Tips

Hilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil dengan Alat Sederhana Ini

Noda Aspal di Bodi Mobil

Membersihkan noda aspal di bodi mobil tidak membutuhkan bahan dan alat khusus. Cukup gunakan minyak tanah, bensin, atau solar, dan kain lap kering yang bersih.

Jakarta, Autos.id – Mengemudikan mobil untuk kegiatan sehari-hari kadang menimbulkan “oleh-oleh” berupa noda aspal di bodi mobil. Jika didiamkan, noda ini akan semakin banyak dan mengganggu penampilan eksterior mobil.

Noda aspal di bodi mobil biasanya menempel pada permukaan-permukaan yang tidak jauh jarkanya dari permukaan aspal. Misalnya bagian bawah pintu, bumper depan, gril, atau bumper belakang. Bahkan bukan tidak mungkin noda ini banyak ditemui di pelek kesayangan Anda.

“Noda aspal di bodi mobil biasanya menempel pada permukaan-permukaan yang tidak jauh jarkanya dari permukaan aspal. Misalnya bagian bawah pintu, bumper depan, gril, atau bumper belakang”

Percikan aspal baru biasanya kuat menempel di bagian bodi dan sulit untuk dibersihkan. Sehingga jika tidak tepat saat membersihkan, jutsru akan membuat lapisan cat mobil menjadi tergores. Oleh karena itu dibutuhkan trik khusus agar tidak salah dalam melakukan perawatan eksterior kendaraan Anda.

Noda Aspal di Bodi Mobil

Pertama, siapkan alat dan bahan yang tepat. Seperti kain lap bersih berbahan lembut, cairan pengusir aspal seperti minyak tanah, solar, bensin atau tar remover. Pastikan saat membersihkan kondisi noda pada bodi tidak sedang basah.

Kedua, siapkan kain lap lalu basahi dengan cairan yang sudah dipilih. Tempelkan kain lap basah tadi pada noda aspal selama beberapa menit agar melunak dan daya rekatnya mulai berkurang. Beri sedikit tekanan agar cairan di kain lap bisa lebih meresap pada noda aspal yang menempel.

Noda Aspal di Bodi Mobil

Ketiga, mulailah menggosok noda tersebut dengan lembut dan berulang-ulang. Jika lap mulai mengering, basahi kembali dan digosok ulang hingga noda benar-benar terangkat dan hilang. Jika noda dalam keadaan keras, jangan pernah untuk memaksa menggosoknya dengan keras pula. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bodi mobil.

Noda Aspal di Bodi Mobil

Keempat, jika noda aspal sudah hilang, seka kembali dengan kain lap lembut yang masih bersih. Lalu kusam bekas noda aspal dapat dibersihkan kembali menggunakan wax agar cat mobil kembali terlihat mengkilap.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top