Tips

Mudik Dengan Mobil Sedan? Perhatikan Tips Berikut

Jakarta, Autos.id  –  Semakin banyak pemudik yang menggunakan mobil sedan, membuat Komunitas Civic Turbonesia Chapter Jateng – DIY memberikan tips bagi pemudik yang menggunakan mobil sedan.

Sebentar lagi mendekati Hari Raya Idul Fitri yang identik dengan momen mudik. Momen ini terasa indah karena bertemunya satu keluarga dengan keluarga lainnya. Terlebih lagi, saat ini sudah ada Tol Trans Jawa jadi perjalanan akan menjadi lebih cepat.

TIPS MUDIK

Untuk teman-teman yang mau mudik khususnya pengguna mobil sedan, ada beberapa tips mudik:

  1. Cek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan (cek tekanan angin pada ban, cek aki, cek air radiator)
  2. Pastikan bahan bakar full untuk antisipasi kalau macet di tol, usahakan apabila bahan bakar sudah setengah begitu ada SPBU langung di isi jika perjalanan masih jauh. Kurang asik rasanya saat menikmati tol tetapi jarum indikator bahan bakar sudah menipis dan SPBU masih jauh
  3. Apabila teman-teman menggunakan tol, pastikan saldo e-toll anda mencukupi dan selalu patuhi batas kecepatan maksimal. Karena pasti teman-teman pengguna mobil sedan khusus-nya Civic Turbo apabila sudah di jalan tol ingin sekali mencoba performance mobil tersebut.

FOCI Resmikan Komunitas Kuda Jingkrak Di Batam

TIPS MUDIK DENGAN SEDAN

Kalau 3 tips tadi sudah umum ya, nahh selanjutnya kita akan bahas khusus untuk mobil sedan, dikarenakan mobil sedan ground clearance-nya sangat rendah maka ada beberapa hal yang perlu diperhatkan :

a. Apabila melewati jalan kota alias non-tol, hati-hati apabila ada lipatan aspal maupun jalan beton yang pecah, jadi apabila melangkahi lipatan aspal ditakutkan bisa menyebabkan pelindung oli pecah karena tergores lipatan aspal tersebut, sedangkan jalan beton yang pecah bisa membuat ban pecah bahkan velg juga bisa retak dan arm mobil anda bengkok

b. Mudik identik dengan membawa buah tangan atau oleh-oleh, ini juga harus diperhatikan, karena bagasi sedan umumnya tidak terlalu luas, apalagi jika sudah ditambah dengan variasi audio, maka untuk barang bawaan yang dibawa dihimbau jangan terlalu berlebihan karena akan membuat mobil menjadi lebih berat dan kurang stabil apabila beban bagasi terlalu berat.

Bahkan dikhawatirkan mobil akan terangkat saat tarikan gas spontan dan itu sangat membahayakan.

Komunitas Velozity Jajal Fasilitas Toyota Driving Experience

c. Jangan lupa “keep safety driving” selama perjalanan, ikuti selalu rambu-rambu lalu lintas dan saling menghormati dengan sesama pengguna jalan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top