Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Dalam Kondisi Hujan, Miguel Oliveira Juarai MotoGP Thailand 2022

Berlangsung Dalam Kondisi Hujan, Miguel Oliveira Memenangi MotoGP Thailand 2022

Dengan hasil balapan MotoGP Thailand 2022 ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2022 ini kembali menjadi lebih seru dan ketat.

Autos.id – MotoGP musim 2022 memasuki seri ke 17 pada gelaran GP Thailand. Pada balapan yang berlangsung di Chang International Circuit, Buriram, Thailand tersebut berlangsung dalam kondisi cuaca hujan deras. Pada balapa tersebut pembalap tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira keluar sebagai pemenang balapan kali ini sekaligus menjadikannya “Rain Master” di musim 2022 ini.

Ini merupakan kemenangan kedua Miguel Oliveira musim ini setelah kemenangan di Sirkuit Mandalika, Indonesia pertengahan Maret lalu yang juga berlangsung dalam kondisi hujan.

Berlangsung Dalam Kondisi Hujan, Miguel Oliveira Memenangi MotoGP Thailand 2022

Jalannya Balapan.

Balapan MotoGP Thailand direncanakan berlangsung selama 25 lap dan dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat. Namun cuaca hujan deras yang mengguyur sirkuit membuat balapan sempat ditunda hampir selama 1 jam. Hingga akhirnya pada pukul 15.55 waktu setempat balapan GP Thailand bisa digelar dalam kondisi yang masih 100% lintasan basah.

Saat balapan dimulai, pembalap tim VR46, Marco Bezzechi yang start dari pole position berhasil mempertahankan posisinya meskipun sempat menyenggol pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin. Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang saat ini memimpin klasmen justru melebar ditikungan keempat pada lap pertama lomba.

Quartararo yang start dari posisi keempat ini langsung melorot hingga ke posisi ke 17 selepas lap pertama meskipun ia start dari posisi keempat. Rival terdekatnya, Francecso Bagnaia yang start dari posisi kedua terus membututi Bezzechi. Ancaman mulai datang dari Miguel Oliveira yang sudah berada di posisi 5 besar selepas lap ketuga. Pembalap tim Red Bull KTM asal Portugal ini terkenal sangat kuat pada balapan yang berlangsung di kondisi basah.

Bahkan pada lap kedelapan, Oliveira naik keposisi 3 setelah menyalip Jorge Martin dan Marco Bezzechi yang penampilannya justru terus menurun. Lalu duel berikutnya Oliveira yang berhasil memenangi duel antara sesama pembalap spesialis lintasan basah Jack Miller untuk memperubatkan posisi kedua. Hasilnya pada lap 15, Oliveira berhasil menyalip Miller dan mulai memburu posisi Bagnaia yang memimpin didepan.

Berlangsung Dalam Kondisi Hujan, Miguel Oliveira Memenangi MotoGP Thailand 2022

Lalu beberapa lap setelahnya Oliveira berhasil menyalip Bagnaia dan mengambil alih pimpinan lomba dan berhasil ia pertahankan hingga finish. Sedangkan duel antara rekan setim Ducati Lenovo, Jack Miller dan Francesco Bagnaia untuk memperebutkan posisi kedua berhasil dimenangka oleh Miller. Hingga akhir balapan Oliveira berhasil keluar sebagai pemenang disusul Miller dan Bagnaia.

Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Marq Marquez (Repsol Honda) melengkapi posisi 5 besar balapan didepan pembalap tim Gresini Ducati, Enea Bastianini. Marco Bezzechi yang start dari pole position harus puas finish diposisi 16 tanpa meraih poin. Ia berada satu posisi lebih baik dibandingkan Fabio Quartararo yang finish diposisi 17 juga tanpa poin. Sedangkan Aleix Espargaro yang juga menjadi kandidat perebut gelar juara dunia harus puas finish diposisi 11.

Bagi Oliveira, ini merupakan kemenangan keduanya dimusim ini sekaligus menegaskan dirinya penguasa balapan dalam kondisi basah. Sebelumnya pada gelaran GP Indonesia di Pertamina Mandalika Circuit, Oliveira juga keluar sebagai pemenang pada balapan yang juga berlangsung di kondisi lintas basah seluruhnya.

Berlangsung Dalam Kondisi Hujan, Miguel Oliveira Memenangi MotoGP Thailand 2022

Untuk klasmen sendiri, persaingan perebutan gelar juara dunia menjadi lebih seru lagi. Fabio Quartararo masih memimpin klasmen dengan 219 poin. Namun juara dunai bertahan ini kini hanya unggul 2 poin atas Francesco Bagnaia diposisi kedua dengan 217 poin. Aleix Espargaro masih berada diposisi ketiga klasmen dengan 199 poin.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australai dalam gelaran GP Australia yang akan berlangsung pada 14 hingga 16 Oktober mendatang. Masih ada 3 seri tersisa sebelum musim 2022 ini berakhir dan persaingan gelar juara dunia menjadi semakin menarik dan menegangkan, siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP musim ini?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Balap

Dengan gelar juara dunai yang diraih oleh Francesco Bagnaia, membuat dirinya menjadi orang Italia pertama yang kembali merebut gelar juara dunia MotoGP sejak Valentino...

Balap

Meskipun meraih kemenangan di GP Malaysia kali ini, Francesco Bagnaia masih belum bisa merebut gelar juara dunia MotoGP musim ini karena Fabio Quartararo masih...

Balap

Gagalnya Fabio Quartararo menyelesaikan balapan dan podium ketiga yang diraih Francesco Bagnaia membuat pebalap Ducati ini mengambil alih pimpinan klasemen dengan 2 balapan tersisa....

Balap

Bendera merah putih berkibar, Veda raih podium tertinggi Kejuaraan Balap IATC Thailand, Autos.id – Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih podium...

error: Content is protected !!