Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tiga Cara Merawat Mesin Turbo Untuk Performa Maksimal 

Era modern sekarang ini dibutuhkan kendaraan dengan performa yang kuat serta ramah lingkungan untuk menyesuaikan dengan tren sektor otomotif saat ini.

Jakarta, Autos.id  –  DFSK sebagai produsen otomotif sudah sejak lama menghadirkan mesin dengan dukungan turbocharged untuk mendapatkan tenaga yang berlimpah selama perjalanan. Keunggulan yang ditawarkan tidak terlepas dari sistem kerja turbo yang memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin, sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo kemudian didinginkan melalui intercooler sebelum akhirnya masuk kembali ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan.

“Para insinyur di R&D DFSK merancang mesin 1.5L Turbo ini dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan berkat tenaga berlimpah hingga aspek perawatannya yang mudah. Kehadiran mesin ini juga selaras dengan kebutuhan konsumen yang ingin mesin bertenaga dan responsif,” ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

3 Cara Mendapatkan Performa Terbaik Mesin Turbo

Agar mesin bisa mengeluarkan performa terbaiknya selama perjalanan, pemilik mobil wajib memperhatikan sejumlah aspek kebutuhan mesin. Berikut ini tiga cara merawat mesin turbo untuk performa terbaik :

Mesin turbo-DFSK-Glory-560

  1. Periksa dan Ganti Oli Mesin Teratur

Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi DFSK untuk melakukan pergantian oli mesin. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Agar mesin bisa melakukan pembakaran yang optimal maka perlu menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan minimal RON 92. Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu system pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil bekerja di level tertinggi.

  1. Rutin Membersihkan Filter Udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka kinerja turbo yang memanfaatkan udara akan menjadi tidak maksimal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

DFSK

Last updated on 29 Juli, 2022 DFSK turut mendukung kebijakan pemerintah untuk menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan Jakarta, Autos.id  –  DFSK Gelora E pertama...

Berita Otomotif

DFSK sebagai produsen kendaraan bermotor ternama memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Autos.id  –  Kendaraan listrik, bagi DFSK, merupakan sebuah...

DFSK

Last updated on 8 Juli, 2022 DFSK Motors merupakan produsen mobil yang menghadirkan kualitas kenyamanan terbaik dan didukung dengan teknologi canggih. Jakarta, Autos.id  – ...

DFSK

Last updated on 22 Juni, 2022 DFSK Super Cab dan DFSK Gelora Bisa Diubah Menjadi Berbagai Jenis Kendaraan Jakarta, Autos.id  –  DFSK senantiasa mengembangkan...