Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Cara Merawat Kaca Jendela Mobil Macet

Kaca jendela macet kerap dialami para pemilik mobil, penyebabnya bisa beragam, karena debu atau kotoran, serta bisa juga akibat karet kaca getas.

Jakarta, Autos.id – Kaca mobil pada bagian jendela kerap mengalami masalah sehingga pengemudi kesulitan menaikan dan menurunkan kaca. Masalah yang sering terjadi adalah kaca jendela macet karena ada debu atau kotoran sehingga permukaan kaca menjadi baret yang mengurangi ‘kejernian’ kaca.

Meski saat ini hampir semua mobil telah mengaplikasikan sistem power window yang otomatis, namun hal itu tak dapat menyelesaikan masalah ini. Tetap harus ada perawatan yang intensif dari pengguna mobil untuk mengatasi kaca jendela macet.

“Meski saat ini hampir semua mobil telah mengaplikasikan sistem power window yang otomatis, namun hal itu tak dapat menyelesaikan masalah ini”

Penyebab kaca jendela macet atau seret antara lain kotoran yang menempel pada jalur kaca. Seperti tumpukan debu atau sisa kotoran lain yang masuk ke jalur kaca. Bisa juga akrena erusakan motor power window,  untuk menggerakkan regulator yang terkait pergerakan kaca.

Kaca Jendela Macet

Rawat Karet Kaca Jendela Kalau Sudah Getas

Guna mengatasi hal ini, perlu perawatan secara berkala terutama membersihkan jalur kaca mobil yang sering kemasukan kotoran atau debu. Untuk membersihkan jalur kaca bisa menggunakan shampo, dengan melumurkan shampo pada jalur kaca mobil sambil menaik-turunkan kaca jendela.

Apabila jalur kaca mobil terbuat dari karet maka perawatan pada karet tersebut dilakukan secara periodik. Karet yang getas atau mengeras serta kehilangan elastisitasnya akan menyebabkan kaca jendela macet. Cara merawat karet ini gunakan cairan pelembab agar karet tetap elastis dan berfungsi optimal.

Kaca Jendela Macet

Jangan Paksa Jika Kaca Jendela Macet

Sebagai catatan jangan pernah menggunakan oli untuk mempermudah kaca mobil naik/turun. Hal ini karena akan membuat karet jalur kaca malah mengeras dan menjadi sarang debu yang lebih tebal dan menggumpal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...

Tips

Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret dan butuh perawatan yang mahal. Jakarta,...

Berita Otomotif

Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur kaca jendela mobil tersebut. Jakarta, Autos.id...