Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Seri Terakhir Di GP Valencia, Francesco Bagnaia Tampil Sebagai Juara Dunia MotoGP Musim 2022

Finish Kesembilan Di GP Valencia, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Juara Dunia MotoGP Musim 2022

Dengan gelar juara dunai yang diraih oleh Francesco Bagnaia, membuat dirinya menjadi orang Italia pertama yang kembali merebut gelar juara dunia MotoGP sejak Valentino Rossi ditahun 2009 silam.

Autos.id – Pertarungan panjang MotoGP musim 2022 telah memasuki puncaknya. Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol menjadi saksi penentuan siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP musim 2022 antara Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo. Dan pada akhirnya Bagnaia yang keluar sebagai juara dunia musim 2022 meskipun hanya finish di posisi 9.

Balapan GP Valencia sendiri dimenangkan oleh pembalap tim Suzuki, Alex Rins yang sekaligus menjadi kado perpisahannya dengan Suzuki yang akan meninggalkan MotoGP di akhir tahun ini.

Finish Kesembilan Di GP Valencia, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Juara Dunia MotoGP Musim 2022

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Valencia sendiri berlangsung sebanyak 30 lap dalam kondisi cuaca yang cukup cerah. Start dari posisi 9, Francesco Bagnaia berhasil naik hingga keposisi 6 tepat dibelakang pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo. Kedua pembalap ini bahkan sempat bersenggolan  saat memasuki lap kedua. Beruntung kedua pembalap ini mampu melanjutkan lomba.

Pada lap keenam, Aleix Espargaro terpaksa harus menyudahi balapannya pada lap keenam. Motor pembalap tim Aprilia ini mengalami masalah dan masuk pit hingga membuatnya gagal finish balapan.  Lalu pada ke 10, pembalap tim Repsol Honda, Marq Marquez harus menyudahi balapannya. Juara dunia 6 kali kelas premier ini terjatuh ditikungan 8 saat berada diposisi podium.

Memasuki lap ke 15, pembalap tim Suzuki Alex Rins mengambil alih pimpinan lomba setelah ia berhasil menyalip pembalap tim Pramac Ducati, Jorge Martin. Lalu Jack Miller berada diposisi ketiga dan unggul sekitar 2 detik atas Quartararo yang berada diposisi keempat. Bagnaia sendiri sendiri bahkan harus turun hingga ke posisi 7 meskipun peluang terbesar juara dunia masih berada ditangannya.

Finish Kesembilan Di GP Valencia, Francesco Bagnaia Keluar Sebagai Juara Dunia MotoGP Musim 2022

Lalu pada 6 lap menjelang finish, Quartararo disalip oleh pembalap tim Red Bull KTM, Brad Binder dan turun ke posisi 5. Sedangkan Bagnaia juga terus turun hingga ke posisi 9 setelah disalip calon rekan setimnya musim depan, Enea Bastianini. Lalu pada 5 lap menjelang finish, pembalap tim Ducati Jack Miller mengalami nasib sial karena terjatuh ditikungan 8 saat berada diposisi podium. Hal tersebut membuat Binder naik ke posisi tiga dan naik lagi keposisi kedua setelah menyalip Jorge Martin 1 lap setelahnya.

Dan hingga balapan berakhir, Rins berhasil mengunci kemenangan di GP Valencia sekaligus menjadi kado perpisahan yang indah bagi Suzuki yang akan meninggalkan MotoGP akhir tahun ini. Dibelakang Rins ada Brad Binder dan Jorge Martin yang melengkapi posisi podium. Francesco Bagnaia yang finish nomor 9 berhasil keluar sebagai juara dunia karena Fabio Quartararo hanya finish diposisi 5.

Diklasmen akhir pembalap, Bagnaia mengumpulkan 268 poin alias unggul 17 poin Quartararo yang mengumpulkan 248 poin. Ini merupakan gelar juara dunia pembalap pertama bagi tim Ducati setelah terakhir diraih ditahun 2007 bersama Casey Stoner. Selamat bagi Francesco Bagnaia dan tim Ducati untuk keberhasilannya menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Keberhasilan Bagnaia merebut kategori BMW M Award ini berkat penampilan bagusnya selama sesi kualifikasi MotoGP musim 2022 ini. Autos.id – Kesuksesan Francesco Bagnaia sebagai...

Balap

Meskipun meraih kemenangan di GP Malaysia kali ini, Francesco Bagnaia masih belum bisa merebut gelar juara dunia MotoGP musim ini karena Fabio Quartararo masih...

Balap

Gagalnya Fabio Quartararo menyelesaikan balapan dan podium ketiga yang diraih Francesco Bagnaia membuat pebalap Ducati ini mengambil alih pimpinan klasemen dengan 2 balapan tersisa....

Balap

Dengan hasil balapan MotoGP Thailand 2022 ini membuat persaingan perebutan gelar juara dunia musim 2022 ini kembali menjadi lebih seru dan ketat. Autos.id –...