Tips

Kebiasaan Kecil Namun Fatal Penyebab Kecelakaan Mobil

Susun Barang di Mobil dengan Teratur Biar Aman di Jalan

Kecelakaan di jalan raya bisa timbul dari hal-hal kecil yang dilakukan oleh pemilik kendaraan itu sendiri, misalnya kebiasaan meletakkan barang sembarang.

Jakarta, Autos.id – Pengemudi dan penumpang mobil sering mengabaikan hal-hal kecil yang dampaknya sangat berbahaya bagi keselamatan perjalanan. Padahal jika dibiarkan, kebiasaan kecil yang dibiarkan itu akan memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya dan menimbulkan korban jiwa.

Hal yang paling sering ditemui dan dilakukan adalah membiarkan kaleng minuman atau makanan berserakan dilantai mobil. Kebiasaan kecil yang buruk ini berbahaya karena ketika kaleng menggelinding dilantai dan terjebak pada pedal kopling, gas atau rem saat mobil melaju dapat mengganggu pengemudi dan kinerja komponen tersebut dan fatal bagi keselamatan.

Hal yang paling sering ditemui dan dilakukan adalah membiarkan kaleng minuman atau makanan berserakan dilantai mobil. Kebiasaan buruk ini berbahaya karena ketika kaleng menggelinding dilantai bisa terjebak pada pedal kopling, gas atau rem

Selain kaleng bekas minuman atau makanan, penempatan karpet yang tepat sesuai dengan space yang telah ditentukan pada mobil perlu diperhatikan agar tidak menghambat gerak bebas dari setiap pedal. Karpet lantai harus dibentuk pas dengan ruang lantai pada interior mobil. Jangan kekecilan atau terlalu lebar.

Hindari Sampah di Lantai Mobil

Hindari Sampah di Lantai Mobil

Hal lain yang mengganggu adalah menjadikan dasbor sebagai tempat penyimpanan berbagai barang, mulai dari tisu, bungkusan makanan atau barang lain. Kebiasaan bisa berakibat buruk karena mengganggu pandangan pengemudi untuk mengawasi spion atau area depan mobil.

Ukuran Karpet Mobil harus Pas

Ukuran Karpet Mobil harus Pas

Jangan biasakan menumpuk barang di kabin melewati batas sandaran kepala, karena goncangan yang terjadi saat mobil melaju dapat membuat barang jatuh dan menimpa penumpang mobil, apalagi jika anak-anak ada didepan barang muatan.

Bagasi Jangan Terlalu Penuh

Bagasi Jangan Terlalu Penuh

Kecelakaan tidak hanya terjadi karena kesalahan pengemudi mengontrol mobil, atau pengemudi kendaraan lain tetapi kerap terjadi, akibat kelalain dan kebiasaan kecil yang buruk dalam mobil sendiri.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top