Reviews

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia – Sama Kuatnya Tapi Lebih Murah

Pada kesempatan ini Autos melakukan review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia. Inilah varian mesin baru dari Jaguar F-Pace yang dijual di Indonesia. Apa saja kelebihannya?

Jakarta, Autos.id – Tren mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) kini meningkat dibanding sedan. Begitu komentar Roland Staehler, Chief Operating Officer PT Wahana Auto Ekamarga ketika Autos.id menanyakan apa alasannya begitu agresif memperkenalkan Jaguar F-Pace.

F-Pace merupakan SUV kebanggaan Jaguar yang umurnya memang baru seumur jagung. Namun F-Pace sudah bisa melecut ke permukaan dan menarik perhatian karena baru saja diberi predikat sebagai World Car of the Year 2017 di New York Auto Show. “F-Pace merangkum semua kelebihan yang disuguhkan oleh Jaguar. Yakni desain yang menawan, interior mewah, ketangguhan berkendara, dan teknologi mutakhir,” lanjut Roland.

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia

Tatapan Tajam Tampak Depan

Berbeda dengan Range Rover Evoque yang menonjolkan karakter ketangguhan dan durabilitasnya, F-Pace lebih membawa karakter sporty dan performa berkendara khas Jaguar. “Namun dibalut desain yang stylish,” timpal Tommy Handoko, Sales Planning, Product Dealer Standard and Import Manager PT Wahana Auto Ekamarga.

Karenanya, kata dia, cukup sukses dengan F-Pace bermesin 3.0-liter, kini PT Wahana Auto Ekamarga sebagai distributor resmi Jaguar Land Rover di Indonesia memperkenalkan F-Pace dengan mesin yang lebih kecil. Tapi jangan dulu mencibir Kawan Autos, karena meski mesinnya kecil, tapi tenaganya setara yang bermesin 3.000 cc. Lho kok bisa?

Berikut akan kami ulas mendetil mengenai review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia, yang baru saja diluncurkan, Kamis (12/10/2017) di Jakarta.

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia

Buritannya Tetap Seksi

Eksterior
Ketika kami melakukan review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia yang terbayang pastilah F-Pace sebelumnya yang bermesin 3.000 cc V6. Dan dibanding “Sang Kakak”, F-Pace bermesin lebih kecil ini punya tampang yang tak jauh berbeda. Lampu utamanya tetap sama juga masih terkoordinasi dengan Daytime Running Light (DRL). Kemudian lekuk-lekuk kap mesin juga masih serupa.

Bentuk gril juga masih sama, yang tepat dibagian tengah ada logo khas Jaguar. Yang beda ada pada bentuk bumper depannya. Pada kisi-kisi udara bagian bawah, kalau untuk yang bermesin 3.000cc ada aksen silver, sedangkan F-Pace 2.0 warnanya senada bodi. Lalu di atas foglamp, untuk varian mesin baru ini ada aksen garis horizontal.

Selanjutnya yang tampak berbeda adalah bentuk pelek. Untuk unit F-Pace 2.0 yang dipajang ini, memakai pelek ring 20 inci multi spoke berkelir silver. Lalu di belakang, meski sama-sama masih pakai sistem dual muffler, bentuk lower bumper juga agak berbeda dengan varian mesin 3.0-liter. Lalu sebagai identitas, ada emblem “2.5t AWD” di pintu bagasi belakang sebelah kanan.

Jaguar F-Pace 2.0

Pas untuk Dipakai di Perkotaan

Interior
Karena ini cuma sekedar varian baru, maka tak ada perbedaan berarti pada sisi ruang kabin. Layout dashboardnya tetap sama dengan F-Pace 3.0, posisi konsol tengah, transmisi, dan drive mode juga tetap sama. Tetapi kini panel instrument dari F-Pace 2.0 menggunakan LED 12,3 inci.

Selanjutnya perbedaan lain ada pada kombinasi warna di ruang kabin ini. Jika dashboard dan doortrim menggunakan warna hitam, maka untuk pelapis joknya pakai warna putih. Namun menurut Tommy, pelapis jok ini bisa dipersonalisasi sesuai keinginan konsumen. “Bisa pilih warna, mau putih, hitam, atau abu-abu,” katanya.

Kemudian di belakang, saat melakukan review Jaguar F-pace 2.0 di Indonesia, model ini juga mampu memberikan visualisasi berupa ruang bagasi yang lapang. Dan pintu bagasi ini bisa dibuka otomatis tanpa perlu menekan tombol open di bagasi atau pada anak kunci. Caranya hanya dengan memberikan gesture kaki dibagian bawah bumper belakang, tepatnya di antara knalpot kiri dan kanan.

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia

Panjang 4.7 meter Tak Terlalu Gambot

Dimensi
Unit review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia ini memiliki panjang 4.731 mm, lebar 2.175 mm, tinggi, 1.693 mm, serta jarak sumbu roda 2.874 mm. Sementara itu jarak ground clearance dari model ini 213 mm, cukup tinggi untuk menerjang jalan-jalan yang kurang bersahabat atau tetiba mendapati genangan air kala hujan lebat.

