Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Aleix Espargaro Blunder, Fabio Quartararo Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Catalunya

Aleix Espargararo Melakukan Blunder, Fabio Quartararo Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Catalunya
Fabio Quartararo

Balapan MotoGP Catalunya kali ini diwarnai dengan berbagai insiden kecelakaan dan blunder yang dilakukan Aleix Espargaro sehingga gagal meraih podium di balapan kandangnya tersebut.

Autos.id – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo keluar sebagai pemenang balapan MotoGP Catalunya. Pada balapan yang berlansung Minggu siang (6/5/2022) pembalap asal Prancis sekaligus juara dunia bertahan ini menang secara meyakinkan pada balapan yang penuh dengan drama dari awal hingga akhir lomba.

Melengkapi barisan podium ada 2 pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco yang masing-masing meraih podium kedua dan ketiga

Jalannya Balapan Yang Penuh Drama

Balapan GP Catalunya yang berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya ini berlangsung selama 24 lap. Fabio Quartararo yang start dari posisi ketiga berhasil menyalip Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan peraih pole position, Aleix Espargaro (Aprilia) selepas lampu start dipadamkan dan memimpin jalannya lomba.

Saat balapan baru memasuki tikungan pertama, insiden sudah terjadi dan melibatkan 3 pembalap. Takaaki Nakagami terjatuh dan menabrak Francesco Bagnaia dan Alex Rins (Suzuki), akibat insiden ini ketiga pembalap tersebut harus mengakhir balapannya lebih cepat. Sementara itu pembalap penggantI Repsol Honda, Stefan Bradl juga terjatuh ditikungan keempat pada lap pertama lomba dan menjadi pembalap keempat yang gagal finish.

Aleix Espargararo Melakukan Blunder, Fabio Quartararo Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Catalunya

Setelah insiden yang terajdi di lap pertama, Quartararo langsung tancap gas dan mulai memperlebar jarak dari Aleix Espargaro dan 2 pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin dan Johann Zarco. Memasuki lap kelima, pembalap tim Monney VR46, Marco Bezzecchi terjatuh ditikungan kelima sehingga menjadi pembalap berikutnya yang gagal melanjutkan lomba.

Lalu pada lap kedelapan, giliran Enea Bastianini yang juga mengalami kecelakaan. Pembalap tim Gresini Ducati ini terjadi ditempat yang sama dengan Bezzecchi jatuh sebelumnya yaitu tikungan kelima. Kembali ke barisan depan, Quartararo terus mencoba memperlebar jaraknya serta konsisten dalam menjaga ritme balapan serta konsumsi ban yang lebih hemat.

Persaingan seru justru terjadi untuk memperebutkan posisi kedua yang melibatkan Aleix Espargaro  dan Jorge Martin dimana kedua pembalap ini saling silih berganti menyalip satu sama lain. Pada 1 lap menjelang finish, kesalahan fatal dilakukan oleh Aleix Espargaro. Mengira bahwa balapan telah usia ia malah justru memperlambat motornya setelah melewati garis finish.

Namun balapan masih menyisakan satu lap dan membuat Espargaro membuang peluang untuk bisa finish di posisi podium. Jagoan tuan rumah ini pun harus puas finish di posisi kelima dibelakang pembalap tim Suzuki, Joan Mir. Fabio Quartararo sendiri akhirnya keluar sebagai pemenang MotoGP Catalunya. Posisi kedua dan ketiga sendiri ditempati 2 pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Aleix Espargararo Melakukan Blunder, Fabio Quartararo Keluar Sebagai Pemenang MotoGP Catalunya

Peraih Podium MotoGP Catalunya 2022, Johann Zarco (Kiri), Fabio Quartararo (Tengah), dan Jorge Martin (Kanan)

Melengkapi posisi 10 besar dari posisi 6 hingga 10 dibelakan Aleix Espargaro ada Luca Marini (Monney VR46), Maverick Vinales (Aprilia), Brad Binder (Red Bull KTM), Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan Alex Marquez (LCR Honda). Berkat kemenangan di GP Catalunya ini, Fabio Quartararo berhasil memperlebar keunggulan dipuncak klasmen dengan 147 poin.

Posisi kedua klasmen ditempati oleh Aleix Espargararo dengan 125 poin serta Enea Bastianini yang masih berada diposisi ketiga klasmen dengan 94 poin. Seri MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Sachenring pada 17 hingga 19 Juni mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Balap

Kemenangan pada GP Inggris ini merupakan kemenangan keempat yang diraih oleh Francesco Bagnaia sepanjang MotoGP musim 2022 kali ini. Autos.id – Setelah libur paruh...

Balap

Balapan GP Belanda akhir pekan ini akan menjadi balapan terakhir pada paruh pertama musim ini sebelum nantinya akan ada summer break selama 1 bulan....

Balap

Dengan kemenangan di Sirkuit Sachsenring kali ini, Fabio Quartararo akhirnya menjadi raja baru di sirkuit tersebut karena Marq Marquez harus absen pada GP Jerman...

Balap

Balapan GP Jerman kali ini akan sangat berbeda mengingat raja GP Jerman, Marq Marquez masih harus absen karena masih dalam penyembuhan akibat operasi pada...