Tips

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Beli Mobil Kredit

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Beli Mobil Kredit

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika beli mobil kredit perlu dicermati, hal ini untuk menghindari muncul masalah saat proses kredit tersebut berlangsung.

Jakarta, Autos.id – Membeli mobil secara kredit memang bukan suatu hal yang buruk. Bahkan ada beberapa keuntungan jika kita melakukan pembelian mobil secara kredit.

Namun perlu diingat, membeli mobil secara kredit ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika diabaikan bukan untung yang didapat malah buntung. Karenanya berikut Autos.id berikan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika beli mobil kredit.

“Namun perlu diingat, membeli mobil secara kredit ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika diabaikan bukan untung yang didapat malah buntung”

Kendaraan
Pilihlah kendaraan yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. “Misal anak kuliah atau keluarga muda yang cari mobil pertama, bisa pilih mobil jenis city car jangan mobil mewah atau sport seperti Porsche, kecuali memang uangnya berlebih,” jelas Betty Anjarini, Regional Manager MPM Finance Wilayah Jabodetabek, di Jakarta.

Perusahaan Pembiayaan
Pilih lembaga pembiayaan (leasing) yang terpercaya, sudah punya reputasi dan pengalaman baik. Untuk MPM Finance sendiri misalnya sudah berpengalaman 26 tahun sebagai lembaga pembiayaan baik konsumen pribadi maupun korporasi.

Besaran Angsuran yang Sesuai
Hitung kemampuan membayar angsuran yang sesuai dengan penghasilan bulanan. Betty memberikan saran, besaran angsuran kredit harus 1/3 dari penghasilan yang dimiliki yang telah dikurangi pengeluaran bulanan.

hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kredit mobil

Pelajari dengan Benar Isi Perjanjian Kredit

Pilih yang Diasuransikan
Pastikan mobil yang dibeli secara kredit sudah diasuransikan. “Terutama pilih yang asuransi All Risk bukan sekedar TLO (Total Lost Only). Karena kita tidak tahu insiden apa yang bsia menimpa sementara proses pembayaran angsuran berlangsung,” ucap Betty.

Pelajari Isi Perjanjian Pembiayaan
Baca dengan seksama dan pelajari dengan benar perjanjian pembiayaan antara pihak leasing dengan konsumen. Jangan sungkan untuk minta pihak lembaga pembiayaan menjelaskan untuk mengetahui hak dan tanggung jawab konsumen.

Siapkan Dokumen
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika beli mobil kredit lainnya adalah dokumen. pastikan kelengkapan dokumen sebagai syarat kredit terpenuhi. Misalnya KTP, KK, Bukti Penghasilan (Slip Gaji, Rekening Koran, Rekening Tabungan), Bukti Kepemilikan Rumah (Rekening Listrik, PBB). “Memiliki tempat tinggal yang jelas, rumah masih kontrak boleh tapi jangka waktu kontrak rumah harus lebih panjang dari tenor kredit mobil,” sebut Betty.

Jadilah konsumen yang Kooperatif
Selama pengajuan dan proses kredit, jadilah konsumen yang kooperatif. Jelaskan kondisi rumah tangga dan pemghasilan yang sesungguhnya ke pihak lembaga pembiayaan. Jelaskan pula tujuan kredit untuk pribadi atau dipakai usaha.

hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kredit mobil

Jika Tak Sanggup Membayar Lakukan Over Kredit yang resmi

Jika Over Kredit
Ketika ditengah proses pembayaran angsuran, konsumen ternyata tak sanggup melunasi, maka Betty memberikan saran. “Sebaiknya konsumen cari calon pembeli mobilnya sendiri, jika sudah dapat tinggal hubungi pihak leasing untuk dilakukan over kredit,” katanya. Proses over kredit kata dia sama juga dengan pengajuan kredit ulang. Syarat-syarat kredit dari calon pembeli baru diberikan kepada pihak leasing, lalu akan ada biaya over alih kredit Rp 1 juta – Rp 1,5 juta yang diperuntukan untuk biaya balik nama mobil tersebut. Selanjutnya konsumen baru tersebut akan lanjutkan cicilannya hingga lunas.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top