stoffel Vandoorne.

Edoardo Mortara Keluar Sebagai Pemenang Formula E Seri Marrakesh ePrix

Jalannya Balapan

Balapan Marrakesh ePrix sendiri berlangsung selama 45 menit plus 1 lap dan menghadirkan persaingan ketat semenjak balapan ini dmulai. Saling aksi overtake atau salip menyalip mewarnai jalannya balapan yang berlangsung di Circuit International Automobile Moulay El Hassan pasa Dabtu (2/7/2022) sore hari tersebut.

Misalnya seperti diawal lomba dimana Mitch Evans yang start di posisi ketuju bisa menyalip 2 pembalap sekaligus yaitu Olver Askew (Andretti), dan Pascal Wehrlerin (Porsche) untuk memperebutkan posisi kelima. Meskipun begitu, Wehlrein berhasil merebut kembali posisi kelima dari pemenang seri Jakarta ePrix tersebut.

Diposisi terdepan, Antonio Felix da Costa yang start dari pole position juga mendapat perlawanan yang ketat dari Edorardo Mortara dan rekan setimnya, Jean-Eric Vergne. Sekitar 15 menit balapan berlangsung, beberapa pembalap mulai memanfaatkan Attack Mode untuk bisa menyalip pembalap yang ada didepannya.

Misalnya seperti Oliver Rowland yang start dari posisi ke 11 berhasil menyalip satu persatu pembalap dan mulai mendekati posisi 6 besar. Lalu diwaktu yang bersamaan, Mortara akhirnya berhasil menyalip da Costa dan mengambil alih pimpinan balapan. Bahkan Rowland juga sudah mulai masuk ke posisi 3 besar beberapa menit setelahnya meskipun harus kembali turun posisi setelahnya.

5 pembalap yaitu Mortara, da Costa, Vergne, Lucas di Grasi (Venturri), dan Stoffel Vandoorne berhasil mendapat Fanboost dan mendapatkan ekstra tenaga sekitar 20 Hp pada mobil mereka. Dibarisan terdepan Mortara masih memimpin jalannya balapan, namun da Costa tidak menyerah untuk bisa mengejar pembalap tim Venturri tersebut dan hanya berselih dibawah 1 detik setiap lapnya.

Pada sekitar 10 menit menjelang balapan berakhir, Vergne berhasil menyalip da Costa untuk bisa mengejar Mortara. Namun karena Vergne memiliki sisa baterai 2% lebih sedikit dari da Costa membuat pembalap asal Prancis tersebut harus kembali disalip da Costa. Dan beberapa lap menjelang finish, persaingan antara Mortara dan da Costa justru semakin sengit dan meneganggkan.

Lalu disaat yang hampir bersamaan, Vergne juga harus disalip oleh Mitch Evans dan merelakan spot podium terakhir di balapan tersebut. Hingga akhir balapan, Mortara keluar sebagai pemenang disusul oleh da Costa dan Evans yang menempati podium kedua dan ketiga. Vergne sendiri harus puas finish diposisi keempat didepan pembalap Venturi Lucas di Grassi.

Melengkapi posisi 10 besar dari urutan 6 hingga 10 secara berurutan ada Nyck de Vries (Mercedes-EQ), Jake Dennis (Andretti), Stoffel Vandoorne (Mercedes-EQ),  Sam Bird (Jaguar), dan Oliver Rowland (Mahindra). Dengan kemenangan ini membuat Mortara mengambil alih pemimpin klasmen sementara dengan 139 poin dan unggul 11 poin atas Jean-Eric Vergne. Sedangkan Stoffel Vandoorne harus turun keposisi 3 dengan 125 poin dan hanya unggul 1 poin atas Mitch Evans.

Balapan Formula E selanjutnya akan berlangsung di New York di Sirkuit Jalan Raya Brooklyn dalam seri New York ePrix. Rencananya seri ini akan menghadirkan 2 balapan sekaligus yaitu pada tanggal 16 dan 17 Juli mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Bagaimana Trident fair melawan Lamborghini dan Porsche pada 2023? Autos.id – Beberapa waktu lalu, Maserati mengungkapkan mobil trek edisi spesial yang disebut Project24, yang...

Balap

Seri London ePrix merupakan 2 seri venue terakhir di musim 2021-22 ini dengan hadirnya 2 balapan utama yang akan berlangsung sepanjang akhir pekan ini....

Balap

Kemenangan pada race kedua Formual E seri New York City ePrix ini adalah yang pertama diraih Antonio Felix Da Costa sepanjang musim ini. Autos.id...

Balap

Ini merupakan kemenangan pertama Nick Cassidy diajang balap Formula E semenjak keikutsertaan pertamanya pada musim 2021 silam. Autos.id – Race pertama seri Formula E...