UD Truck

UD Trucks Kuzer RKE 150: Truk yang Mudah Dikendarai

Truk identik dengan citra kendaraan besar yang tidak bisa dikendarai oleh semua orang. Makanya, stigma bahwa pengemudi truk memiliki keahlian mengemudi yang tinggi masih berlaku sampai hari ini. Memang mengemudikannya lebih sulit daripada mobil-mobil penumpang biasa, tapi ada sebuah truk yang ternyata mudah dikendarai. Itu adalah UD Trucks Kuzer RKE 150.

Jakarta, Autos.id – UD Trucks Kuzer RKE 150 adalah sebuah truk yang masuk ke dalam kelas light duty truck. Truk yang baru dipasarkan pada awal 2019 ini hadir dalam dua pilihan varian, yakni WB 3350 HD dan WB 3850 HD. Dilihat dari seri angkanya saja, bisa ditebak kalau varian WB 3350 HD mampu mengangkut beban maksimal hingga 33 ton, dan 38 ton untuk tipe WB 3850 HD.

Lantaran memiliki kapasitas angkut barang yang lebih banyak, tentu saja UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850 HD memiliki dimensi yang lebih panjang dari varian WB 3350 HD. Untuk diketahui, WB 3850 memiliki panjang 7,1 m, alias hampir satu meter lebih panjang dari varian WB 3350 HD yang panjangnya adalah 6,2 m.

Kebetulan sekali, kemarin kami mendapat kesempatan untuk menjajal UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850 HD. Walau pengujian hanya dilakukan di area yang terbatas dan waktu yang singkat, tapi setidaknya kami bisa menceritakan kepada Anda tentang bagaimana rasanya mengendarai truk yang harganya mendekati Rp 350 juta ini.

UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850 HD memiliki panjang 7,1 m

Masuk ke kabin WB 3850 HD ini tidaklah sulit karena adanya dua anak tangga. Bagi orang yang baru bisa mengendarai truk, mungkin mereka perlu sedikit adaptasi dengan tuas transmisinya. Bukan karena letaknya yang berbeda dari truk pada umumnya, tapi pengoperasiannya mungkin tidak sama dengan kebanyakan truk.

Sebagai gambaran, untuk masuk gigi satu, kita harus menggeser tuas perseneling ke kiri lalu ke belakang. Jika Anda biasanya langsung berjalan dari gigi dua, maka tuas transmisi di geser ke kiri lalu ke depan. Untuk mundur, geser tuas perseneling sampai habis, lalu ke depan. Setelah paham dengan cara pengoperasiannya, kami pun mulai menjalankan truk ini.

Anggapan kalau kopling truk memiliki bobot yang berat tidak kami rasakan. WB 3850 HD malah relatif ringan. Pun demikian dengan setirnya, bobotnya terasa pas sehingga memudahkan saat melakukan putar balik atau berbelok. Sebagai bukti idealnya bobot setir WB 3850 HD, kami bisa melakukan putar balik dan berbelok di lahan yang terbatas dalam sekali percobaan.

UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850 HD mempunyai mesin berkapasitas 3.760 cc

Mesin diesel yang digunakan oleh UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850 HD memiliki kapasitas sebesar 3.760 cc, yang menghasilkan tenaga sebesar 150 dk pada 2.800 rpm, dan torsi 490 Nm di 1.400 – 1.800 rpm.

Terus terang, suara mesin diesel-nya tidak terlalu halus, raungan mesin akan terdengar lebih jelas saat kita menginjak gas lebih dalam untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Tapi di sisi lain, besarnya torsi mesin sudah terasa sejak putaran bawah, yang mana hal ini akan sangat membantu pengemudi saat mereka membawa angkutan yang banyak.

Satu lagi poin positif yang ada pada truk ini adalah ia memiliki jok yang cukup nyaman. Selain karena faktor busa, joknya juga terbilang lebar sehingga mampu menopang badan dengan baik. Dengan demikian, pengemudi akan merasa semakin nyaman saat berkendara.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top