Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Penyebab Motor Matic Gredek dan Solusinya

Penyebab motor matik gredek

Last updated on 3 Agustus, 2023

Biasanya motor matic gredek di pagi hari saat baru dinyalakan. Kira-kira apa sih penyebabnya?

Autos.id – Apa penyebab motor matic gredek? Apakah CVT-nya rusak? Tenang dulu, terkadang bingung bukan main kalau soal gredek begini. Padahal mah, CVT gredek begini banyak sekali perhatiannya mulai dari roller, pin roller sampai beberapa bagian itu sendiri.

Penyebab motor matik gredek

Memang, kalau motor matic sudah gredek itu sendiri bakalan ganggu banget. Bahkan bisa berpengaruh ke hal lain mulai dari akselerasi slip sampai boros BBM. Semua itu bisa berpengaruh banget. Karena itu, motor matic gredek sendiri harus kita cari solusinya.

Untuk mengetahuinya, kita bisa cek terlebih dahulu beberapa bagian yang bersinggungan dengan CVT. Mulai dari Kampas Ganda sampai roller CVT itu sendiri.

Apakah Kampas Ganda Biang Kerok CVT Gredek?

Kampas ganda

Biasanya orang berpikir kalau CVT itu ya roller dan belt saja. Padahal ada kampas ganda sebagai penggerak ke roda belakang. Cuma, orang selalu lupa kalau biang kerok dari ini semua. Solusinya apa dong biar tidak gredek lagi?

Apabila itu terjadi di kampas ganda, coba bersihkan kampas ganda beserta mangkuknya agar selalu bersih dari debu maupun kotoran dari CVT itu sendiri. Karena itu, biasakan buka CVT setiap 3 bulan sekali apabila jarang dipakai, atau sebulan sekali untuk bersihkan ruang CVT.

Dengan bersihnya kampas ganda sendiri, otomatis tarikan lebih menggigit dan bebas dari slip.

Damper Kampas Ganda Bisa Jadi Penyebab CVT Gredek

Biasanya penggantian kampas ganda sudah dapat damper atau karet untuk kampas ganda itu sendiri. Bentuknya seperti lingkaran bulat kecil. Namun bila tak ada penggantian akan muncul gredek? Jelas bisa. Karena damper ini justru menahan kampas ganda agar posisinya tetap dan tidak berubah sama sekali.

Kekuatan karet damper ini ada usianya juga. Sehingga kekuatan untuk meredam getaran itulah yang patut kita curigai sebagai awal dari gredek itu sendiri. Maka, penggantian karet damper kampas ganda lakukan saat ganti kampas ganda itu sendiri.

Baca Juga: Tanda Tanda CVT motor matik minta ganti

Rumah Mangkok Ganda CVT Kotor

mangkuk kampas ganda

Biasanya mangkok ganda yang kotor bisa jadi penyebab utama CVT motor matic gredek. Kampas ganda selip saat memutar rumah mangkok tersebut, alias tidak menggigit.

Terus, bagaimana solusinya? Bersihkan saja dulu dan pastinya berasa sekali perbedaannya. Hampir setiap bengkel motor pasti melayani servis pembersihan CVT. Biayanya juga relatif murah.

Itulah dia solusi dari motor matic gredek. Dan pastinya semua ini bisa kalian coba di rumah atau ke bengkel bukan. Pastinya, penyebab motor matic gredek dan solusi ini bisa jadi permanen atau sementara sampai ketemu penyebab utamanya.

Baca juga: Perhatikan Cara Merawat CVT Motor Matik!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tren otomotif terus berkembang, dengan Suzuki sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi kendaraan bermotor. Suzuki telah...

Motor

Autos.id – Motor matic telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kemudahan pengoperasiannya dan performa yang handal membuat...

Tips

Last updated on 3 Juni, 2024 Salah satu bagian penting dari motor matic adalah CVT. Lalu apa saja komponen pada CVT? Autos.id – Motor...

Motor

Jakarta, Autos.id – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran pada New Honda Vario 160 melalui pilihan varian warna terbaru pada tipe CBS-ISS yang...

error: Content is protected !!