Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Motor Matic Alami Overheat? Ternyata Ini Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi motor matic alami overheat.
Ilustrasi motor matic alami overheat. (Sumber: Moservice)

Last updated on 18 Juni, 2023

Overheat menjadi salah satu masalah yang ada pada motor matic, namun ada solusinya.

Autos.id – Motor matic telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang di seluruh dunia. Kepraktisannya dalam berbagai situasi membuatnya menjadi kendaraan yang nyaman dan mudah digunakan.

Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, motor matic juga rentan mengalami masalah, salah satunya adalah masalah overheat atau panas berlebih. Overheat pada motor matic dapat mengganggu kinerja mesin dan bahkan menyebabkan kerusakan serius jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Dampak buruk motor matic alami overheat.

Dampak buruk motor matic alami overheat. (Sumber: Astra Motor)

Penyebab Motor Matic Overheat

Motor matic dapat mengalami overheat atau kelebihan panas karena beberapa alasan. Beberapa penyebab umum overheat pada motor matic meliputi:

1.Sirkulasi pendingin yang buruk

Overheat dapat terjadi jika sistem pendingin pada motor matic tidak berfungsi dengan baik. Ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada sistem pendingin atau kerusakan pada komponen seperti radiator, kipas pendingin, atau termostat.

2.Kualitas oli yang buruk

Oli berfungsi untuk melumasi mesin dan membantu mengendalikan suhu. Jika kualitas oli buruk atau kadar oli terlalu rendah, gesekan di dalam mesin akan meningkat dan suhu mesin menjadi tidak terkendali.

3.Penggunaan dalam kondisi ekstrem

Mengendarai motor matic dalam kondisi cuaca yang sangat panas atau terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang padat dapat menyebabkan mesin menjadi panas. Kurangnya aliran udara yang cukup atau ventilasi yang buruk pada motor matic juga dapat menyebabkan overheat.

4.Overload atau beban berlebih

Mengangkut beban yang terlalu berat atau melebihi kapasitas motor matic dapat menyebabkan mesin bekerja keras dan menghasilkan panas berlebih.

Baca juga: Oli Keluar dari Knalpot Motor, Ini Penyebab dan Solusinya

5.Pengoperasian yang salah

Cara mengendarai yang kasar atau mempercepat dan mengerem secara tiba-tiba secara berulang-ulang dapat meningkatkan suhu mesin secara signifikan.

6.Komponen yang rusak

Ada beberapa komponen penting dalam motor matic seperti kampas kopling, pengatur gas, atau katup yang jika rusak atau aus dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan overheat.

7.Servis yang tidak teratur

Kurangnya perawatan dan servis rutin pada motor matic, seperti membersihkan filter udara, memeriksa sistem pendingin, dan mengganti oli secara teratur, dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan kerusakan pada komponen penting.

Baca juga: Ciri Rantai Keteng Rusak dan Cara Perawatannya

Perbaikan motor matic alami overheat.

Perbaikan motor matic alami overheat. (Sumber: Moladin)

Solusi Motor Matic Overheat

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba jika motor matic mengalami masalah overheat:

1.Berhenti dan Matikan Mesin

Jika Anda menyadari bahwa motor matic mengalami overheat, segera berhenti di tempat yang aman dan matikan mesin. Biarkan mesin mendingin sebelum Anda melanjutkan perjalanan.

2.Periksa Sistem Pendingin

Periksa sistem pendingin seperti radiator, kipas pendingin, dan termostat. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pendingin dan pastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik. Jika terdapat kerusakan pada komponen pendingin, sebaiknya bawa motor matic ke bengkel resmi atau mekanik yang kompeten untuk diperbaiki.

3.Periksa Kualitas Oli

Periksa kadar dan kualitas oli pada motor matic. Pastikan kadar oli mencukupi dan kualitas oli masih baik. Jika perlu, ganti oli dengan yang baru dan sesuai dengan rekomendasi pabrik.

4.Hindari Penggunaan dalam Kondisi Ekstrem

Jika sering mengendarai motor matic dalam kondisi cuaca yang panas atau terjebak dalam kemacetan lalu lintas yang padat, pertimbangkan untuk menghindari penggunaan motor matic dalam kondisi ekstrem tersebut. Berikan istirahat sesekali untuk mendinginkan mesin.

Baca juga: Terungkap! Faktor Penyebab Honda Beat Sering Berasap

5.Perhatikan Beban yang Dibawa

Pastikan beban yang Anda angkut tidak melebihi kapasitas motor matic. Jika beban terlalu berat, mesin akan bekerja keras dan dapat menyebabkan overheat. Kurangi beban jika diperlukan.

6.Perhatikan Cara Mengemudi

Hindari mengemudi dengan cara yang kasar seperti mempercepat dan mengerem secara tiba-tiba secara berulang-ulang. Ini dapat meningkatkan suhu mesin secara signifikan. Kendarai motor matic dengan lembut dan stabil.

7.Lakukan Servis Rutin

Pastikan melakukan servis rutin pada motor matic, termasuk pembersihan filter udara, pemeriksaan sistem pendingin, dan penggantian oli secara teratur. Servis yang teratur dapat membantu menjaga kinerja dan mencegah masalah overheat.

Baca juga: Penyebab Motor Matik Gredek dan Solusinya

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tren otomotif terus berkembang, dengan Suzuki sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi kendaraan bermotor. Suzuki telah...

Motor

Autos.id – Motor matic telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kemudahan pengoperasiannya dan performa yang handal membuat...

Tips

Last updated on 12 Januari, 2024 Salah satu bagian penting dari motor matic adalah CVT. Lalu apa saja komponen pada CVT? Autos.id – Motor...

Motor

Jakarta, Autos.id – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran pada New Honda Vario 160 melalui pilihan varian warna terbaru pada tipe CBS-ISS yang...

error: Content is protected !!