Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

All New Honda BR-V vs All New Avanza 2022, Lebih Keren Mana?

Last updated on 18 Januari, 2022

Kedua mobil baru ini sama-sama dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System) yaitu fitur keselamatan dengan teknologi terbaru.

Jakarta, Autos.id  –  Kehadiran All New Honda BRV 2022 dan Avanza 2022 semakin membuat persaingan otomotif di tahun 2022 semakin panas. Berita tentang persaingan ini pun sudah bocor semenjak akhir tahun lalu. Kembali pada bulan September 2021, All-new 2022 Honda BR-V memulai debutnya dan sebulan kemudian, Toyota Avanza 2022 all-new mengikutinya. Apalagi, keduanya ternyata memiliki kesamaan sebagai berikut: Keduanya FWD dengan mesin 1.5L NA dan keduanya juga sudah dilengkapi dengan ADAS (Advanced Driver Assistance System)

Pada artikel ini, Autos.id mencoba membuat membandingkan Honda BR-V 2022 dan Toyota Avanza 2022 untuk mengetahui mana yang akan jadi kesukaan Anda.

Mana yang memiliki tampilan lebih menarik?

Honda BR-V 2022 sangat khas dengan desain Hondanya. Mobil ini memiliki gril depan krom Solid Wing Face. Seperti sebelumnya, ada body cladding di tepi bawah eksterior. Sementara itu, Toyota Avanza 2022 tampil kurang tangguh tanpa body cladding atau roof rail. Sehingga, desain keseluruhan lebih tajam.

Dari segi dimensi, Toyota Avanza 2022 berukuran lebih pendek dan lebih sempit dari Honda BR-V 2022 dalam hal panjang dan lebar keseluruhan. Namun, Avanza memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Manakah yang memiliki interior yang lebih nyaman?

Di dalam Honda BR-V 2022, dashboard terinspirasi oleh Honda Amaze yang laris di pasar India. Sehingga sepasang ventilasi udara simetris terpasang. Pengemudi nantinya juga akan dibantu oleh Android Auto dan Apple CarPlay. Dasbor di sisi penumpang terbuat dari soft touch material. Adapun juga port USB tambahan.

Untuk Toyota Avanza 2022, beberapa fiturnya memiliki kesamaan dengan Toyota Raize/Daihatsu Rocky dengan lipatan sudut di dasbor, ditambah beberapa switchgears seperti tuas persneling dan tombol roda kemudi.

Performa Mana yang Lebih Unggul?

Yang menggerakkan Honda BR-V 2022 adalah mesin bensin DOHC 1,5 liter dengan aspirasi normal. Mesin yang juga dimiliki Honda City generasi terbaru ini menghasilkan 121 PS dan 145 Nm. Sementara, transmisi pada mobil menggunakan CVT.

Di bawah kap Toyota Avanza 2022 juga terdapat mesin bensin DOHC 1,5 liter dengan aspirasi normal yang menghasilkan 106 PS dan 136 Nm. Tidak seperti pendahulunya dengan penggerak roda belakang, tenaga mengalir ke roda depan melalui CVT.

Dari angka peforma di atas, terlihat jelas bahwa Honda BR-V adalah yang paling unggul di antara keduanya.

All New BR-V dan All New Avanza juga dilengkapi ADAS

Baik Avanza dan BR-V telah memiliki fitur-fitur keamanan yang canggih. Untuk Varian dengan spek tertinggi dari BR-V, Honda Sensing ADAS sudah ditambahkan dan meliputi:

  • Adaptive Cruise Control(ACC)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Lane Keep Assist System (LKAS)
  • Sistem Rem Mitigasi Tabrakan (CMBS)
  • Auto High Beam  (AHB)
  • Lead Car Departure Notification (LCDN)

Pada All New BR-V terdapat enam airbag pada mobil. Dan juga ada kamera LaneWatch sebagai pengganti monitor blind spot.

Sedangkan varian dengan spek tertinggi Toyota Avanza Veloz mendapatkan enam airbag serta fitur ADAS Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi:

  • Lane Departure Assist (LDA)
  • Pedal Misoperation Control (PMC)
  • Front Departure Alert (FDA)
  • Pre-Collision System (PCS)
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
  • Blind Spot Monitoring (BSM)

Lebih Murah Mana?

Honda BR-V 2022 mulai dari Rp 275,9 juta hingga Rp 339,9 juta. Sedangkan Toyota Avanza 2022 mulai dari Rp 206,2 juta hingga Rp 228,5 juta. Namun, untuk Toyota Avanza Veloz dengan spesifikasi lebih mewah mulai dari Rp 251,2 juta hingga Rp 291,5 juta yang masih lebih murah daripada BR-V.

Dari kedua model tersebut, sama-sama sudah dilengkapi fitur keselamatan terbaru, mana menuru Sobat Autos.id yang akan menjadi pilihan?  (Jrd/ibd)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Siapkan saldo e-Toll Anda sebelum mudik Lebaran agar dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol! Jakarta, Autos.id  –  Tarif tol Trans Jawa sudah dipersiapkan oleh...

Berita Otomotif

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran, akan berlaku sistem satu arah dan ganjil genap. Catat tanggalnya! Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Teknologi ini sebelumnya sudah tersemat pada mobil Wuling Almaz RS Jakarta, Autosid – Hari ini (Kamis, 24/3), Wuling Motors (Wuling) memperkenalkan produk terbaru di...

Reviews

Pertama kali di Indonesia, HR-V Generasi Kedua menghadirkan varian RS dengan mesin turbo dan fitur sensing Jakarta, Autos.id – Baru-baru ini, PT Honda Prospect...