Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Cara Sederhana untuk Mengecek Kondisi AC Mobil

AC Mobil
Lubang AC VW Golf

Last updated on 16 Maret, 2022

Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga bisa mengalami masalah atau kerusakan. Untuk mendeteksi adanya masalah atau kerusakan, ada cara sederhana yang bisa dilakukan buat mengecek kondisi AC mobil.

Jakarta, Autos.id AC mempunyai peranan yang sangat penting untuk menambah kenyamanan di dalam mobil namun kadang bisa bermasalah. Jika dibiarkan saja, AC mobil yang bermasalah bisa tidak berfungsi lagi alias rusak. Tapi sebelum itu, biasanya AC mobil yang bermasalah sudah menunjukkan gejala berupa menurunnya tingkat kedinginan, atau embusannya yang sudah tidak kuat lagi.

Menurunnya tingkat kedinginan atau embusan AC yang sudah tidak kuat lagi memang bisa dijadikan patokan kalau komponen ini sedang bermasalah dan perlu segera diperbaiki. Tapi sebelum Anda membawanya ke bengkel untuk melakukan perbaikan, setidaknya ada beberapa hal lain yang juga harus diperiksa untuk mengetahui seberapa besar masalah pada AC mobil.

Baca juga: Menggunakan AC Mobil Sembrono Dampaknya Luar Biasa, Ini Buktinya!

Sebelum memutuskan untuk melakukan servis AC, pertama-tama Anda harus mengecek kebocoran di selang AC. Kebocoran sistem AC ini terkadang tidak terasa sampai pelumasnya habis dan membuat kompresor macet. Jika ini terjadi, cukup cek sambungan-sambungan selang AC dan lihat apakah ada noda oli. Jika sambungan masih baik maka akan bersih dari noda semacam itu.

AC mobil

Nyalakan AC ke posisi paling kencang untuk mengetahui apakah ada embusan udara yang terhambat

Selanjutnya, periksa kipas utama dan kipas ekstra. Jika semuanya menyala berarti AC masih baik-baik saja. Tapi kalau mati maka segera perbaiki karena AC memiliki komponen seperti radiator yang perlu didinginkan. Untuk mobil dengan kipas yang tersambung ke puli, cukup pastikan masih berfungsi baik. Kalau sudah diganti tipe visko, lebih baik cek kekentalan oli di dalam kipas masih baik atau tidak.

Baca juga: Wow, Merokok Dapat Merusak AC Mobil, Benarkah?

Setelah itu, cek kondisi freon AC. Untuk mengecek ketersediaan freon cukup dengan memeriksa lubang kaca kecil di dekat kompresor AC. Apabila bening artinya masih penuh, sedangkan kalau muncul busa putih berarti sistem kekurangan freon. Jika freon benar-benar habis maka kaca pemantau juga terlihat bening. Biasanya saat freon habis, kompresor tak akan menyala dan embusan AC tidak dingin.

Terakhir, cek kekuatan embusan AC. Saat mengeceknya, jangan hidupkan AC dengan setelan yang biasa Anda gunakan sehari-hari, tapi nyalakan AC di posisi paling kencang, dn kemudian rasakan udara keluar tanpa terhambat atau tidak. Bila terasa ada hambatan, berarti ada sumbatan di filter atau evaporator.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...

Tips

Tidak peduli seberapa terampil Anda berkendara, pasti tetap ada saja kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan orang lain. Autos.id  – Umumnya, kesalahan-kesalahan terjadi lebih...

Tips

Sebagian besar orang sudah sadar akan kebersihan mobil, sehingga mereka sudah sering sekali mencuci mobil mereka, Autos.id  –  Bahkan ada yang sudah mencuci mobil...

Tips

  Saat salah satu atau kedua ban rusak, maka tentunya ini akan mempengaruhi kinerja sepda motor Anda dengan sangat signigikan. Autos.id  –  Karena, ban...