Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap Mobil Akibat Terkena Banjir

menghilangkan bau tidak sedap mobil akibat banjir

Menghilangkan bau tidak sedap mobil akibat banjir bukan perkara mudah. Untuk itu, diperlukan trik salah satunya mengganti peredam orisinal pabrikan mobil.

Jakarta, Autos.id ­– Musim penghujan kerap kali menjadi permasalahan tersendiri bagi pengendara. Tak hanya pengendara roda dua saja melainkan juga pengemudi roda empat. Pasalnya, musim hujam sering mendatangkan banjir. Parahnya, karena sering terendam banjir pemilik mobil harus bersusah payah menghilangkan bau tidak sedap mobil bila tidak ingin mendapati kendaraannya mengeluarkan bau menyengat.

Bila tidak ingin mendapatkan permasalahan yang lebih buruk terkait bau tidak sedap di mobil, pengemudi sebenarnya dapat lebih cermat dalam mengemudikan laju mobilnya terutama saat berada di jalanan yang penuh dengan genangan air. Salah satunya ialah menepikan kendaraan.

Sayangnya, cara tersebut masih banyak diabaikan oleh kebanyakan pengemudi. Kebanyakan pengemudi masih banyak yang nekad melajukan mobil di jalanan yang sudah digenangi banjir. Padahal ada resiko besar yang harus diterima bila menerjang genangan banjir termasuk masuknya air genangan ke dalam kabin mobil.

mobil menerjang banjir menimbulkan bau tidak sedap

Dikutip dari laman Viva.co.id (28/10/ 2017), Koko Adhi Sucipto, Owner Green Car Spa, Jakarta Timur mengungkapkan bahwa menerobos banjir tak hanya memunculkan risiko bagi komponen mesin atau elektriknya saja tetapi air juga dapat masuk ke dalam kabin.

“Bila sudah begini, pemilik mobil harus siap untuk membongkar mobil tersebut”

Koko juga menjelaskan lebih lanjut bahwa kabin mobil yang sudah kemasukan air banjir sebaiknya harus segera dibongkar untuk menghilangkan bau tidak sedap mobil. Meski kabin sudah dibongkar dan dikeringkan, hal tersebut nyatanya belum serta merta membuat bau tidak sedap di dalam mobil hilang secara langsung.

Karena itu, setiap pemilik mobil adakalanya harus memiliki trik tersendiri agar bau tidak sedap dapat dihilangkan. Senada dengan hal tersebut, Koko juga mempunyai trik sendiri untuk melenyapkan bau tidak sedap di mobil dengan mengganti peredam orisinal pabrikan mobil.

Peredam tersebut rupanya yang menyebabkan bau tidak sedap mobil. Hal ini mengingat letaknya yang berada di bagian paling bawah kabin mobil. Meski karpet dasar dibuka dan dikeringkan, bau tidak sedap juga belum tentu hilang. Oleh sebab itu, trik jitu paling ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap mobil ialah dengan mengganti peredamnya.

Bau tidak sedap bukan hanya terjadi karena letak peredam di bagian bawah. Rupanya sifatnya yang sensitif juga menjadi alasan. Pemilik sebaiknya mengecek secara cepat dan tepat bagian mobil yang mudah terkena genangan air banjir lalu mencuci dan membersihkannya.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap mobil lantaran terkena banjir sebaiknya bongkar kabin hingga kelihatan bodi bawah. Ganti peredamnya dan bersihkan bagian karper dasar, pelapis kulit serta jok dengan cara mengeringkannya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga