Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Last updated on 19 Agustus, 2022

Salah satu perubahan yang paling terasa dari Toyota Vios / Yaris Ativ adalah penggunaan platform baru dari Daihatsu, DNGA.

Autos.id –  Yang ditunggu-tunggu akhirnya telah tiba! Generasi terbaru Toyota Vios atau Toyota Yaris Ativ akhirnya resmi diluncurkan di Thailand. Toyota Vios / Yaris mengalami perubahan menyeluruh, baik dari desain, fitur, mesin, hingga platform yang digunakan.

Toyota Vios generasi terbaru ini mengambil platform dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Kemungkinan besar, ia akan memiliki versi kembaran Daihatsu-nya.

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Tampilan Eksteriror

Generasi terbaru Toyota Vios ini dibuat berdasarkan konsep Daihatsu F-Concept Sedan. Konsep ini pernah dipamerkan di beberapa pameran otomotif 2017 silam. Dengan mengambil platform DNGA, kemungkinan besar akan ada versi kembaran Daihatsu-nya yang hadir nanti.

Tampilan eksterior mobil ini menggunakan desain ala sedan Toyota kelas atas, seperti Corolla Altis hingga Camry. Grill Kin Lokk khas Toyota sangat terlihat jelas pada Toyota Vios / Yaris Ativ Kemudian, tampak penggunaan bumper yang terinspirasi dari Corolla Altis dan Camery. Selain itu, pengguaan Head Lamp Projector dan DRL berbentuk L mempermanis tampilan mobil ini.

Selanjutnya, di bagian samping, Toyota Vios / Yaris Ativ konsep semi coupe mobil sedan. Hal ini terlihat dari jendela tambahan di belakang pilar C, yang kurang lebih mirip dengan Honda Civic generasi terbaru. Lalu, spion mobil ini menganut model konvensional yang diletakan di pilar A, bukan di bagian body dengan tangkai tambahan.

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Dari segi dimensi, Toyota Vios / Yaris Ativ jauh lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Panjangnya mencapai 4.425 mm (+5 mm), lebar 1.740 mm (+10 mm), tinggi 1.480 mm (+5 mm). Kemudian, perubahan dimensi yang paling signifikan adalah wheelbase 2.620 mm (+70 mm). Penambahan dimensi ini juga turut memberi kabin interior yang lebih lega.

Di bagian belakang, Ada potongan garnish pada bagian tutup bagasi. Potongan ini membelah cluster lampu belakang mobil, yang lebih kecil dan lebih bersudut dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, juga ada reflektor yang lebih diintegrasikan ke dalam elemen diffuser yang jauh lebih clean.

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Tampilan Interior dan Fitur

Bagian interior juga mendapat ubahan yang signifikan dengan desain dashboard bernuansa Mazda. Penggunaan bahan soft pad dengan lust aluminium memisahkan bagian atas dan bawah dashboard secara horizontal. Lalu, desain dashboard juga diperkuat dengan Head Unite Floating lengkap dengan konektivitas Apple CarPlay dan Andoid Auto.

Toyota Vios / Yaris Ativ hadir dengan ambient light dengan pilihan 64 warna yang bisa diatur sesuai keinginan. Toyota Vios generasi terbaru ini juga sudah menggunakan rem parkir elektrik lengkap dengan Auto Hold. Selain itu, varian tertingginya sudah dilengkapi fitur radar Toyota Safety Sense.

Generasi Terbaru Toyota Vios Resmi Meluncur Di Thailand, Seperti Ini Tampilannya!

Fitur TSS yang tersemat pada mobil ini cukup banyak. Ada Autonomous Emergency Braking, Lne Departure Warning, Lane Keep Assist, Front Vehicle Departure Alert, Adaptive Cruise Control, Pedal Misoperation Control, hingga Auto High Beam. Ada juga fitur safety standar lainnya seperti rem cakram di 4 roda, rem ABS, EBD, BA, VSC, hingga HSA.

Pilihan Mesin dan Varian Toyota Vios 2022

Toyota Vios / Yaris Ativ hadir dengan pilihan mesin 1.200 cc, 4 silinder bertenaga 94 Ps di 6.000, dan torsi 110 Nm di 4.400 rpm. Mesin berteknologi Dual VVT-I ini mengalirkan tenaganya ke roda depan. Transmisi Super CVT-i-nya diklaim memiliki konsumsi BBM hingga 23,3 km/liter dengan standar Euro 5.

Mesin 1.200 cc Toyota Vios / Yaris Ativ  diadakan karena masuknya produk ke regulasi Eco Car di Thailand. Regulasi Eco Car ini mirip dengan regulasi LCGC di Indonesia. Mesinnya juga memiliki tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal, dan Sport. Setiap mode akan mengatur putaran mesin serta respon gas sesuai dengan kebutuhan.

Toyota Vios / Yaris Ativ generasi terbaru dijual di Thailand hadir dengan 4 pilihan varian. Yang pertama adalah varian Sport dengan harga 539.000 Baht (225 juta rupiah). Kedua, varian Smart dengan harga 584.000 Baht (244 juta rupiah). Ketiga, varian premium dengan harga 659.000 Baht (276 juta rupiah). Keempat, varian tertingginya, Premium Luxury yang dijual dengan harga 689.000 Baht (288 juta rupiah).

Belum ada informasi terkait masuknya Toyota Vios / Yaris Ativ ke Indonesia. Namun, mobil ini adalah salah satu mobil yang dirakit secara lokal di Indonesia. Bukan tidak mungkin generasi terbaru dari Toyota Vios ini akan dibawa  juga oleh Toyota Astra Motor ke Indonesia. Kita nantikan saja pastinya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Rencananya Toyota Vios generasi terbaru akan diluncurkan di Thailand pada 9 Agustus mendatang dengan bebetapa perubahan yang sangat menyeluruh. Autos.id – Teka-teki menegnai kapan...

Mobil

Generasi terbaru terbaru Toyota Vios yang sudah tertangkap kamera di uji jalan ini nantinya juga akan memiliki versi Daihatsu dengan kemungkinan menggunakan platform DNGA....

Mobil

Dengan masuknya Toyota bZ4X ke Thailand ini, bukan tidak mungkin Indonesia juga akan mendapatkan mobil listrik pertama dari Toyota tersebut. Autos.id – Mobil listrik...

Mobil

Setelah muncul pertama kalinya di Indonesia pada November tahun lalu, generasi terbaru Toyota Avanza dan Toyota Veloz akan segera hadir di pasar Thailand pada...