Tips

Mengetahui Potensi Adanya Masalah pada AC Mobil

Sama seperti komponen lain mobilnya, AC juga bisa mengalami masalah hingga kerusakan. Sebelum terjadi kerusakan pada AC, ketahui dulu indikasinya.

Jakarta, Autos.id – Selain faktor teknis seperti bantingan suspensi atau tebal dan empuknya busa jok pada sebuah mobil, Pendingin udara atau yang biasa kita sebut AC mempunyai peranan dalam menciptakan kenyamanan di mobil. Karena dengan adanya AC, kita bisa tetap selalu merasa sejuk di dalam mobil.

Mungkin hampir dari kita semua selalu memakai AC mobil untuk waktu yang lama. Maka itu, AC mobil bisa saja mengalami masalah hingga kerusakan. Apalagi jika kita suka mengabaikan soal perawatannya, bukan tidak mungkin kalau komponen ini bisa lebih cepat rusak.

Agar AC mobil kita bisa terhindar dari kerusakan, pastinya kita harus merawatnya dengan baik. Bukan hanya merawatnya, kita juga perlu mendeteksi gejala-gejala yang mengindikasikan kalau AC mobil kita tengah mengalami masalah.

Untuk mengetahui apakah AC mobil kita sedang bermasalah sebenarnya tidak sulit. Dengan merasakan kesejukannya saja, maka kita sudah bisa mengetahuinya. Bila AC mobil terasa tidak sedingin biasanya, maka bisa dikatakan kalau komponen ini sedang bermasalah.

Servis AC mobil memerlukan alat khusus

Bila AC mobil terasa tidak sedingin biasanya, berarti ada kebocoran pada freonnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda tidak memperbaikinya sendiri, tapi pergilah ke bengkel spesialis AC mobil.

Perlu diketahui, jika AC mobil bermasalah, biasanya itu disebabkan karena usia pakai komponen pendingin ini sudah habis. Ini sedikit berbeda dengan komponen mobil lainnya yang bisa mengalami masalah atau kerusakan karena faktor manusia alias perilaku si pengemudi.

Lantas, kenapa kita harus memperbaiki AC mobil di bengkel? Karena dalam proses perbaikannya, yang dilakukan tidaklah hanya sekadar isi ulang freon. Tapi ada oli khusus freon yang juga perlu diisi, sehingga prosesnya jadi sedikit lebih lama dan rumit.

Meski prosesnya terlihat agak rumit, dan membuat Anda berpikir kalau ongkos perbaikannya akan memakan biaya yang tinggi, namun sebenarnya biaya servis AC mobil tidaklah terlalu mahal. Jika hanya sebatas mengisi freon dan olinya, biaya servisnya hanya memakan anggaran sekitar Rp 350 Ribu.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top