Tips

Perhatikan Hal Ini Sebelum Meninggalkan Mobil Saat Liburan

Autos.id  –  Ada kalanya kita berlibur tidak membawa mobil misalnya berpergian ke kota lain atau bahkan ke Eropa dimana kita harus meninggalkan mobil untuk waktu yang cukup lama di garasi/ rumah.

Tanpa persiapan saat kita pulang maka kita akan mendapati mobil yang kondisinya rusak misalnya: mobil tidak bisa hidup, mobil berkarat, kabel dimakan tikus, suspensi bermasalah, saluran bahan bakar bermasalah dan masalah lain.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan/ dilakukan saat akan meninggal

Bebaskan Rem Tangan

 

Dari beberapa sumber yang dihimpun, rem tangan yang “menggigit” selama berhari-hari bisa mengakibatkan kelengketan pada komponen-komponen pengereman.  Dan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Solusinya, parkir mobil di tempat datar dan amankan posisinya dengan mengganjal setiap roda.

Lepas Kabel Aki

Sistem kelistrikan saat mobil mati sebenarnya tetap bekerja meskipun sedikit, jika ditinggalkan dalam waktu yang lama (beberapa minggu) maka akan terasa performa aki menurun. Penurunan performa kelistrikan ini akan sangat terasa pada mobil yang mengalami kebocoran listrik bahkan dalam 2-3 hari saja. Saat listrik aki habis maka kita tidak akan dapat menghidupkan mobil dan jadi masalah baru saat kita pulang

Beri Pengharum

Menaruh pengharum di bawah jok atau sekitar dasbor bisa menangkal bau apek saat mobil tidak digunakan dalam beberapa waktu. Cara ini bisa dibarengi dengan memberi sedikit celah pada jendela, membuka sedikit kaca jendela mobil Anda. Namun, dengan catatan mobil terparkir dalam garasi yang terjamin aman.

Ganjal Wiper

Beri ganjalan pada wiper agar tidak selalu menempel dengan kaca. Cara ini berutujuan mencegah karetwiper mengeras sehingga mengakibatkan baret saat kembali digunakan. Berilah ganjangan yang ringan dan tidak memberi beban pada kaca, seperti kertas, kardus ataupun kain.

Selimuti Mobil

Menggunakan cover bisa memberi perlindungan pada cat saat mobil terparkir di luar ruangan. Seandainya barang ini tidak tersedia, opsi lainnya ialah memarkir mobil di tempat teduh tapi bukan di bawah pohon karena getahnya bisa memengaruhi cat.

Amankan Kolong Mobil

“Tak banyak yang menyangka kalau tikus juga merupakan ancaman bagi mobil. Taruh pengusir tikus di kolong mobil untuk mencegah mamalia ini menjamah sektor mesin dan menggerogoti kabel-kabel.

 

Sumber & Foto   :  Berbagai sumber.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top