Tips

Merawat Mobil Setelah Traveling Dengan 0 Rupiah, Mau?

merawat mobil setelah traveling

Jakarta, Autos.id – Merawat mobil setelah traveling adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, mobil terkadang mengalami masalah setelah digunakan untuk perjalanan jauh. Karena itu, perawatan dibutuhkan guna mengembalikan performa kendaraan kesayangan Anda.

Lantas, perawatan yang seperti apa yang Anda lakukan setelah menggunakan kendaraan dalam perjalanan jauh? Apakah ke bengkel atau meminta bantuan ke teman-teman yang berpengalaman mengotak-atik mobil?

Memang umumnya, kebanyakan pemilik kendaraan akan meminta bantuan kepada bengkel langganan guna mengecek dan melakukan perawatan mobil. Hal ini wajar, namun sebenarnya merawat mobil setelah traveling bisa Anda lakukan tanpa harus membawanya ke bengkel mobil lho!

Ya, perawatan mobil setelah traveling jarak jauh bisa Anda lakukan hanya dengan nol Rupiah alias tanpa biaya besar. Penasaran, berikut adalah cara merawat mobil setelah digunakan dalam jarak yang panjang.

Membersihkan Eksterior Mobil

Cara pertama merawat mobil setelah traveling ialah dengan membersihkan bagian eksterior mobil. Bagian mobil yang pertama kali dilihat orang adalah eskteriornya.

merawat mobil setelah traveling dapat dilakukan dengan membersihkan eksteriornya

merawat mobil setelah traveling dapat dilakukan dengan membersihkan eksteriornya (source: automotive.idntimes.com)

Karena itu, sudah kewajiban Anda membersihkan eksterior mobil terlebih dahulu. Jangan biarkan bagian luar mobil terkena debu maupun kotoran akibat perjalana jauh.

“Segera bersihkan eksterior mobil agar cat mobil tidak terlihat kusam setelah digunakan traveling”

Mengapa eksetior adalah hal pertama yang perlu mendapat perhatian Anda setelah menggunakan mobil untuk perjalanan jaraak jauh? Hal ini mengingat saat perjalanan, debu atau kotoran bisa saja menempel di body mobil. Bila tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan melekat dan membuat cat mobil kusam.

Membersihkan Interior Mobil

Cara kedua merawat mobil setelah traveling dengan biaya nol Rupiah ialah dengan membersihkan bagian interior mobil. Biasanya, saat melakukan perjalanan jarak jauh benda dan barang apa saja akan masuk ke dalam mobil termasuk makanan dan perabotan yang membuat kabin mobil menjadi berbau tidak sedap.

Hal tersebut tak hanya meninggalkan bau tidak sedap, namun juga kotoran. Karena itu, bersihkan bagian dalam mobil dan jangan lupa untuk membuka kabin agar bagian dalam mobil yang berbau tidak sedap menjadi lebih segar kembali. Bila perlu, agar udara di dalam mobil segar dan wangi, pasang pewangi mobil dengan bau yang berbeda. Dengan begini, aroma kabin mobil akan lebih segar dari sebelumnya.

Selain membersihkan eksterior dan interior mobil, Anda juga perlu mengecek mesin dan komponennya. Beberapa komponen yang perlu dilihat adalah oli, radiator dan suspensi mobil serta bagian velg dan ban mobil. Bagaimana, merawat mobil setelah traveling tak perlu biaya besar bukan?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top