Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Hati-hati Posisi Sabuk Pengaman yang Salah

Cara Pakai Seatbelt

Cara pakai seatbelt alias sabuk keselamatan pada mobil bisa menimbulkan bahaya dan malah memicu timbulnya korban jiwa bagi pemakainya.

Jakarta, Autos.id – Sabuk pengaman atau seatbelt sangat penting untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi benturan pada saat rem mendadak atau kecelakaan fatal. Namun banyak yang salah cara pakai seatbelt.

Menggunakan sabuk pengaman untuk keselamatan perjalanan adalah pengetahuan umum dan tagline keselamatanm yang sering didengar dan menjadi pengetahuan umum. Namun hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana posisi yang tepat mengenakan sabuk pengaman agar berfungsi maksimal.

“Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana posisi yang tepat mengenakan sabuk pengaman agar berfungsi maksimal”

Berikut uraian singkat alat pengaman mobil :

Sabuk pengaman bebas dipanjangkan atau ditarik jika digerakan. Tetapi akan mengunci dan menahan penggunanya jika ada kejutan kencang. Karena itu posisinya harus tepat.

Cara Pakai Seatbelt

Pastikan Seatbelt Terkait Sempurna

Sabuk pengaman harus benar-benar diposisikan di bahu dan menyilang hingga pinggang. Tetapi sangat berbahaya jika diposisikan menyentuh leher karena dapat menjadi “pembunuh” bukan penyelamat dari benturan.

Antisipasi bagi anak kecil yang menggunakan sabuk pengaman panjang bagi orang dewasa perlu dilakukan. Karena ukuran tubuh yang kecil seringkali posisi sabuk pada anak tidak pas dan sangat berbahaya.

Cara Pakai Seatbelt

Awasi Pemakaian Seatbelt Pada Anak-Anak

Karena itu sebaiknya anak-anak menggunakan sabuk pinggang, atau sabuk pengaman khusus untuk anak-anak, bukan sabuk pengaman panjang yang diperuntukan bagi orang dewasa.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...