Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Toyota GR Starlet Hadir Sebagai Mobil Reli AWD Bermesin Turbo

Toyota GR Starley Hadir Dengan Mobil Reli AWD Bermesin Turbo

Toyota GR Starlet ini nantinya akan digunakan sebagai mobil balap reli di ajang Cape Overberg Rally atau salah satu ajang reli bergengsi di Afrika Selatan.

Autos.id  – Berbicara mengenai mobil yang digunakan untuk ajang reli, Toyota memiliki jagoan kuat dengan mobil GR Yaris-nya. Tapi di Afrika Selatan, Toyota juga memiliki mobil reli yang tidak kalah mumpuni sebagai mobil reli yaitu GR Starlet. Yang menarik basis dari Toyota GR Starlet ini bukan berbasis dari Toyota Starlet generasi terbaru yang baru diluncurkan di negara tersebut, melainkan dari basis Toyota Glanza generasi sebelumnya.

Sama seperti Toyota GR Yaris, Toyota GR Starlet juga hadir dengan konfigurasi mesin turbo dan penggerak All-Wheel Drive.

Toyota GR Starley Hadir Dengan Mobil Reli AWD Bermesin Turbo

Dikembangkan Langsung Oleh Gazoo Racing

Seperti yang dilansir Carscopps pada Senin (30/5/2022), Toyota GR Starlet ini juga dikembangkan langsung oleh divisi Motorsport Toyota yaitu Gazoo Racing. Mulai dari bodykit serta livery yang digunakan juga merupakan racikan khusus dari Gazoo Racing yang kurang lebih sama digunakan oleh Toyota untuk GR Yaris yang digunakan ajang World Rally Championship.

Seperti yang sudah disampaikan diawal, basis dari mobil reli ini berasal dari Toyota Glanza generasi sebelumnya atau yang juga disebut sebagai kembaran Suzuki Baleno. Ada beberapa ubahan dan modifikasi yang diberikan oleh GR. Seperti front and rear fender add-ons, air scoop di kap mesin, serta roof scoop dibagian atap.

Tidak ketinggalan spoiler belakang mobil ini juga diubah dengan bentuk yang lebih besar. Tidak ketinggalan penggunaan ban MT yang disesuaikan dengan spesifikasi untuk mobil reli. Beralih ke bagian dalam, ubahan yang diberikan seperti menghilangkan kursi baris kedua dan diganti dengan roll bar yang sudah standar FIA. Tidak ketinggalan perubahan lainnya meliputi penggunaan kursi bucket dan seat belt 5 titik dan juga safety kit.

Toyota GR Starley Hadir Dengan Mobil Reli AWD Bermesin Turbo

Mesin Turbo dan AWD

Perubahan terbesar ada pada bagian kap mesin mobil ini. Toyota GR Starlet hadir dengan mesin yang jauh lebih perkasa yaitu 2.000 cc, 4 silinder, dilengkapi dengan Turbo. Meskipun begitu Toyota tidak memberikan detail mengenai spesifikasi mesin GR Starlet ini. Namun banyak yang menduga tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 200 Hp lebih.

Yang menarik lagi, bila Toyota Glanza atau Toyota Starlet versi standar yang baru saja diluncurkan menggunakan penggerak roda depan atau FWD, mobil ini menggunakan penggerak All-Wheel Drive atau AWD. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan dengan transmisi berjenis Sequential Gearbox. Toyota GR Starlet juga diberikan Reiger dampers, rem alcon, serta velg racing yang akan memaksimalkan performa dari mobil ini di berbagai kondisi.

Toyota GR Starlet sendiri akan melakukan debut-nya pada ajang Cape Overberg Rally di Afrika Selatan. Nantinya mantan juara nasional reli Afrika Selatan, Guy Botterill bersama co-driver Simon Vacy-Lyle akan berada dibalik kemudi mobil ini pada ajang reli tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Hadirnya Toyota Camry dengan versi GR ini akan melengkapi varian GR Series dari Toyota yang dikhususkan untuk kebutuhan motorsport. Autos.id – Pabrikan otomotif besar...

Mobil

Toyota GR Corolla yang akan diproduksi sebanyak 8.000 unit tahun ini, akan menurun 6.000 unit pada tahun depan. Autos.id – Baru-baru ini Toyota baru...

Mobil

Kabarnya,  Toyota GR Corolla akan menggunakan konfigurasi hatchback dan akan masuk dalam segmen Hot Hatchback melawan beberapa mobil lainnya. Autos.id – Setelah sukses dengan...

Mobil

Kedua mobil konsep dari Toyota Gazoo Racing ini akan debut diajang Tokyo Auto Salon 2022 yang menjadi versi yang lebih kencang serta mendekati spek...