Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Perawatan Motor Matik Honda Beat Wajib Tahu!

Tips Perawatan Motor Honda Beat
Tips Perawatan Motor Honda Beat

Autos.id – Perawatan motor matik Honda Beat terutama di Indonesia sangatlah mudah, karena motor matik sendiri sangat membantu untuk menjalani kebutuhan aktivitas sehari-hari. Apalagi dengan tipe motor matik merupakan salah satu tipe motor Honda yang sangat digemari.

Motor matik memiliki keunggulan yang memudahkan pengemudi untuk menggunakannya. Sehingga, membuat pengemudi tidak perlu lagi memainkan gigi ataupun kompling.

Maka dari itu, motor untuk sekelas Honda Beat paling banyak diminati oleh kaum perempuan dan anak muda yang kekinian. Namun sangat disayangkan, untuk kedua kelompok ini kurangnya dalam memperhatikan perawatan terhadap motor matiknya.

Namun, jika tidak melakukan perawatan yang cukup dapat memicu kerusakan dari berbagai onderdil. Sehingga, dalam hal ini akan memaksa pengguna untuk tetap menghabiskan uang demi memperbaikinya.

Hal ini bisa dikatakan, ketika merawat motor matik dengan baik merupakan langkah yang sangat bijak serta menguntungkan jika dibandingkan harus memperbaiki berbagai bagian motor yang rusak dan harus diganti.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat motor matik Honda Beat agar performa mesinnya selalu optimal dan tidak gampang rusak.

Baca Lagi: Inilah Modifikasi Honda CB150X Hasil Kreasi Tiga Modifikator

Tips Perawatan Motor Honda Beat

Tips Perawatan Motor Honda Beat (sumber: Astra Motor)

1. Memanaskan Mesin Motor Sebelum Dikendarai

Memanaskan mesin motor biasa dilakukan pada pagi hari. Langkah ini sangat mudah dan simpel untuk kalian lakukan. Namun, kenyataannya malah hal tersebut selalu saja sepelekan oleh pengguna motor.

Mesin motor dipanaskan guna untuk mempersiapkan berbagai komponen seperti oli dan mesin motor. Hal ini sangat penting karena mengingat motor harus membutuhkan persiapan sebelum bekerja untuk menghasilkan tenaga pada motor.

2. Melakukan Servis Berkala Secara Rutin

Sejatinya, motor matik Honda perlu melakukan servis secara berkala. Hal tersebut bertujuan untuk mengatasi adanya keluhan pada motor matik.

Umumnya, servis berkala dilakukan dengan pergantian oli secara rutin dengan jarak kurun waktu 2.000 km.

3. Pilih Bahan Bakar Beroktan Tinggi untuk motor matik beat kamu

Bahan bakar yang rekomendasikan untuk Honda yaitu dengan oktan diatas 90. Dengan bahan bakar ini akan membuat pembakaran pada mesin menjadi sempurna dan maksimal dalam kinerjanya.

Namun, jika menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah. Hal ini akan membuat mesin motor menjadi berat dan kasar.

4. Rutin Periksa ECU

Motor Honda Beat dengan sistem injeksi biasanya otaki oleh Electronic Contro Unit (ECU). Jika terjadi gangguan pada ECU, maka sistem injeksi pada motor tidak akan bekerja dengan baik.

Hal tersebut dapat mengakibatkan motor tidak mau jalan atau mogok. Maka dari itu, perlu dilakukan untuk pemeriksaan secara rutin pada mesin ECU.

 

Sumber dan Foto: Astra Motor

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Autos.id – Motor listrik telah menjadi sorotan utama dalam industri otomotif modern, menawarkan alternatif ramah lingkungan dan hemat energi bagi pengguna. Dalam konteks ini,...

Motor

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Jalur tanjakan menjadi jalur yang paling berat bagi para pengendara, baik kendaraan roda empat maupun roda...

Motor

Tidak semua sepeda motor cocok digunakan orang berpostur pendek, dimana ada beberapa rekomendasi dari matic hingga manual. Autos.id – Ketika membahas dunia otomotif, seringkali...

Berita Otomotif

Jangan sembarangan memilih ban untuk Honda BeAT, dimana ada 5 rekomendasi terbaik. Autos.id – Ban sepeda motor merupakan salah satu komponen utama yang sangat...

error: Content is protected !!