Tips

Tips Lakukan Perawatan Rem Cakram Motor Agar Optimal

Perawatan Rem Cakram Motor

Perawatan rem cakram motor bisa dilakukan dengan mudah, cukup luangkan waktu dan dikerjakan secara kontinu maka kondisi rem cakram bisa selalu prima.

Jakarta, Autos.id – Rem merupakan komponen penting pada kendaraan roda dua maupun empat. Dalam perkembangannya, sebagian besar sepeda motor saat ini juga telah mengaplikasikan rem model cakram (disk brake) pada rodanya agar lebih nyaman dan aman meredam kecepatan tunggangan.

Meski menjadi pilihan yang nyaman untuk pengereman, cakram bukan tidak memerlukan perawatan yang rutin. Jika tidak perawatan rem cakram motor diabaikan, pengguna justru merasa tidak nyaman saat berkendara bahkan tidak berfungsi maksimal dan rentan pada kecelakaan.

“Jika tidak perawatan rem cakram diabaikan, pengguna justru merasa tidak nyaman saat berkendara bahkan tidak berfungsi maksimal dan rentan pada kecelakaan”

Lalu bagaimana cara perawatan rem cakram motor? Berikut beberapa cara yang dirangkum Autos.id dalam merawat rem cakram :

Perawatan Rem Cakram Motor

Gunakan Disk Cleaner Agar Kotoran Rontok

Pertama. Bersihkan rem cakram dengan disk cleaner. Pembersihan dilakukan pada piringan cakram agar kerak atau kotoran yang menempel hilang, sehingga rem lebih pakem dan tidak menimbulkan bunyi yang mengganggu.

Perawatan Rem Cakram Motor

Perhatikan Kapasitas Minyak Rem

Kedua. Selalu memeriksa minyak rem karena sistem pengereman cakram sangat membutuhkannya untuk memuluskan pengereman. Bila minyak rem kurang maka pengereman akan tersendat dan sangat rentan saat melaju kencang. Pengantian berakala pada minyak rem akan mengembalikan performa rem cakram lebih baik, tambahlah minyak rem jika minyak rem sudah berada di posisi indikator Low pada tangki minyak rem.

Perawatan Rem Cakram Motor

Cek Juga Kampas Rem

Ketiga. Perhatikan kampas rem. Piringan cakram dan kampas akan mengalami gesekan yang sangat kuat dan akan berusaha menghentikan laju motor dengan baik. Semakin banyak gesekan, permukaan cakram dengan kampas akan mengalami pengikisan sehingga ada desis saat pengereman. Untuk itu, sebaiknya kampas yang telah tipis dan swering mengeluarkan desis diampelas dan diberikan bantalan baru atau mengganti kampas baru sekaligus agar mendukung performa pengereman.

Hanya dengan sedikit meluangkan waktu dan melakukan pengecekan berkala, maka perawatan rem cakram motor sebenarnya mudah. Hal ini tentu akan membantu kinerja sistem rem kendaraan Anda.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top