Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Lima Cara Merawat Motor Matic Saat Musim Hujan

Kymco XCT 200

Tidak hanya membawa berkah, musim hujan juga menjadi kewaspadaan tesendiri, terutama dalam menjaga barang-barang kasayangann dari guyuran air hujan. Hal ini agar tetap dalam keadaan yang sangat baik.

Jakarta, Autos.id  – Sama halnya dengan kendaraan yang selalu terkena hujan salah satunya adalah motor, teruma motor matic. Saat musim penghujan sudah tiba. Maka, yang dibutuhkan adalah perawatan khusus agar motor matic dalam keadaan prima. Tentunya Autos akan memberikan ulasan tentang cara merawat motor matic agar dapat terus menemani aktivitas Anda. ketika musim penghujan tiba hal yang telah pasti akan dialami oleh pemilik keandaraan, terutama motor matic, yakni kotornya bodi karena kondisi jalan yang memungkinkan bada sea juga berlumpur.

Hal tersebut bisa terjadi karena air hujan yang mengguyur dengan lumpur serta partikel lainnya bisa meninggalkan noda atau juga bisa bercak-bercak saat sesudah kering.

Tentunya hal itu membuat tampilan dari motor akan menjadi kusam. Nah, jika Anda membersihkannya dengan secara cepat dan tiba-tiba ada hujan kembali, hal tersebut tentunya menjadi sia-sia. Permasalah pun sering muncul saat musim penghujan tiba, seperti mesin kotor, kerusakan CVT, Water Hammer, dan Knalpon kemasukan air. Untuk iitulah, berikut cara merawat motor matic saat musim penghujan tiba.

Berikut 5 Cara Merawat Motor Matic Saat Musim Hujan:

1. Periksa CVT (Continuous Varible Transmission)

CVT (Continuous Varible Transmission)

Saat Anda nekat menerobos banjir dan motor matic Anda mati. Maka, segeralah kepinggir dan selanjutnya Anda bisa coba buka tutup CVT sehingga mengeluarkan air yang ada di dalamnya sampai kering kembali. Namun, jika tak dikeringkan dan tetap saja memaksa untuk menggunakan dalam berpergian saat kondisi CVT motor matic Anda basah akan beresiko terjadinya kerusakan pada CVT motor matic.

2. Cek dan Ganti Oli serta Busi

Ketika motor matic Anda sering digunakan dalam meleati genangan air, Anda tentunya harus segera mengecek atau juga melakukan pergantian oli mesin. Tidak hanya itu perlu dilakukan pengecekan terhadap bagian busi.

Hal ini dilakukan karena takutnya busi pada motor kotor akibat terkena air hujan yang telah bercempur dengan lumpur. Selain itu, Anda juga harus megencek filter udara, karena beresiko bisa terjadinya penyumbatan yang diakibatkan oleh kotoran yang berasal dari genangan air. Nah ketika sudah terjadi, biasanya motor matic sulit untuk distater.

3. Periksa Rem Depan dan Belakang

Periksa Rem Depan dan Belakang

dSetelah diguyur hujan usahan motor matic Anda dibersihkan remnya, untuk rem yang mempunyai tipe cakram dapat melihat dengan ketebalan kanvas remnya. Sementara pada bagian belakang, Anda juga bisa memperhatikan pada bagian tuas panel belakang untuk dicek apaka bisa untuk digunakan atau tidak karena kondisi rem sangat penting dalam menahan laju sepeda motor.

4. Memeriksa Ban

Ditengah musim hujan dan kondisi jalan menjadi licin tentunya Anda harus memeriksa ban apakah masih bagus atau tidak. Pasalnya alur ban bisa berfungsi dalam memudahkan saat melewati genangan air hujan serta tekanan udara yang terdapat di ban bisa berfungsi dalam mengendalikan stang.

5. Cek Penerangan Motor

Pandangan akan tergaggu saat musim penghujan tiba sehigga dianjurkan untuk pengemudi kendaaran untuk menghidupkan lampu kendaraannya. Untuk itulah, Anda harus cek kondisi penerangan motor apakah dalam kondisi baik atau tidak karena hal ini sangat penting ketika sedang berkendara ditengah guyuran hujan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Untuk Populasi mengenai motor matic saat ini terus meningka di Indonesia. Motor matic kini menjadi peilihan utama bagi banyak masyarakat. Jakarta, Autis.id  – Namun,...

Tips

Motor matic merupakan jenis kendaraan yang mudah digunakan sehingga banyak digemari masyarakat. Selain itu, motor matik biasa dipakai dan  khususnya untuk mereka yang tinggal...