Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Pentingnya Cek Kaki-kaki Mobil Setelah Mudik

Cek Kaki-Kaki Mobil

Cek kaki-kaki mobil merupakan hal yang penting untuk dilakukan pasca melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, hal ini agar menghindari kerusakan lebih fatal.

Jakarta, Autos.id – Mobil yang menempuh perjalanan jauh pasca mudik dan balik dengan kondisi macet yang parah perlu mendapat perawatan. Hal ini karena komponen mobil melakukan kerja ekstra keras dalam perjalanan.

Ada kemungkinan komponen kendaraan rusak dan perlu diganti setelah digunakan dalam menempuh perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang bervariasi. Untuk mobil komponen terpenting yang perlu dicek adalah bagian kaki-kaki.

Cek kaki-kaki mobil sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada beberapa komponen, antara lain per, ban, rem, dan shockbreker. Komponen-komponen ini yang bekerja paling berat dan perlu diperhatikan. Jika dalam pemeriksaan ada masalah sebaiknya komponen ini diganti.

“Cek kaki-kaki mobil sebaiknya dilakukan secara menyeluruh pada beberapa komponen, antara lain per, ban, rem, dan shockbreker. Komponen-komponen ini yang bekerja paling berat dan perlu diperhatikan. Jika dalam pemeriksaan ada masalah sebaiknya komponen ini diganti”

Jika per dan shockbreker mengalami masalah, kerusakan suspensi akan terjadi sehingga merembet pada ban karena pada kondisi jalan tertentu ban akan mengenai bagian dalam sepatbor dan membuat keduanya mengalami kerusakan.

Cek Kaki-Kaki Mobil

Periksa Bagian Kaki-Kaki Secara Menyeluruh

Meski tidak terkait langsung dengan per dan shockbreker, rem juga perlu diperhatikan, apalagi pada mobil matic yang hanya mengandalkan rem untuk mengurangi laju kendaraan. Perjalanan jauh dan macet tentunya menguras kanvas rem dan membuat setelan rem tidak maksimal sehingga perlu penggantian kanvas jika dibutuhkan atau penyetelan ulang.

Cek Kaki-Kaki Mobil

Bagian Ini Telah Mengalami Pekerjaan Berat Selama Mudik

Dengan cek kaki-kaki mobil pasca perjalanan mudik Lebaran, tentunya akan membuat kondisi kendaraan Anda kembali fit untuk dipakai aktifitas sehari-hari.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Jakarta, Autos.id  –  Semakin banyak pemudik yang menggunakan mobil sedan, membuat Komunitas Civic Turbonesia Chapter Jateng – DIY memberikan tips bagi pemudik yang menggunakan...

Tips

Salah satu masalah yang bisa hinggap di kaki-kaki mobil yakni adanya bunyi yang muncul saat berbelok. Jika sudah begitu, pasti ada masalah yang terjadi...

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...