Untuk kaki-kakinya sendiri, model yang dipajang ini menggunakan pelek ring 20 model multi spoke berkelir silver. Pelek ini dikombinasikan dengan ban ukuran 255/50 R20. Namun kalau Kawan Autos tidak puas dengan pelek ini, ada 17 pilihan model pelek lainnya yang disediakan pihak Jaguar mulai dari ukuran 18 inci sampai 22 inci. Tentunya ada tambahan harga jika mengganti pelek ini.

Pada bagian belakang, pada kondisi normal, Jaguar menyediakan bagasi dengan kapasitas sampai 650 liter. Tapi kalau barang yang dibawa sangat banyak, maka jok baris kedua bisa ditekuk dengan kombinasi 40:20. Dan kapasitas bagasi dapat meningkat sampai 1.380 liter.

Jaguar F-Pace 2.0

Mesin Lebih Efisien

Mesin
Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia ini tentu fokus utamanya ada pada mesin di bagian bonet. Karena ini adalah varian mesin dari F-pace sebelumnya. Mesin yang dipikul adalah mesin Ingenium 2.0-liter 4 silinder Turbocharged. Tenaga puncaknya 250 hp dan torsi maksimum 365 nm. Menariknya, torsi puncak tersebut sudah bisa didapat sejak putaran mesin 1.200 – 4.500 rpm.

Nah mesin baru bermaterial aluminium ini menggunakan kode AJ200P Mid, sementara mesin lamanya menggunakan kode GTDI. Mesin 2.0-liter GTDI ini hanya menghasilkan tenaga 240 hp dan 340 nm, serta lebih berat 4,1 kg dibandingkan mesin aluminium ini.

Sementara itu kalau dibandingkan F-Pace 3.0 bermesin 3.000 cc V6 Supercharged, Sang Kakak memiliki tenaga maksimum 340 hp dengan torsi 450 nm yang tersedia di 4.500 rpm. Kemampuan sprint dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam ditempuh dalam 5,8 detik, sementara untuk yang mesin 2.0 meraih catatan waktu 6,8 detik.

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia

Panoramic Roof

Fitur
Selain mesin, yang istimewa dari model ini adalah mobil menggunakan struktur bodi yang 80% berbahan aluminium. Selain itu ada juga fitur unggulan berupa All Surface Progress Control (ASPC). Sistem ini berupa low speed cruise control yang bisa menjaga kecepatan mobil tetap stabil antara 3,6 km/jam smapai 30 km/jam.

Di samping itu, tentunya ada sederet fitur keselamatan unggulan lain. Seperti Auto Emergency Brake, Line Departure Warning, Blind Spot Monitor, Park Assist, dan Parking Camera dengan sistem 360 derajat. Lalu ada juga Auto Start Stop engine yang memungkinkan mesin mati saat pedal rem diinjak dalam beberapa detik, seperti saat berhenti di lampu merah.

Untuk perangkat hiburannya sudah disediakan monitor 10,2 inci dibagian tengah dashboard. Dengan sistem layar sentuh, monitor ini juga sudah dilengkapi dengan navigasi, serta tersambung dengan Meridian Surround Sound System untuk menghasilkan kualitas audio yang apik selama perjalanan.

Review Jaguar F-Pace 2.0 di Indonesia

Transmisinya

Spesifikasi

Tabel Spesifikasi Jaguar F-Pace di Indonesia
Spesifikasi 3.0-liter V6 Supercharged 2.0-liter Turbocharged
Dimensi
Panjang (mm) 4731
Lebar (mm) 2175
Tinggi (mm) 1693
Jarak Sumbu Roda (mm) 2874
Kapasitas Tangki BBM (liter) 63
Mesin
Tipe 6 Silinder Supercharged Gasoline 4 silinder Turbocharged Gasoline
Kapasitas (cc) 2.995 1.997
Tenaga maksimum (hp/rpm) 340 / 6500 250 / 5500
Torsi Maksimum (nm/rpm) 450 / 4500 365 / 1200 – 4500
Jenis Bahan Bakar Gasoline Tanpa Timbal
Transmisi
Tipe CVT with Earth Dreams Technology
Sasis
Sistem Penggerak All Wheel Drive
Suspensi Depan Aluminium Double Wishbone
Suspensi Belakang Integral Link
Rem Depan Ventilated Disk Brake
Rem Belakang Disk Brake
Ukuran Ban 265/40 R22 255/50 R20
Tipe Velg Velg Alloy
Fitur
Airbag Pengemudi v v
Airbag Penumpang Depan v v
Side Airbag v v
Curtain Airbag v v
Seatbelt Pengemudi v v
Seatbelt Penumpang Depan v v
Seatbelt Penumpang Belakang v v
ISOFIX v v
Immobilizer v v
Keyless Entry v v
One Push Ignition System v v
EPS v v
ABS v v
EBD v v
VSA v v
Auto Emergency Brake v v
Park Assist v v
Parking Kamera v v
HSA v v
ASPC v v
Blind Spot Monitor v v
Line Departure Warning v v

Harga

Daftar Harga Jaguar F-Pace di Indonesia
Jaguar F-Pace 3.0 V6 Supercharged Gasoline Rp 1.999.000.000
Jaguar F-Pace 2.0 Turbocharged Gasoline Rp 1.549.000.000
* Harga tersebut adalah off the road Jakarta

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top