Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota Sedang Kembangkan Teknologi Swakemudi Untuk GR Yaris

Toyota Sedang Mengembangkan GR Yaris Yang Bisa Mengemudi Sendiri Saat Digunakan Di Sirkuit

Nantinya teknologi mengemudi sendiri di trek balap ini menjadi salah satu inovasi terbaru yang mungkin belum pernah dilakukan oleh pabrikan manapun.

Autos.id – Toyota GR Yaris bisa dibilang menjadi salah satu bukti Toyota dapat menghadirkan mobil performa tinggi yang memiliki rasa yang berbeda di antara mobil performance lainnya. Mobil yang dibangun untuk kebutuhan ajang balap reli dunia WRC ini jadi salah satu mobil yang dicari saat ini. Tidak berhenti disitu, Toyota bahkan sedang mengembangkan sebuah teknologi unik yang nantinya akan disematkan pada GR Yaris.

Teknologi tersebut adalah autonomous driving atau swakemudi bukan di jalan raya melainkan di dalam sirkuit balap.

Toyota Sedang Mengembangkan GR Yaris Yang Bisa Mengemudi Sendiri Saat Digunakan Di Sirkuit

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan

Disadur dari AutoIndustriya pada Senin (14/11/2022), sistem swakemudi yang bisa dilakukan di sirkuit atau track balap ini akan memanfaatkan Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan. Dengan bantuan kecerdasan buatan yang sepenuhnya dibantu oleh sistem komputer ini, membuat mobil ini bisa meliuk-liuk di dalam track tanpa perlu dikemudikan secara langsung.

Dalam pengembangan ini, tim spesialis AI dari Toyota Research Institute, teknologi yang akan diberi nama “Driving Sensei” ini akan menghadirkan sebuah perangkat baru yang akan mengontrol pergerakan mobil sesuai dengan layout Sirkuit yang akan digunakan. Nantinya, baik dari putaran stir, gas, hingga rem akan disesuaikan melalui alat ini.

Dalam pengembangan ini, beberapa orang dilibatkan dalam proyek yang satu ini. Salah satunya adalah pemimpin tim Toyota Gazoo Racing WRC Team yang juga mantan pembalap reli, Jari-Matti Latvala. Nantinya Latvala akan memberikan berbagai input agar pengembangan “Driving Sensei” ini bisa memenuhi kebutuhan pebalap nantinya.

Toyota Sedang Mengembangkan GR Yaris Yang Bisa Mengemudi Sendiri Saat Digunakan Di Sirkuit

Selain itu, pengembangan “Driving Sensei” ini juga menjadi salah satu alasan dimana Toyota akhirnya menghadirkan GR Yaris bertransmisi otomatis. Nantinya, teknologi swakemudi ini bisa lebih dioptimalkan dengan penggunaan transmisi otomatis dibandingkan transmisi manual seperti yang ada pada kebanyakan GR Yaris yang beredar.

Meskipun begitu, teknologi ini tidak akan hadir dalam waktu dekat mengingat pengembangan teknologi ini membutuhkan proses yang sangat lama. Namun diharapkan teknologi ini juga bisa menjadi salah satu inovasi unik pada sebuah mobil performa tinggi yang memberikan rasa yang jauh berbeda dengan mobil kebanyakan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Selain hadir dengan mesin Turbo dan Hybrid, Toyota GR 86 akan hadir dengan platform baru yang kini berbasis dari mobil Lexus. Autos.id – Di...

Mobil

Keran pemesanan Toyota GR Yaris yang kembali dibuka ini hanya khusus untuk pasar Asutralia dengan jumlah yang sangat terbatas yaitu 160 unit. Autos.id –...

Mobil

Program modifikasi Toyota GR Yaris dari Kinto Factory yang menaikan performa mobil ini hanya berlaku untuk pemilik GR Yaris di Jepang saja. Autos.id – ...

Mobil

Hadirnya Toyota Camry dengan versi GR ini akan melengkapi varian GR Series dari Toyota yang dikhususkan untuk kebutuhan motorsport. Autos.id – Pabrikan otomotif besar...