Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Penyebab Air Radiator Cepat Menyusut

Air Radiator Cepat Menyusut

Air radiator cepat menyusut pasti ada yang tidak beres dalam komponen tersebut, apalagi jika mobil Anda belum berusia lebih dari lima tahun.

Jakarta, Autos.id – Bagi para pemilik mobil dengan usia diatas lima tahun, mungkin pernah mengalami masalah air radiator cepat menyusut. Bahkan hal ini dianggap biasa oleh sebagian pemilik mobil. Padahal kondisi air radiator cepat menyusut menjadi indikasi jika perangkat ini butuh maintenance yang lebih.

Tetapi bagaimana jika mobil Anda belum menginjak usia diatas lima tahun namun kondisi tersebut juga terjadi, apakah hal ini wajar? Jawabannya sederhana. Komponen radiator mobil Anda bermasalah. Karena jika radiator dan semua komponennya dalam kondisi bagus, air atau coolant tidak akan berkurang apalagi sampai habis.

“Menghadapi masalah air radiator cepat menyusut, beberapa langkah sederhana mungkin bisa Anda lakukan untuk mengetahui masalahnya dan kemudian mencari solusinya”

Menghadapi masalah air radiator cepat menyusut, beberapa langkah sederhana mungkin bisa Anda lakukan untuk mengetahui masalahnya dan kemudian mencari solusinya.

Air Radiator Cepat Menyusut

Periksa Kondisi Radiator

Petama, lakukan pengecekan penutup pembuangan air radiator dibagian bawah. Pastikan pembuangan air ini tertutup rapat dan tambahkan selotip sehingga lebih aman.

Kedua, bisa juga terjadi karatan karena kerak atau kotoran sehingga ada kebocoran kecil pada elemen radiator yang tidak terlihat.

Ketiga, lakukan pengecekan pada fan pendingin radiator, karena bisa jadi komponen ini sudah tidak bekerja optimal sehingga mesin cepat panas. Akibatnya terjadi penguapan pada air atau coolant radiator secara berlebihan.

Keempat, periksa selang radiator. Kemungkinan selang sudah termakan usia atau getas sehingga ada rembesan air pada selang atau pada sambungannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...

Tips

Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret dan butuh perawatan yang mahal. Jakarta,...

Berita Otomotif

Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur kaca jendela mobil tersebut. Jakarta, Autos.id...